Hai Sobat Cakrawala! Kamu tahu tidak kalau di Jakarta ada Museum Layang-layang Indonesia loh. Penasaran dengan keunikan museum yang satu ini? Simak artikelnya yuk! Dalam catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa layang-layang berasal dari China yang kemudian menyebar ke Barat. Namun ada pertanyaan, benarkah layang-layang memang berasal dari China? Karena dalam beberapa bukti sejarah seperti di Pulau Muna, Sulawesi Selatan ditemukan lukisan prasejarah yang diduga merupakan figur yang sedang menerbangkan layang-layang.

Lukisan pada dinding gua tersebut diperkirakan telah berumur 5-9 ribu tahun, jika memang lukisan tersebut benar, tentu layang-layang sebenarnya bukanlah dari China, melainkan dari Indonesia. Pengetahuan tentang sejarah layang-layang seperti ini tentu tidak bisa didapat di bangku sekolah, melainkan dari sumber lain seperti buku-buku dan ensiklopedia. Nah, salah satu tempat yang memberikan informasi sejarah lengkap tentang layang-layang adalah Museum Layang-layang Indonesia.

Di museum unik ini, kamu bukan saja mendapat wawasan baru seputar layang-layang, tetapi juga bisa melihat langsung aneka macam bentuk layang-layang dari penjuru tanah air, bahkan dari beberapa negara di dunia.

Jadi kalau kamu menggemari permainan satu ini sekaligus ingin tahu lebih banyak tentang sejarah dan perkembangannyam museum Layang-layang Indonesia adalah tempat yang wajib dikunjungi. Bukan saja belajar sejarah, kamu juga diajak untuk membuat, melukis dan menerbangkan langsung layang-layangnya loh.

Sekilas Tentang Museum Layang-layang Indonesia

Keberadaan Museum Layang-layang Indonesia diprakarsai oleh Endang Ernawati yang merupakan seorang pakar kecantikan sekaligus penulis buku. Ia mulai jatuh hati pada permainan layang-layang pada tahun 1970 di Amerika Serikat. Semenjak itu, ia mulai rajin mengumpulkan layang-layang dari seluruh penjuru wilayah yang pernah ia datangi.

Ia kemudian membeli sebidang tanah di sebelah rumahnya yang kemudian didirikan sebuah bangunan yang sekarang dikenal sebagai Museum Layang-layang Indonesia. Lokasi tepatnya erada di Jl. Haji Kamang No.19, Rt01 RW01, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Museum ini resmi dibuka pada 21 Maret 2003. Museum ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 600 layang-layang yang tersimpan di dalamnya.

Tiket Masuk Museum Layang-layang Indonesia

Kamu tertarik ingin berkunjung ke Museum Layang-layang Indonesia? Siapkan dulu kocek sebesar 15.000 rupiah per orang. Sepintas, harga tiket tersebut terlihat mahal, namun pelayanan yang diberikan sangatlah pantas dengan harganya. Karena selama di dalam museum, pengunjung aka didampingi oleh guide yang siap memberikan pelatihan pembuatan layang-layang yang nantinya bisa kamu bawa pulang. Beberapa workshop juga ada di museum ini, seperti melukis layang-layang, membatik, dan membut keramik. Hanya saja setiap pengunjung yang ingin mengikuti workshop tersebut harus mengeluarkan uang lagi yang besarnya berbeda-beda sesuai dengan kelas yang akan diikuti.

Fasilitas Dan Rute Menuju Museum

Selain punya ruang audio visual, ruang pameran dan workshop, Museum Layang-layang Indonesia juga punya fasilitas lain seperti gazebo, kursi taman, kamar mandi, toilet, area parkir, dan juga mushola. Hanya saja di sini tidak ada kios-kios penjual makanan, kecuali minuman ringan yang bisa dibeli di dekat pos penjagaan. Karena itulah, pengunjung yang akan datang ke museum ini sebaiknya membawa bekal sendiri, apalagi kalau datang ke sini bersama si kecil.

Sebenarnya untuk mengujungi museum ini tidaklah sulit, karena lokasinya yang mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Apalagi, ada peta yang menginformasikan alamat museum ini dengan jelas. Hanya saja, karena lokasinya yang sedikit masuk ke dalam, membuat banyak pengunjung harus sedikit berusaha atau bertanya untuk menemukannya.

Kalau kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, dari arah tol JORR ambil saja arah ke RS Fatmawati, terus saja ke selatan menuju ke Pondok Labu. Setelah melewati Giant, Jl Lebak Bulus I dan II, serta Apartemen atau Mall Oneberpark, kamu akan sampai di SDN Pondok Labu 01 sebelum akhirnya bertemu Jl. H. Kamang.

Setelah menemukan Jl. H. Kamang masuklah ke jalan tersebut sekitar 350 m, dan walaa! Lihat disebelah kanannmu! Itulah Museum Layang-layang Indonesia.

Waah, siapa sangka kalau di Jakarta ada museum unik dan menarik untuk dikunjungi ketika liburan nanti. Sleain beriwsata, kita juga dapat menambah wawasan baru dengan cara yang menyenangkan. Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Jakarta yang unik ini?


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *