Dengan segala daya tarik benua ini, dimana Chopin, Mozart dan sederet musisi klasik lainnya lahir, perayaan tahun baru disini menjadi eksotika yang menambah daya tarik tersendiri. Yuk kita intip sedikit bagaimana perayaan perhitungan waktu di kota asal Big Ben, kota asal cerita si bungkuk dari Notredame, kota klub pesepakbola Barca, hingga kota yang terkenal dengan tembok Berlin nya. Siapa tau jadi inspirasi kita untuk merayakan tahun baru 2015 disana.

1. London, Inggris

England Eve     Negara tempat Kate Middleton tinggal ini memang tak henti memberikan kesan manis untuk dikunjungi. Apalagi saat tahun baru  yang selalu ramai dengan kembang api yang memukau di pusat kota saat kedua jarum tepat berada di angka 12 tengah malam. Canon street menjadi salah satu   spot favorit. Canon street berada di posisi tengah dipinggir sungai diantara  St. Paul’s Cathedral, Mansion House dan Bank. Disarankan jika mau kesini saat  tahun baru datang sebelum jam 8. Hal ini karena stasiun akan ditutup setelah jam 8. Disini juga tidak seramai dekat London bridge lho. Jadi yang tidak terlalu suka keramaian bisa disarankan lihat dari sini.

Selain di Canon Street, Westminster Bridge juga bisa menjadi pilihan untuk melihat kembang api . Terletak diantara Thames yang berlokasi ditengah bangunan Houses of Parliament dan Country Hall membuatnya menjadi tempat ideal untuk melihat kembang api tahun baru. Selain itu, sambil menunggu jam 12 bisa melipir dulu ke teater national dan Southbank Centre.

Parade juga menambah eksotika tahun baru disini. Wajib di tonton lho parade tahun barunya. Lebih dari 10.000 penampil yang mewakili London dan beberapa negara di dunia akan hadir disini. Ada penari, akrobat, cheerladers, pemusik dan atraksi yang mewakili jantung kota ini yang bercampur dengan pertunjukkan kontemporer dengan upacara dan pertunjukan pom-pom hadir disini.

Ssstt mengunjungi London saat tahun baru mungkin bisa menjadi favorit untuk yang gila belanja juga. Karena hampir seluruh departement store di mall besar memberikan great sale besar-besaran.

2. Paris, Prancis

Prancis Eve Kota Moulin Rouge ini juga menjadi favorit untuk dijadikan spot favorit untuk merayakan tahun baru. Tempat-tempat populer disini ada Eiffel Tower, Trocadero, Champs Elysees dan Sacre Coeur. The Sacre   Coeur Cathedral Plaza di Montmatre menjadi tempat paling favorit untuk melihat kembang api. Karena menyajikan pemandangan panoramik di sepanjang kota. Sampai-sampai kembang api terkecilpun bisa dilihat. Lokasinya juga hanya jalan sedikit dari menara Eiffel. Sambil menghitung mundur ke angka 12, warga biasanya membuka champagne dan berteriak “ Bonne Année!”Warga paris memiliki   tradisi yang unik untuk merayakan tahun baru.

Kalau pada saat natal ada kado yang ditaruh di bawah pohon natal, saat tahun baru ada papillotes. Papillotes bisa coklat atau apapun yang dibungkus rapih bisa menunjukkan kasih sayang atau perhatian. Namun ketika merobek bungkusannya isinya akan keluar seperti petasan kecil.Utntuk yang senang pesta, musik, atau DJ, disini  banyak club malam yang ramai dengan berbagai acara perayaan tahun baru.

3. Barcelona, Spanyol

Spanyol punya tradisi yang berbeda untuk merayakan tahun baru dengan negara lainnya. Beberapa warganya banyak yang melakukan penghitungan mundur didalam rumah bersama keluarga. Dan uniknya, setiap orang akan memakan 12 anggur dan harus dimakan satu persatu tepat pada saat jam 12. Jika kalian berhasil makan tepat waktu mereka percaya setaun kedepan akan menemukan keberuntungan dan kesejahteraan lho. Percaya atau tidak, lakukan saja. Kalau dilakukan bersama-sama pasti akan seru.

Setelah jam 12 malam, warga baru mulai keluar rumah dan bar baru mulai ramai. Anak muda biasanya akan merayakan di pantai seperti Placa Catalunya. Sekitar 60.000 orang datang ke Placa Catalunya setiap tahunnya. Selain Placa Catalunya, Sagrada Famili bisa dimasukan juga dalam daftar kunjungan malam tahun baru. Bangunan yang berada ditengah kota dan paling penting ini merupakan bangunan dengan konsep gothic yang dikagumi dunia. Bangunan ini masuk dalam salah satu warisan budaya UNESCO.

4. Berlin, German

Tidak terlalu berbeda jauh dengan sebelumnya, Berlin juga menampilkan kembang api, pesta, dan pertunjukkan musik. Pertunjukkan kembang api yang bisa jadi pilihan bisa dilihat dari Brandenburger Tor. Tidak kurang dari satu juta orang ada didepan bangunan ini. Hanya berjarak 2 kilometer ada panggung, musik, dan bar. Setelah tengah malam akan ada DJ yang memastikan kita terbangun sampai pagi hari. Pesta Silvester (sebutan warga German untuk pesta tahun baru di sini) dibuka dari pukul 14.00 lho.
Kalau lebih suka merayakan tahun baru lebih personal, hotel di Berlin banyak menawarkan paket spesial dengan makan malam. Dari buffet, multi-course menu, hingga gala pun ada. Suka yang antik-antik? Di Berlin ada Charlottenburg-Wilmersdof yang merupakan kota terkaya di the Brandenburg Marches. Disini bisa melihat museum yang cantik, rumah-rumah antik khas Jerman tempo dulu, dan istana. Wow, cocok banget nih buat yang gak suka hiruk pikuk keramaian DJ. Belum lagi disini ditemani alunannya dengan musik Mozart dan Strauss dengan sajian traditional four-courses hidangan German di Orangerie.
Hmm jadi tertarik untuk menyicipi tahun baru ala Eropa? Mungkin negara diatas bisa dijadikan pilihan untuk merayakan tahun baru 2015 mendatang. Pergi atauapun tidak, berharap kan boleh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *