Puncak-sosok-piyungan

Haii kawan – kawan cakrawala, kali ini kita punya rekomendasi tempat wisata yang epic nih pemandangan nya

Yogyakarta semakin menambah objek wisatanya. Alam yang dimiliki semakin dikembangkan untuk dapat dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Puncak Sosok yang ada di Bantul.

Tempat ini dulunya bukanlah tempat wisata, hanya bukit yang ada di sekitar rumah warga. Namun, karena sering dikunjungi para pesepeda, tempat ini menjadi ramai. Apalagi, pengunjung yang datang kerap mengabadikan foto dan mengunggahnya di media sosial. Sehingga tempat ini mulai terkenal dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk Puncak Sosok Yogyakarta
Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, karena biaya tiket masuknya hanya sukarela. Tidak dipatok tarif tertentu.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Sukarela

Jam Operasional
Waktu yang tepat berkunjung di sini adalah saat pagi hingga tengah malam. Kunjungan wisatawan semakin ramai ketika sore hingga waktu tutup. Dan di pagi hari, biasanya pengunjung yang berdatangan berasal dari kalangan pesepeda.

Jam Operasional
Setiap hari 05.00 – 24.00 WIB

Kemunculan Puncak Sosok Yang Fenomenal

senja di puncak sosokPuncak Sosok merupakan objek wisata baru yang dibuka pada tahun 2018. Nama Puncak Sosok digunakan karena masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan panggilan Sosok. Dan karena letaknya berada di puncak, dinamakanlah objek wisata yang ramai ini sebagai Puncak Sosok.

Ide dijadikannya area ini sebagai tempat wisata adalah buah pemikiran dari pemuda Karang Taruna. Karena di sini dinilai memiliki potensi sebagai tempat wisata seperti di kawasan Mangunan. Apalagi, pemandangan dari atas bukit begitu Indah.

Ditambah lagi, tempat ini kerap dijadikan lokasi kompetisi downhill skala lokal hingga nasional. Mulailah masyarakat setempat membangun sarana dan prasarana di tempat ini. Serta fasilitas penunjang bagi wisatawan.

Berburu Foto di Puncak Sosok
Menikmati-Senja-dengan-SempurnaDaya tarik utama yang ditawarkan oleh Puncak Sosok adalah berburu foto. Saat yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu kala sore hari. Namun, jangan datang terlalu sore karena nanti wisatawan akan banyak. Datanglah sekitar pukul 4 sore, dan cari tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan.

Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Mengantarkan matahari pulang ke peraduan setelah menyelesaikan tugasnya menyinari dunia di siang hari. Mega merah mulai tergantikan dengan hitamnya langit malam. Namun, pemandangan indah tidak berhenti sampai di sini.

Di malam hari, suasana semakin meriah. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan gemerlap lampu indah Kota Jogja di bawah sana. Ditambah lagi, suana malam Puncak Sosok semakin terang dengan lampu hias warna – warni. Akan sangat indah jika pengunjung mengabadikan foto dengan latar belakang lampu malam Kota Jogja.

Berfoto dengan Panorama Alam yang Indah
wisata-puncak-sosok-bantul-jogja

Indahnya Pemandangan Malam di Puncak Sosok
Indahnya Pemandangan Malam di Puncak Sosok. Foto: Gmap/septiana tirawati
Di saat hari terang, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah perbukitan. Panorama pemandangan hijau menjadi daya tarik utama. Pengelola pun melengkapi objek wisata ini dengan spot – spot foto yang Instagramable.

Salah satu spot foto favorit pengunjung yaitu jembatan kayu yang terletak di sebelah barat. Bentuk jembatan ini begitu unik. Berfoto di sini akan mendapatkan latar belakang panorama alam yang sangat indah.

Ada lagi spot foto dengan latar belakang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Meskipun ini merupakan tempat pembuangan sampah, namun tidak terkesan jorok. Jaraknya yang cukup jauh membuatnya tampak seperti bukit pasir.

Menikmati Hiburan Musik Akustik
Pertunjukan-Musik-di-Puncak-Sosok.-Pengelola telah menyediakan panggung dari bambu untuk acara pementasan musik. Panggung ini membelakangi pemandangan indah lampu Kota Jogja. Sehingga dari posisi penonton, latar belakang para penampil tampak begitu indah. Dan ketika diabadikan pun terlihat begitu indah.

Pertunjukan musik akustik ini biasanya digelar saat akhir pekan jika tidak hujan. Pengisinya dapat siapa saja. Siapapun dapat mendaftarkan bandnya pada pengelola sebagai penampil di sini. Pertunjukan musik ini digelar dari sore hingga malam hari.

Pertunjukan musik ini membuat tempat ini begitu ramai. Lantunan lagu membawa keceriaan hati. Apalagi ketika bersama – sama menyanyikan lagu kesukaan. Dan tidak hanya musikakustik, di sini juga terkadang menampilkan tari tradisional.

Kuliner Khas Puncak Sosok 

-puncak-sosok-bantulDi sisi panggung, berdiri pondok – pondok yang berfungsi sebagai warung makan. Pondok ini begitu unik dengan atap jerami dan bahan bangunan dari bambu. Terkesan sangat alami dan nilai estetikanya begitu tinggi.

Di warung – warung ini, menyajikan berbagai menu makanan dan camilan. Diantaranya bakso tusuk, sempol ayam, siomay, cilok krispy, sate gajih, jagung bakar, dan tahu walik. Minuman pun tak kalah beraneka macam, diantaranya teh, jeruk, kopi. Minuman dan makanan hangat ini siap menemani pengunjung menghabiskan waktu.

Di depan warung – warung ini telah tersedia bangku dan meja untuk makan. Pengunjung dapat menyantap nikmatnya kuliner sambil bercengkerama di sini. Tapi jika ingin lesehan, pengunjung juga dapat menyewa tikar. Ada banyak spot yang dapat digunakan untuk menggelar tikar sambil menikmati pemandangan.

Fasilitas Di Puncak Sosok
Menjadi objek wisata yang dikelola dengan baik, membuat pengelola membangun fasilitas penunjang. Di sini sudah dilengkapi dengan mushola dan toilet. Lahan parkir pun tersedia cukup luas.

Lokasi Puncak Sosok
Objek wisata ini terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Kawasan wisata perbukitan ini bisa berjarak kurang lebih 16 Kilometer dari Kota Yogyakarta. Dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur !


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.