Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing kalau Malang punya sederet pantai cantik, sebut saja Balekambang atau Tiga Warna yang belakangan ini santer dikunjungi para wisatawan. Pantai-pantai tersebut memang punya keunikan dan daya tariknya sendiri yang membuat siapapun pasti tergoda untuk mendatanginya. BTW, pernah dengar nama Pantai Jelangkung? Kalau belum, pantai ini juga ada di Malang loh.

Mendengar namanya saja pasti membuatmu teringat dengan permainan mitis memanggil arwah penasaran. Hhmm, tapi buang dulu jauh-jauh pikiranmu itu, karena pantai ini punya daya pikat yang tak kalah dari pantai-pantai lainnya. Pantai ini tidak seseram namanya kok, kamu bisa menikmati kecantikannya dari pinggie jalan yang sudah beraspal mulus. Yups! Pantai ini memang berada di tepi jalan raya.

Pesona Pantai Jelangkung

Sebelum membahas lebih jauh tentang pesona Pantai Jelangkung, mari kita cari tahu sedikit mengenai namanya yang unik ini. Nama asli pantai ini adalah Pantai Jolangkung, yang dalam Bahasa Jawa berarti “Ojo Liwat” atau “Jangan Lewat” dalam Bahasa Indonesia. Pada jaman bahuela, pantai ini punya ombak yang cukup besar hingga daat meluber ke jalan raya. Siapapun yang nekat menerjang atau melewatinya,terutama saat ombak besar kemungkinan orang tersebut akan terseret ombak. Karena itulah, warga sekitar melarang siapapun untuk melewatinya ketika ada ombak besar yang sedang menyapu jalan raya. Dari situlah nama Jelangkung tercipta, dan memang hingga saat ini ombak besarnya masih berbahaya.

Walaupun punya ombak yang cukup besar, tapi travelers tidak perlu takut. Karena saat ombak besar sampai di bibir pantai, ombak tersebut akan berubah menjadi pelan. Karena, ada batuan karang yang berada sekitar 19 meter sebelum Pantai Jelangkung yang akan memecah ombak, sehingga tidak terlalu besar ketika sampai di bibir pantai. Tinggi batu karang tersebut memang hanya sekitar 50 cm tapi memanjang sampai 300 meter.

Lokasi Pantai Jelangkung

Kamu penasaran dengan keeksotisan pantai in? Atau ingin menyaksikan sendiri seberapa besar ombaknya? Langsung saja datang ke Pantai Jelangkung yang berada di Gajahrejo Gedangan, Malang, Jawa Timur. Untuk sampai di pantai ini, kamu bisa mengikuti rute menuju ke Pantai Sendang Biru. Lalu perjalanan di lanjutkan dengan mengambil arah belok ke barat menuju Desa Gajahrejo dan dilanjutkan melewati jalur lintas selatan. Selanjutnya ikuti saja jalur linstas selatan tersebut hingga sampai di Pantai Jelangkung, pantai ini berada  tepat di pinggir jalan raya, sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Simak Juga Tipsnya Di Bawah Ini

Karena termasuk ke dalam kawasan pantai selatan, dan memang sudah terbukti ombaknya sangat besar hingga mampu menghanyutkan kendaraan. Penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal sebelum nekat datang ke tempat ini.

Sebelum memutuskan untuk mengunjunginya, pastikan kamu datang di musim yang tepat. Tidak mau kan kendaraanmu penyok karena terhantam ombak yang kuat? Kalau memang ingin beristirahat atau menikmati kecantikan pantainya sedikit lebih lama. Disarankan untuk membawa bekal sendiri, baik itu makan siang, camilan, maupun minum. Karena di pantai ini cukup sulit untuk menemukan warung maupun restoran yang menyajikan aneka menu masakan. Oh ya, di sini juga belum ada fasilitas hotel atau penginapan.

Walaupun ombaknya besar, bukan berarti tempat ini tidak bisa kamu datangi ya. Dengan kewaspadaan dan kehati-hatian, kamu bisa mendatanginya dan mengambil beberapa momen cantik di tempat ini. Sebut saja ketika matahari terbenam, panorama yang disuguhkannya pasti dapat menghipnotis siapapun.

Perpaduan warna jingga, suara ombak yang terdengar bersahutan, dan juga semilir angin yang menyapu wajah, tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Apalagi batuan karangnya yang nampak di bibir pantai, ditumbuhi lumut yang dari kejauhan menambah kesan eksotik dari pantai ini.

Tunggu apalagi? Yuk persiapkan liburan dan aktivitas wisatamu di Malang! Kamu punya rekomendasi tempat wisata, atraksi wisata, atau bahkan kuliner khas yang wajib dicicipi di Jawa Timur, khususnya di Malang? Bagi ke sobat cakrawala lainnya, dengan komen di kolom komentar di bawah ini ya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *