Pantai Payangan berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang terkenal dengan keunikan pantainya. Pantai ini dikenal dengan panoramanya yang romantis karena bentuk pantainya yang menyerupai simbol kasih sayang. Tidak heran kalau Pantai Payangan dikenal juga sebagai Teluk Cinta, karena pantai ini terdiri dari teluk yang membentuk sudut menyerupai simbol hati dengan dua gundukan dua bukit kecil di bagian seberang sudutnya.

Biaya Tiket Masuk Pantai Payangan

Kalau penasaran dengan panorama pantai eksotik ini, tiap wisatawan diharuskan membayar tiket masuk Rp 5.000. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh destinasi wisata di Jember ini adalah gazebo, tempat beribadah seperti mushola, kantin, dan juga area parkir yang aman. Keindahan pantai romantis ini memang sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama pasangan.

Lokasi Dan Rute Pantai Payangan

Pantai Payangan berlokasi di Sidomulyo, Desa Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai di Jawa Timur ini cukup mudah ditemui karena letaknya yang berdekatan dengan beberapa gugusan Pantai Selatan yang lebih dulu terkenal seperti Pantai Watu Ulo. Dari pusat Kota Jember kamu hasus menempuh perjalanan sekitar 32 km untuk sampai ke Pantai Payangan.

Dari arah Kota Jember kamu cukup mengarahkan kendaraan menuju ke kecamatan Ambulu, hingga sampai di perempatan Ambulu dan dilanjutkan menju kearah selatan. Arah ini juga akan menuntun kamu kearah Pantai Watu Ulo. Setelah tiba di kawasan Pantai Watu Ulo, kamu tinggal melanjutkan sedikit perjalanan saja. Oh ya, kalau ingin berwisata ke salah satu pantai di Jember ini, sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa ya.

Daya Tarik Utama Pantai Payangan

Teluk Cinta

Teluk Cinta menjadi salah satu objek wisata yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Payangan. Tidak bisa dipungkiri, bentuknya memang menyerupai simbol kasih sayang yang membuat siapapun yang pernah mengunjunginya terus merindukan untuk bisa mendatanginya lagi. Simbol kasih sayang itu bisa kamu lihat dengan jelas dari atas bukit, tidak heran kalau di pantai ini sering sekali terlihat para pasangan yang melakukan pemotretan pre wedding.

Karakteristik Pantai Yang Berbeda

Kawasan pantai ini sebenarnya terbagi menjadi 3 bagian pantai yang memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Bibir pantainya yang melengkung pada bagian utara mempunyai pasir pantai berwarna hitam, sedangkan bagian tengahnya berupa bebatuan dengan bentuknya yang cantik dan menambah keunikannya. Sedangkan lengkungan pada bagian selatan terdiri dari padang rumput yang sering dijadikan tempat berkemah.

Dikelilingi Perbukitan

Selain bisa melepas lelah di pantai, kamu juga bisa menjelajahi perbukitan yang mengelilingi tempat wisata alam di Jawa Timur ini. Bukit-bukit di sekitar pantai terlihat seperti perisai pelindung. Dari atas bukit inilah kamu bisa menikmati panorama keseluruhan pantai mulai dari Teluk Cinta, bebatuan, hingga gradasi warna pasir dan laut di sepanjang bibir pantainya.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai Payangan menjadi salah satu pantai yang menyajikan pemandangan matahari terbenam yang cantik. Kesan romantis makin terasa kental ketika matahari mulai tenggelam dan disaksikan dari atas bukit bersamaan dengan berubahnya langit menjadi gelap.

Saat pagi hari, kamu juga bisa berburu matahari terbit di ufuk timur. Kalau kamu ingin menyaksikan keduanya, pilihan paling tepat adalah dengan bercamping di padang rumput bagian selatan pantai yang memang Sudah disediakan.

Menikmati Gemerlap Bintang di Malam Hari

Bukan hanya pada siang hari saja, saat malam tiba kamu akan diberi sajian hamparan bintang yang gemerlap di atas langit Pantai Payangan. Angin pantai yang berhembus sejuk juga menambah kesan tersendiri saat bermalam di pantai ini. Adanya penjaga, banyaknya wisatawan yang camping, dan aktivitas nelayan pada malam hari untuk mencari ikan membuat tempat ini cukup aman.

Itulah beberapa daya tarik dan alamat serta rute menuju Pantai Payangan. Tertarik untuk menyaksikan sendiri bagaimana keromantisan suasana di Teluk Cinta? Langsung atur jadwal keberangkatanmu yuk! Atau mungkin kamu punya rencana perjalanan lain di Jawa Timur? Langsung saja komen pada kolom di bawah ini. Siapa tahu sobat cakrawala lain juga ingin ikutan, hehehehe.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *