Foto: instagram @jovita.janessa

JEPARA – Untuk pencinta rekreasi laut, tentu akan cari posisi baru untuk memperoleh vitamin sea dan dapat larikan diri sesaat dari kegiatan rutin setiap hari yang membuat capek. Di Ujung Utara Kabupaten Jepara terhampar Pantai Punuk Sapi yang dapat didatangi.

Pantai ini populer dengan pasir warna hitam dan dataran berbentuk tanah merah . Sehingga benar-benar kontras bila digabungkan dengan birunya air laut yang bergelombang cukup tenang.

Pantai Punuk Sapi / Foto : instagram @jeparagayeng

Di seputar pantai ada bukit bertanah merah yang menjuru ke laut seperti punuk sapi. Kekhasan itu yang membuat warga mengatakan Pantai Punuk Sapi. Di atas bukit ini, kita dapat menyaksikan lautan terlepas dan melihati keelokan alamnya.

Posisi ini condong sepi, belum beberapa pengunjung yang tiba hingga pas untuk menyepi sekalian duduk di tepi pantai nikmati keelokan sunset di ufuk barat. Di seputar pantai banyak juga pohon-pohon terutamanya pohon kelapa membuat pengunjung makin kerasan.

Peningkatan dan pembangunan pantai yang treletak di Dusun Balong, Kembang, Jepara ini didiamkan masih alami, hingga tidak ada bangunan tetap di posisi. Bangunan yang ada cuman gazebo ciri khas Jepara yang berbentung genteng wuwungan. Kursi-kursi dibikin dari bamboo dan gapura Candi nanti sebagai pertanda masuk pantai.

Pengunjung yang ingin ke pantai ini harus melalui beberapa permukiman masyarakat dan rimba karet yang luas. Pantai ini berada di ujung utara Jepara yang dekat sama petilasan Syech Siti Jenar.

Dahulu teritori ini gagasannya akan dibuat Pembangkit Listri Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia. Gagasan itu pada akhirnya tidak berhasil karena dilawan masyarakat yang takut dengan imbas radiasi nuklir.

Ingin nikmati cantiknya pantai berpasir hitam. Yok singgah ke Pantai Punuk Sapi Jepara!

Berikut ulasan tentang pantai punuk sapi (HANROSRAF channel)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *