pesona bukit cumbri

Hai kawan – kawan cakrawala, buat kalian yang hobi traveller. Kita punya rekomendasi yang bagus banget dan cocok buat kalian.

Kegiatan pendakian atau mendaki gunung terdengar identik dengan kesulitan dan rintangan. Namun, tidak halnya jika mendaki di Bukit Cumbri, Wonogiri. Berkat kekuatan media sosial, gunung rendah di Wonogiri ini semakin populer sebagai tujuan wisata alam.

Pemandangan alam bagaikan negeri di atas awan yang disajikan dari puncaknya akan menyihir siapapun yang berkunjung, baik itu pendaki ahli maupun amatir.

Tiket Masuk
Biaya untuk masuk ke kawasan pendakian Bukit Cumbri sangat terjangkau. Harga yang dibayar belum termasuk biaya parkir kendaraan. Penginapan atau homestay di rumah warga setempat biayanya beragam.

Harga Tiket
Tiket masuk Rp3.500
Parkir Rp5.000 – Rp10.000

Jam Buka
Bukit Cumbri terbuka untuk umum setiap hari. Sebagai destinasi para pemburu sunrise dan sunset, Bukit Cumbri bisa dikunjungi kapanpun.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Pesona Bukit Cumbri
bukit cumbri

Sejak tahun 2015, popularitas Bukit Cumbri tersiar melalui foto-foto yang tersebar di media sosial. Gunung Cumbri yang memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl ini ternyata menawarkan pemandangan alam hijau dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jalurnya juga tergolong pendek dan cukup mudah dilalui para pendaki pemula. Hal ini menjadikan Bukit Cumbri destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi kapan saja, tanpa membutuhkan persiapan yang terlalu banyak.

Jalur Pendakian Bukit Cumbri
jalur pendakianBukit Cumbri terletak di Desa Kepyar, Dusun Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Meski popularitasnya meningkat baru-baru ini, namun sebenarnya bukit ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata warga lokal. Letaknya cukup strategis karena tidak sulit dijangkau dari jalan raya dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit.

Untuk mendaki bukit, pengunjung bisa memilih salah satu pintu dari tiga pintu yang tersedia. Terdapat Pintu Timur dan Pintu Tengah yang masing-masing terletak di Dusun Jatisari dan Dusun Sumber, Desa Biting. Sedangkan Pintu Barat bisa ditemukan di Dusun Kepyar.

Pendakian dari pintu di Dusun Kepyar cenderung lebih mudah. Jalur ini mungkin cocok untuk pengunjung dari kalangan pendaki pemula. Waktu tempuh yang dibutuhkan mulai dari 1 – 2 jam, tergantung kecepatan yang diterapkan.

Jika memilih jalur melalui pintu di Desa Biting, bersiap dengan jalur pendakian yang cukup menantang. Jalan setapak yang akan dilalui bersisian dengan jurang yang ahrus diwaspadai. Namun, pemandangan yang ditawarkan konon katanya lebih indah.

Pemandangan dari Puncak Cumbri
negeri diatas awanSelama perjalanan mendaki, terdapat beberapa jalan setapak dengan kontur terjal dan cukup licin. Meski tidak banyak vegetasi dan semak belukar, namun keadaan jalan ini mungkin akan cukup menguras tenaga. Oleh karena itu jangan lupa siapkan kondisi tubuh terbaik sebelum mulai mendaki.

Di tengah perjalanan, terdapat perkebunan jambu monyet yang dikelola petani lokal. Sebaiknya tidak merusak atau mengambil buah sembarangan, ya! Cukup nikmati pemandangan yang ada dengan mata dan lanjutkan perjalanan menuju puncak.

Setelah sampai di puncak, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan udara segar. Puncak Cumbri didominasi oleh bebatuan besar dan rerumputan. Hamparan perbukitan hijau serta pemandangan awan tanpa penghalang akan jadi penawar rasa lelah yang memuaskan.

Hati-hati, Bukit Cumbri merupakan habitat bagi kera. Terdapat kawanan kera liar yang tinggal di Puncak Cumbri yang sebaiknya tidak diganggu atau diberi makan sembarangan. Jaga barang bawaan dengan baik, dan nikmati pemandangan yang tersedia tanpa merusak, apalagi membuang sampah sembarangan.

Berkemah dan Berburu Foto
bukit-cumbri-wonogiriPemandangan dari Puncak Cumbri memang tidak terhalang apapun. Hal ini menjadikannya cocok sebagai lokasi berburu matahari terbenam maupun matahari terbit. Jika ingin melihat pemandangan sunset, datanglah pukul 3 atau 4 sore. Bagi yang ingin melihat sunrise, bermalam mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Area parkir yang cukup luas di kaki bukit dapat menjadi lahan berkemah. Pilihan lainnya, wisatawan bisa menginap di rumah warga sekitar alias homestay. Biayanya beragam, tergantung hasil negosiasi dengan pemilik rumah. Waktu yang tepat untuk berburu sunrise adalah pukul 3 atau 4 subuh.

Jika sudah di puncak, sempatkan untuk naik ke atas bebatuan untuk mendapatkan pemandangan alam 360 derajat. Formasi bebatuan besar ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Pengunjung bisa menangkap pemandangan Jawa Tengah dan Jawa Timur sekaligus. Ketika cuaca sedang cerah, Puncak Cumbri bagaikan negeri di atas awan yang menakjubkan!

Fasilitas Bukit Cumbri
Tidak terdapat fasilitas apapun di dalam kawasan Bukit Cumbri selain jalan setapak untuk mendaki dan papan petunjuk arah. Namun, tersedia lahan parkir serta mushola di kaki bukit. Sediakan perbekalan dan peralatan medis yang cukup karena tidak ada kios atau toko yang tersedia di dalam kawasan Bukit Cumbri.

Lokasi Bukit Cumbri
Bukit Cumbri berada di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Karena lokasinya yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, bukit ini bisa dikunjungi melalui tiga pintu, yaitu Pintu Barat di Dusun Kepyar, Pintu Tengah di Dusun Sumber – Desa Biting, dan Pintu Timur di Dusun Jatisari – Desa Biting. Ketiganya berada di Kecamatan Purwantoro dan tidak terlalu jauh dari jalan raya.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur !


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.