Sobat cakrawala, tahu tidak dimana spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar Gunung Merapa dan Gunung Merbabu? Bukit Punthuk Setumbu jawabannya. Di lokasi ini kamu bisa melihat Candi Borobudur yang nampak megah dan tertutup kabut tipis di pagi hari.

Pemandangan eksotis dari matahari terbit seperti ini lah yang mampu menjadi magnet dan memukau para wisatawan. Makanya, tidak heran rasanya kalau tempat-tempat yang menyajikan pemandnagan matahari terbit selalu saja tidak pernah sepi pengunjung. Contohnya saja seperti Gunung Bromo di Jawa Timur atau Bukit Sikunir di Dieng, Jawa Tengah dan tentu saja Bukit Punthuk Setumbu di Magelang, Jawa Tengah.

Jika dibandingkan dengan kedua tempat tersebut, Bukit Punthuk Setumbu mempunyai pemandangan pagi yang istimewa. Selain bisa menyaksikan matahari pagi yang mulai mucul perlahan dari celah-celah Gunung Merapi atau Merbabu, kamu juga bisa menyaksikan megahnya Candi Borobudur dari ketinggian. Tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri yang dapat kamu peroleh. Tidak heran, jika akhirnya destinasi ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk menyaksikan sunrise dan menjadi tempat yang disukai oleh para fotografer.

Puncak Punthuk Setumbu

Destinasi wisata alam di Jawa Tengah ini adalah sebuah bukit yang tingginya tidak lebih dari 400 meter di atas permukaan laut, dan letaknya berada di gugusan Pegunungan Menoreh. Awalnya, tempat ini ada lading enduduk yang kemudian ada seorang fotografer yang membidik pemandangan matahari terbit dari puncak bukit ini. Tidak disangka pemandangan yang tercipta nampak sangat epic, dan dari situlah banyak orang yang mulai berdatangan untuk menyaksikan sendiri pemandangan sunrise dari tempat ini.

Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan Borobudur kala fajar tiba, sangat disarankan untuk tiba di tempat sebelum pukul 05.00. Setelah memarkir kendaraan, kamu masih harus trekking sebentar, sekitar 15 menit untuk tiba di puncak dengan rutenya yang berupa jalan tanah dan makadam. Bagi wisatawan yang tidak kuat trekking sampai ke puncka bukit, tidak jauh dari lokasi parkir ada gazebo yang dapat digunakan untuk menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Puncak Punthuk Setumbu sendiri merupakan pelataran luas yang sekelilingnya dibatasi oleh pagar. Terdapat juga fasilitas seperti gazebo, rumah panggung, maupun kursi-kursi kayu yang disediakan untuk menanti matahari terbit. Meskipun trekking di pagi hari sedikit melelahkan, dan banyak juga yang merasa malas. Tapi perjuangan tersebut akan terbayar lunas saat kamu mulai menyaksikan sapuan kabut Borobudur yang perlahan mulai kabur dan tergantikan dengan matahari yang mulai muncul dari balik gunung dengan langitnya yang perlahan berubah menjadi jingga.

Waktu Paling Tepat Untuk Mengunjunginya

Baik bagi wisatawan maupun fotografer yang ingin mengabadikan momen matahari terbit di Puncak Punthuk Setumbu, waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau. Yaitu sekitar Bulan Juni sampai Agustus, karena pada bulan-bulan ini matahari yang terbit dapat terlihat jelas tanpa diselimuti oleh mendung. Selain itu, trek menuju puncak bukit ini juga sangat becek saat musim hujan tiba. Sedangkan, kalau ingin memotret Candi Borobudur yang berselimut kabut, kamu bisa datang kapan saja.

Lokasi Puncak Punthuk Setumbu

Bukit ini lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, atau lebih tepatnya berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Magelang. Kalau kamu datang dari Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi. Setiap wisatawan yang datang diharuskan membayar restribusi Rp 15.000 per orang. Murah kan?

Untuk menjangkaunya juga tidak akan sulit, karena banya kok petunjuk arah yang akan membantumu menuju ke lokasi. Tentu melihat potretnya saja tidak akan membuatmu puas, malah bisa-bisa membuatmu makin penasaran dan ingin segera mengunjunginya.

Tidak sabar untuk segera menyaksikan cantiknya matahari terbit dengan latar Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Candi Borobudur? Langsung saja yuk buat rencana liburanmu di Jawa Tengah, dan tentu saja masukkan Puncak Punthuk Setumbu dalam list destinationmu berikutnya. Jangan sampai menyesal karena melewatkan destinasi cantik ini! Kamu punya destinasi wisata di Yogyakarta maupun sekitarnya yang layak untuk dikunjungi? Share di kolom komentar yuk.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *