image by intan Permata Sari / Wisata IDN

Kawah putih ciwidey populer dengan warna airnya yang putih. Sesungguhnya warna putih dari kawah ini bukanlah berawal dari air yang ada di permukaan. Tetapi, warna putih pada kawah ini berawal dari elemen yang lain berada di dalam tanah yang selanjutnya bersatu dengan belerang.

Anda akan menyaksikan warna putih kehijauan di bagian air. Susunan dan struktur dari susunan dinding kawah ini memang lumayan unik. Apa lagi pembangunan kawah ini berawal dari letusan gunung Patuha yang besar sekali. Beberapa pengunjung yang jadikan tempat ini sebagai arah khusus rekreasi saat berlibur datang.

Situasi Kawah Putih Ciwidey

Bila kamu ingin berekreasi ke lokasi yang mempunyai udara sejuk, kemungkinan Taman Rimba Raya Djuanda bisa saja jalan keluar.

Di saat tertentu, warna dari air yang ada di atas kawah condong berbeda. Ini disebabkan karena keadaan dari cuaca, temperatur udara sampai kandungan belerang.

Sudah pasti ini jadi peristiwa yang bagus sekali untuk beberapa pengunjung. Jika untung beberapa pelancong akan memperoleh warna yang paling eksotis dan jadikan kawah ini sebagai latar belakang photo yang cantik dan menarik.

Kawah putih ciwidey ada di tempat yang lumayan luas. Keadaan ini membuat pengurus harus membuat lajur khusus sampai ke sisi tengah dari kawah.

Ini untuk mempermudah beberapa pengunjung nikmati situasi yang ada pada bagian kawah. Temperatur udara di kawah ini di saat tertentu cukup dingin.

Riwayat Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sama dengan tempat rekreasi alam Bandung yang lain, kawah putih mempunyai riwayat pertama kali terciptanya. Riwayat itu berawal dari pengetahuan ilmu dan pengetahuan dan narasi rakyat yang berkembang.

Tetapi, anda bisa juga menanyakan langsung ke warga lokal yang tinggal di seputar kawah untuk mengenali lebih dalam mengenai riwayat dari kawah ini. Berikut keterangan pertama kali dari Kawah putih ciwidey, yakni :

  • Riwayat Terciptanya Karena Letusan Gunung Patuha

Menurut riwayat, kawah putih tercipta akibatnya karena letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abat 10 dan 12. Letusan yang terjadi itu dipandang benar-benar hebat hingga memberi dampak yang besar di lingkungan sekitaran dari gunung. Sampai sekarang, Gunung Patuha mempunyai beberapa kawah karena letusan itu.

Tetapi, kawah yang cukup terkenal ialah kawah putih Bandung. Ini karena keadaan dari kawah yang dipandang mempunyai air warna putih. Walau sebenarnya warna putih itu sebagai refleksi dari tanah dasar kawah yang bersatu dengan elemen tanah lain.

Di awal dijumpai ada kawah putih, warga lokal tidak memandang jika tempat ini berpotensi rekreasi yang besar. Apa lagi keyakinan warga sekitaran kawah memandang tempat ini juga menyeramkan.

Sampai di tahun 1987, seorang pakar geologi namanya Franz Wilhelm Junghuhn lakukan riset di pucuk gunung Patuha.

Seterusnya, pemerintahan Belanda memandang jika kawah ini berpotensi kapur yang baik sekali. Lantas dibuat sebuah pabrik kapur yang selanjutnya dikasih panggilan Zwavel Ontgining.

Tetapi, pabrik ini berpindah pemilikan ke pemerintahan Jepang sesudah Belanda tak lagi berkuasa. Di saat Indonesia merdeka, pemerintahan sadar akan kekuatan rekreasi yang berada di posisi ini.

Ini yang membuat pemerintahan mengurus dengan membuat bermacam sarana sampai lajur akses yang ideal. Bila kamu senang ketinggian, kamu bisa juga bertandang ke Pucuk Bukit Bintang Bandung.

  • Legenda dan Narasi Rakyat Kawah Putih Bandung

Saat sebelum kawah ini diketemukan oleh pakar geologi sesungguhnya telah ada legenda yang paling dipercaya oleh masyarakat di tempat. Sebelumnya, tempat ini dipandang benar-benar keramat dan cukup menyeramkan untuk banyak warga.

Bahkan juga, keadaan ini ditunjukkan dengan tidak ada hewan apa saja yang berani lewat pada bagian atas dari kawah.

Keyakinan warga di tempat mengutarakan jika pucuk gunung dari Patuha ada pusara sakral dari beberapa nenek moyang. Pusara sakral itu sejumlah 7 yang masing-masing mempunyai panggilan Eyang. Beberapa nenek moyang itu terbagi dalam :

  1. Eyang Jambrong
  2. Eyang Baskom
  3. Eyang Ngabai
  4. Eyang Barabak
  5. Eyang Camat
  6. Eyang Menjaga Satru
  7. Eyang Rangsa Sadana.

Keyakinan yang tetap berkembang dalam masyarakat membuat beberapa dari masyarakat kerap lakukan ritus tertentu.

Di mana Posisi dan Jalur Munju Kawah Putih Ciwidey?

Bahkan juga, kamu bisa juga memakai beberapa opsi alat transportasi seperti kendaraan individu atau transportasi umum.

  • Memakai Kendaraan Individu

Jika kamu memakai kendaraan individu seharusnya ambil lajur yang diawali dari pintu Tol Kopo atau lajur Tol Purbaleunyi. Seterusnya ke arah jalan Kopo-Soreang.

Sesudah masuk di teritori Soreang ada petunjuk jalan yang memberitahukan sudah tiba di daerah Ciwidey. Tidak jauh dari sana anda akan mendapati pintu masuk di teritori rekreasi kawah putih.

  1. Memakai Kendaraan Umum

Akses yang lain dapat diperhitungkan dengan memakai kendaraan umum. Perjalanan ini diawali dari terminal Leuwi Panjang yang berada di kota Bandung. Anda dapat memakai L300 yang ke arah Ciwidey.

Setelah tiba di Ciwidey, anda akan memakai angkot warna kuning yang ke arah Situ Patenggang. Umumnya angkot ini akan stop pas di muka gerbang masuk teritori kawah putih Ciwidey.

Ngapain di Kawah Putih Ciwidey, Bandung?

Anda mempunyai banyak peluang untuk habiskan waktu sepanjang berkunjung Kawah putih ciwidey. Ada banyak opsi aktivitas yang dapat dilaksanakan misalnya :

  • Nikmati Pemandian air Panas

Ada banyak opsi pemandian air panas yang ada di sekitaran kawah putih ini. Air panas ini berawal dari panas bumi. Bahkan juga, kadang-kadang anda akan merasakan wewangian belerang. Beberapa masyarakat memandang jika kandungan sulfur dari air itu bagus untuk kesehatan kulit.

  • Nikmati Makanan Ciri khas

Di seputar posisi kawah putih ada banyak opsi makanan ciri khas yang perlu dicoba seperti bajigur, wedang Bandrek dan yang lain. Anda dapat melahap makanan ciri khas sambil nikmati panorama alam.

  • Berpose

  • Bermalam dan Nikmati Pemandangan Cantik

Jika anda ingin habiskan waktu yang semakin lama kembali bisa juga bermalam di seputar teritori rekreasi ini. Apa lagi ada banyak opsi tempat bermalam yang tawarkan sarana lumayan baik.

Berapakah Harga Ticket Masuk di Kawah Putih Ciwidey, Bandung?

Kawah putih ciwidey dibuka tiap hari dengan jam operasional dari 07:00 sampai 17:00 WIB. Harga ticket masuk untuk beberapa pengunjung di bagi jadi 3, yakni pelancong lokal, pelancong asing dan pelancong yang bawa kelompok. Berikut detilnya:

  1. Untuk pelancong lokal, harga tiketnya ialah Rp. 25.000,-
  2. Sedangkan untuk pelancong asing Rp. 75.000,-
  3. Dan yang bawa kelompok dikenai biaya Rp. 150.000,- per mobil, belum terhitung ticket masuk per-orangnya.

Ticket masuk kawah putih memang lumayan dapat dijangkau untuk pelancong lokal. HTM kawah putih ini sebagai data paling akhir alias terkini, dan dapat berbeda setiap saat.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *