Kebanyakan traveling pasti tahu kalau Malang juga punya deretan pantai cantik nan menggoda untuk disinggahi. Sebagian orang mungkin lebih awam dengan nama Pantai Balekambang, Pantai Tiga Warna, Maupun Pantai Sendang Biru yang telah lebih dulu dikenal. Tapi, pernah tidak dengan nama Pathukan Sirap?

Secara administratif, destinasi ini masuk ke dalam wilayah Desa Sumberbening, Kecamtan Bantur, Kabupaten Malang. Destinasi ini merupakan sebuah semenanjung yang letaknya berada di antara Pantai Dali Putih dan Pantai Rowo Gebang.

Ke Pathukan Sirap Lewat Jalur Kondang Merak

Untuk sampai di lokasinya kamu bisa melewati beberapa jalur, seperti lewat jalur Balekambang atau jalur Kondang Merak ini. Kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Malang menuju Gondanglegi, setelah sampai di pasar Gondanglegi, selanjutnya ambillah arah ke Bantur. Ikuti saja jalan utama menuju Bantur, dan ambil arah yang sama menuju ke Pantai Balekambang. Nanti ada banyak papan petunjuk yang mengarah menuju ke Pantai Balekambang di beberapa persimangan kok.

Setelah kamu sampai di gapura masuk Pantai Balekambang, lanjutkan perjalananmu dengan mengambil arah kanan menuju ke Pantai Kondangmerak. Sayangnya, jalan menuju ke pantai ini masih berupa makadam karena merupakan area Perhutani. Jadi , sebelum berangkat pastikan dulu kendaraanmu dalam kondisi prima.

Sekitar satu kilometer dari persimpangan Pantai Balekambang, kamu akan menemu persimpang kecil dan lanjutkan dengan mengambil arah kiri. Selanjutnya, jalur yang akan kamu tempuh adalah jalanan makadam yang lebih sempit dan rusak. Hutan di sekitarnya pun lebih lebat dan sesekali ada hewan liar yang akan melintas di tengah jalan.

Ikuti saja jalan tersebut sampai kamu tiba di gerbang loket Pantai JPTS, dari gerbang loket tersebut kamu akan berjumpa dengan dua pantai terlebih dahulu. Yaitu Pantai Rowo dan Pantai Gebang, yang keduanya merupakan habitat penyu.

Pantai selanjutnya yang akan kamu jumpai adalah Pantai Dali Putih, atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Tanjung Sirap. Posisi pantai ini tepat berada di samping Tanjung Sirap dan menjadi akses masuk menuju ke Pathukan Sirap. Setelah dari Pantai Dali Putih, kamu masih menemui pantai lainnya lagi, yaitu Pantai Pasir Besi.

Pathukan Sirap, Destinasi Wisata Tersembunyi Di Malang

Untuk bisa sampai di Pathukan Sirap, kamu harus mendaki bukit di sebelah timur Pantai Dali Putih terlebih dahulu. Waktu tempuhnya mungkin sekitar 15 menitan saja, dengan medannya yang menanjak. Destinasi wisata di Malang yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang ini adalah semenanjung karang yang terbuka. Ombak di area ini pun sangat besar, sehingga kamu harus ekstra hati-hati, terutama kalau ingin mendekat ke ujung Tanjung Sirap.

Tepat di ujung semenanjung tersebut ada dua buah pulau karang yang berukuran cukup besar. Pulau Lapak namanya, pulau ini juga menjadi icon dari Pantai Tanjung sirap selain Pulau Sirap. Pulau Lapak ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berupa dua bongkah batu karang yang terlihat seperti terbagi dua oleh ombak. Selain itu, masing-masing pulau juga punya tumpukan batu karang yang terlihat tertumpuk rapi.

Destinasi Alami Di Malang

Patukhan Sirap ini menjadi salah satu spot untuk berburu sunset loh. Pemandangan ketika matahari perlahan mulai tenggelam tidak perlu lagi ditanyakan seperti apa keindahannya. Karena tempat ini masih cukup asing, bahkan untuk warga Malang sendiri, jadi tempatnya masih relatif sepi.

Dengan pengunjung yang masih sedikit seperti ini tentu saja menjadikan Pathukan Sirap lebih terasa kealamiannya. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan tempat untuk menenangkan diri dan mencari inspirasi. Tentu karena tempatnya yang sangat alami dan belum banyak fasilitas yang dibangun, penting bagi setiap wisatawan yang datang untuk menjaga kebersihan dan memastikan diri untuk tidak mengotori tempat cantik seperti ini.

Tentu kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi yang harus masuk ke dalam daftar kunjunganmu. Apalagi kalau kamu mau datang ramai-ramai bersama sahabat, tentu berpetualang ke tempat baru seperti ini terasa lebih berkesan dan lebih banyak cerita yang akan disimpan sebagai kenangan bersama.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *