images (2)Sekarang berwisata tidak hanya hiburan tetapi juga sebagai sarana belajar atau sering dikenal dengan ‘Edutainment’. Tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga memberi edukasi bermanfaat kepada pengunjung, salah satunya yaitu SeaWorld Ancol.
SeaWorld Ancol merupakan wisata populer di kawasan Ancol Jakarta Baycity yang mengusung 3 tujuan utama. Yaitu, tidak hanya menghibur, juga memberikan edukasi tentang biota laut, dan pengalaman konservasi yang memanjakan mata. Tempat wisata yang menyuguhkan 3 zona perairan yaitu zona perairan tawar, zona pesisir, dan zona perairan laut.

SeaWorld menyuguhkan keindahan 7.300 biota air tawar dengan 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil. Di zona pesisir, pengunjung akan dimanjakan dengan akuarium yang dibuat mirip dengan biota pesisir aslinya. Dan zona laut menampilkan 11.500 biota dengan 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

hewan-reptil-kura-kura-di-aquarium-seaworld-ancol-640x480Ketiganya disuguhkan dalam 28 display dengan 19 akuarium laut, 9 akuarium tawar dan 4 kolam terbuka. Masing – masing display akan memberi tema khusus dan nuansa berbeda dengan pesan edukasi untuk pengunjung.

Seaworld Ancol dengan luas ±3 hektar, menyuguhkan berbagai wahana hiburan dunia air yang memanjakan mata. Di sini juga memberi program edukasi tentang kehidupan biota laut, khususnya untuk rombongan study tour sekolah. Untuk beberapa binatang laut hampir punah seperti penyu laut bahkan dilakukan konservasi khusus.

Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol
Harga tiket masuk Seaworld Ancol memang tergolong lebih murah dibanding area wisata lain di ancol. Namun atraksi biota laut di tempat tidak kalah seru dibanding area wisata lain.

Jenis Tiket Senin – Jum’at
Reguler Rp80.000
Reguler Premium Rp115.000
Bundling Sea World dan Ocean Dream Samudra Rp135.000
Bundling Sea World dan Atlantis Water Adventure Rp115.000

Sabtu/Minggu/Libur

  • Reguler Rp100.000
  • Reguler Premium Rp115.000
  • Bundling Sea World dan Ocean Dream Samudra Rp180.000
  • Bundling Sea World dan Atlantis Water Adventure Rp160.000

Seaworld juga sering menyediakan tiket masuk Seaworld Ancol secara bundling. Tiket Masuk Seaworld Ancol Bundling bisa untuk memasuki tempat wisata lain seperti Dunia Fantasi, Atlantis Ancol atau Samudra Ancol.

Harga Tiket Seaworld Ancol Libur Lebaran & High Season
Harga tiket Seaworld Ancol Libur Lebaran & high season dapat mengalami perubahan. Harga tiket pada periode libur lebaran tanggal 9-30 Juni 2018 berlaku harga tiket Premium Rp120.000. Untuk tiket Bundling Seaworld & Ocean Dream Samudra Rp220.000. Tiket hanya berlaku 1 hari yaitu di hari pembelian dengan jam Buka setiap hari 09.00 – 18.00 WIB.

Jam Buka Seaworld Ancol
Jika pengunjung ingin menikmati segala keseruan atraksi di di sini, datanglah dari pukul 09.00 WIB. Atraksi – atraksi dapat dinikmati dari pukul 09.00 sampai pukul 18.00 WIB.

Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu 09.00 – 18.00 WIB

Datanglah lebih awal agar pengunjung tidak melewatkan tiap – tiap keseruan atraksinya. Karena loket penjualan tiket akan ditutup 30 menit sebelum pukul 6 sore. Pengunjung juga perlu untuk mengetahui jadwal atraksi yang berlangsung di Seaworld Ancol agar pengunjung tidak ketinggalan.

Atraksi Dan Aktivitas Di Seaworld Ancol
Beberapa aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di Seaworld Ancol, diantaranya :

Memberi Makan Biota – Biota Laut 
Seaworld Ancol memiliki satu event yang sangat diminati dan ditunggu – tunggu oleh pengunjung, yaitu Feeding Show. Pengunjung dapat melihat aksi seru petugas memberi makan biota laut, bahkan pengunjung dapat mencobanya sendiri.

Jika pengunjung ingin menyaksikan Feeding Show ini, perlu diperhatikan jadwal – jadwalnya agar tidak terlewatkan.

Jadwal Feeding Show Seaworld Ancol:

Weekday

  • Akuarium Utama 11.00 & 15.30 WIB
  • Moray Eel (Kerondong) 14.00 WIB
  • Touch Pool 10.00, 13:30 & 17.00 WIB
  • Otter (Linsang Air) 10.30 & 16.00 WIB
  • Arapaima 13.00 WIB

Weekend

  • Akuarium Utama 11.00, 14.00 & 16.30 WIB
  • Moray Eel (Kerondong) 15.00 WIB
  • Touch Pool 10.00, 13.30 & 17.00 WIB
  • Otter (Linsang Air) 10.30 & 16.00 WIB
  • Arapaima 13.00 WIB
  • Sea Turtle 14.30 WIB

Menyentuh Satwa di Touch Pool
Touch Pool merupakan wahana yang memungkinkan pengunjung untuk dapat menyentuh kolam ataupun biota laut didalamnya. Seaworld Ancol memiliki 3 area kolam terbuka yang dapat disentuh oleh para pengunjung.

Area pertama yaitu berisikan biota bintang laut yang dapat pengunjung sentuh atau mengangkat tubuhnya. Di kolam kedua, pengunjung dapat menyentuh hewan langka berumur panjang yaitu penyu laut. Pengunjung dapat memegang cangkang, tungkai, atau kepalanya dengan hati – hati agar tidak terluka atau stres.

Di kolam ketiga pengunjung dapat bertemu dengan satwa buas seperti ikan hiu dan pari. Tetapi yang dapat disentuh yaitu ikan hiu atau pari yang berukuran kecil atau masih muda.

Pengunjung juga dibatasi untuk hanya boleh menyentuh bagian punggungnya, karena walau kecil mereka masih berbahaya. Disini pengunjung akan dapat dengan bebas untuk berfoto ria dengan satwa – satwa tersebut dari dekat.

Menyusuri Terowongan Bawah Air
Aktivitas yang paling diminati oleh pengunjung yaitu menyaksikan ribuan biota laut melalui terowongan kaca Antasena. Terowongan ini terbuat dari kaca sepanjang 80 meter dengan pemandangan bawah laut yang cantik.

Dalam terowongan juga tersedia eskalator yang memungkinkan pengunjung dapat menikmati wahana ini dengan santai. Koleksi biota laut di terowongan ini sangat beragam, pengunjung dapat melihat informasi lengkapnya di papan informasi. Pengunjung akan merasa seperti berada di bawah laut, dan dapat berfoto – foto ria sepuasnya.

Film Edukasi Laut yang Seru di Glow Theater
Jika pengunjung merupakan rombongan pelajar yang melakukan study tour, maka perlu mengunjungi wahana Glow Theater. Sesuai namanya, wahana ini merupakan theater yang akan memutarkan film – film edukasi seperti Sea Turtle Story.

Pengunjung dapat terhibur oleh filmnya sekaligus belajar tentang berbagai kehidupan biota – biota laut. Yang menambah keseruan dari theater Seaworld Ancol adalah warna – warna cantik yang muncul saat lampu dimatikan. Selain pelajar, pengunjung lain yang membawa serta anak atau keluarga dapat juga menikmati wahana ini.

Menikmati Ribuan Satwa Laut di Main Aquarium
Saat datang ke Seaworld Ancol, maka aktivitas utama yang perlu pengunjung lakukan adalah mengunjungi Main Aquarium. Main Aquarium merupakan akuarium terbesar berukuran 38×24 meter, dan menampung hingga 5 juta liter air laut.

Di dalam akuarium ini, pengunjung dapat menemukan sekitar 35.000 ikan laut dari 35 spesies. Pengunjung akan terkesima dengan ribuan ikan – ikan cantik dan juga ikan terganas di lautan. Salah satu ikan terbesar dan terganas disini yaitu Ikan Hiu Perawat Raksasa dengan panjang ±3,5 meter.

Mengenal Ikan Air Tawar Terganas di Dunia
Tak hanya ikan air laut, pengunjung juga akan terpuaskan dengan pemandangan berbagai ikan air tawar cantik. Tidak hanya berasal dari Indonesia, ikan air tawar disini datang dari berbagai belahan dunia. Pengunjung akan dapat menyaksikan ikan air tawar terganas didunia yaitu ikan Piranha dari Perairan Amazon.

Pengunjung akan terhibur dengan atraksi di wahana ini seperti saat pemberian makan pada ikan Piranha. Selain ikan Piranha, pengunjung dapat menemukan ikan air tawar lain seperti Arapaima, Ikan Sirip, dll.

Museum Seaworld Ancol
Biota laut dalam sulit dipelihara dalam akuarium, karena selain hidup di perairan laut dalam, juga langka. Namun, Seaworld Ancol menghadirkan museum bagi pengunjung yang ingin mengenal biota perairan laut dalam.

Di museum Seaworld Ancol, terdapat berbagai jenis hewan laut yang diawetkan dan dimasukan ke dalam kaca. Salah satu ikan laut dalam yang diawetkan adalah Ikan purba – Coelacanth (Ikan Raja Laut). Museum ini dapat menjadi wahana edukatif bagi pengunjung untuk mengenal berbagai jenis ikan laut dalam.

Menyaksikan Jenis Jelly Fish
Pengunjung tentu mengenal ubur – ubur yang berbentuk seperti payung dengan tentakel menjulur yang bertenaga listrik, bukan? Jika belum maka pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung di wahana Jelly Fish Exhibit Seaworld Ancol.

Pengunjung dapat menemukan beberapa jenis ubur – ubur seperti Blubber, Upside Down, dan Sea Neattle Jelly Fish. Pengunjung akan dimanjakan warna – warni ubur – ubur yang memancarkan cahaya saat berenang di kegelapan. Pengunjung juga mendapat spot berfoto yang tak kalah cantik dibanding dengan wahana lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan keseruan menyelam bersama ikan dapat mencoba wahana Fun Dive ini. Fun Dive tidak hanya menantang kemampuan menyelam pengunjung, namun juga memberi hiburan tak terlupakan. Pengunjung dapat menyelam di akuarium Seaworld Ancol sembari merasakan sensasi Feeding Show secara langsung.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba dikenakan biaya tambahan bagi yang memiliki lisensi menyelam. Tidak sembarang pengunjung yang dapat menyelam, karena pengunjung harus memenuhi syarat tertentu untuk jaminan keselamatannya.

Fasilitas Di Seaworld Ancol
Fasilitas – fasilitas penunjang yang terdapat di Seaworld Ancol dapat dibilang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Seperti toilet, mushola, ruang P3K, atau Photo Shop tempat mencetak foto dikreasikan dalam bentuk kaos / gelas.

Terdapat juga ruang Baby Care yaitu ruang untuk ibu menyusui dan perawatan keperluan bayi. Di dalam Seaworld Ancol terdapat theater yang akan menghibur pengunjung beragam film – film seru bertemakan kelautan. Pengunjung juga dapat mengunjungi museum ikan laut dalam yang diawetkan dan disediakan informasi untuk edukasi.

Disini juga disediakan fasilitas Fish Spa untuk kaki yang akan dilakukan oleh ikan Garru Ruffa. Ikan ini akan memakan sel – sel kulit mati pada kaki dan berlangsung hingga 30 menit. Di lantai atas, pengunjung dapat bereksplorasi di perpustakaan umum yang menyediakan buku – buku tentang biota laut.

Saat lapar, pengunjung dapat menikmati aneka kuliner yang mengenyangkan di stan – stan foodcourt. Dan jangan lupa untuk mampir di Toko Souvenir untuk membeli oleh – oleh cantik sebelum pulang.

Transportasi & Angkutan Umum Ke Seaworld Ancol
Lokasi Seaworld Ancol sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi pengunjung wilayah Jakarta dan sekitarnya, akan lebih mudah menggunakan bus TransJakarta atau bus umum.

Gunakan bus TransJakarta dengan rute Blok-M atau Koridor 5 dan turun di Halte Ancol. Dapat juga menggunakan bus umum jalur Blok-M menuju Ancol, atau PPD P38 tujuan Terminal Tanjung Priok. Bagi pengunjung dari luar Jakarta, dapat menggunakan KRL Commuter Line atau bus umum untuk lebih hemat.

Dari Bekasi, gunakan KRL ke Stasiun Jakarta Kota, dilanjutkan menggunakan Mikrolet M15 atau M15A. Dari arah Serpong atau Bogor, naik KRL ke Kampung Bandan, dilanjutkan dengan Mikrolet M15 atau M15A.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, akan tiba di pintu utama Ancol Jakarta Baycity, dilanjutkan menuju kawasan Seaworld Ancol dengan shuttle bus. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka dapat gunakan rute Jl. Lodan Raya atau Jl. R.E Martadinata. Gunakan google maps atau GPS untuk mendapat jalur lokasi wisata Seaworld Ancol yang lebih akurat.

Alamat Dan Kontak Seaworld Ancol
Taman wisata ini berlokasi di dalam kawasan Ancol Jakarta Baycity, dan terletak tidak jauh dari Dufan. Beralamat di Jln. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi alamat Facebook Seaworld Ancol atau hubungi langsung ke (021) 29 222 222.

Jika Anda ingin mengetahui info lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *