Hai sobat Cakrawala Tour liburan bingung mau kemana? yuk ke tempat yang sejuk dan segar yang letaknya ada di Bandung, ayo simak uraian dibawah ini!

Kebun Teh Sukawana
Kebun Teh Sukawana berada di bawah PTPN VIII, termasuk dalam kebun Bukit unggul, bagian Sukawana. Sebelumnya, area ini dikenal dengan nama ‘pangheotan‘. Katanya, nama ini berasal dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda yang memiliki perkebunan disini.

Sekarang, PTPN VIII lebih mengangkat nama Sukawana untuk menyebut daerah perkebunan teh ini.Di sini, terdapat juga pabrik pengolahan teh. Katanya, hasil olahan teh dari sini lebih diutamakan untuk export.

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana

Area perkebunannya sendiri saya pikir tidak seluas perkebunan teh di Bandung yang lain seperti rancabali, ciwalini, dan lain sebagainya. Meskipun demikian karena termasuk perkebunan teh yang aktif produksi, area kebun tehnya terpelihara dan asri.

Dari sini kita bisa menikmati gunung Burangrang dan Tangkuban perahu yang seolah tepat berada didepan mata. Tempat ini cocok sekali jadi tempat wisata alam alternatif di Bandung.

Alamat – Lokasi Kebun Teh Sukawana
Alamat kebun teh Sukawana berada di Karyawangi, Parongpong. Lokasi kebun teh Sukawana sendiri lumayan dekat dari kota Bandung. Jika dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Ledeng, ke lokasi jaraknya hanya sekitar 15 KM saja. Hanya saja di 2-3 KM terakhir jalannya cukup jelek. Waktu di perjalanan akan lumayan banyak habis disini.

Patokan jalan menuju lokasi juga cukup jelas sebetulnya. Kita bisa menggunakan jalan utama ataupun alternatif ke arah Parongpong. Jika dari arah Lembang, arahkan kendaraan ke arah parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, kurang lebih 3 KM akan terlihat Mesjid di sebelah kanan. Nah tidak jauh dari situ terdapat pertigaan ke arah Sukawana di sebelah kanan.

Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana
Harga tiket masuk kebun teh Sukawana cukup murah. Saya berdua menggunakan satu motor hanya membayar Rp 5000 saja. Jika ingin Camping, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 10.000 / orang.

Dengan biaya segitu, kita bebas mengitari area perkebunan teh disini sampe puas.

AKTIFITAS DAN FASILITAS
Selain menikmati udara sejuk yang didominasi harum daun teh yang terhampar di Perkebunan Teh Sukawana ini, anda juga dapat melakukan kegiatan alam lainnya yang tak kalah menarik. Anda dapat melihat langsung proses pengolahan teh di pabrik teh yang berada tidak jauh dari Perkebunan Teh Sukawana ini. Selain itu, anda juga dapat melakukan aktifitas camping di area ini. Memang tidak disediakan lahan khusus untuk anda mendirikan tenda, namun anda dapat dengan bebas memilih lahan yang akan anda jadikan tempat bermalam. Tentunya dengan seizin pihak pengelola. Fasilitas yang tersedia disini boleh dikatakan sudah cukup memadai untuk anda berwisata alam. Terdapat warung kecil yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sambil menyantap beberapa makanan pengganjal perut. Sedangkan untuk toilet, sebenarnya tidak disediakan toilet umum di Perkebunan Teh Sukawana ini, namun terdapat sebuah masjid lengkap dengan toiletnya yang biasa digunakan oleh para pegawai perkebunan, sehingga anda tidak perlu bingung jika ingin buang air kecil atau buang air besar saat camping disini. Jika anda adalah seorang penggiat alam yang berkecimpung di dunia off road, anda pun bisa menikmati sensasi off road di hutan Sukawana dan berakhir di Cikole, Lembang.

Spot wisata di kebun teh sukawana
Ketika anda sudah berada di sini maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut:

Tea walk
Kegiatan yang bisa dilakukan di sini ada bisa mengelilingi sepuasnya dengan salah berjalan kaki melihat keindahan pemandangan wisata alam teh sukawana.

Melakukan camping
Ketika Anda ada di sini maka anda pun bebas melakukan kemping di mana untuk peralatannya bisa melakukan penyewaan.

Bersepeda Ria
Ketika anda berada di sini ada pun bisa mengelilingi sekitaran kebun teh sukawana dengan menyewa sepeda yang sudah ada.

kebun-teh-sukawana-ig-696x431

Kebun Teh Sukawana

RUTE DAN AKSES
Tidak perlu jauh – jauh mencari rute untuk dapat menikmati kegiatan di Perkebunan Teh Sukawana ini. Dari arah Bandung anda hanya perlu menuju ke arah Parongpong. Tidak jauh dari pertigaan Lembang – Parongpong, anda akan menemukan sebuah masjid besar di sebelah kanan dan tidak jauh dari sana terdapat sebuah jalan kecil yang berbatu. Masuklah ke jalan tersebut dan ikuti papan petunjuk menuju Perkebunan Teh Sukawana. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, mengingat kendaraan umum menuju area perkebunan masih sangat minim. Berminat untuk camping di tengah kebun teh?

Ayo ke Sukawana ! Let’s Find and Explore !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *