Sumatera Utara memang lebih dikenal dengan Danau Tobanya, walaupun sebenarnya kawasan ini punya sisi lain yang dapat memikat siapaun untuk mendatanginya. Kawasan tersebut layaknya sebuah surge yang keberadaannya sedikit tersembunyi. Letaknya di Kabupaten Karo, menjadikan provinsi yang beribukota Medan ini memiliki banyak pilihan destinasi. Sipiso piso Namanya, sebuah air terjun yang terlihat seperti patahan surge yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa untuk Sumatera Utara.

Sebenarnya, Kabupaten Karo sudah lama dikenal oleh masyarakat dan warga Singapura yang jaraknya tidak begitu jauh, sebagai destinasi eksotis yang layak untuk dikunjungi. Penasaran dengan pemandangan memukau air terjun Sipiso Piso? Langsung simak ulasannya di sini yuk!

Kecantikan Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun ini memiliki ketinggian air mencapao 120 meter, yang menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Jika dilihat dari kejauhan debit airnya yang deras turun dari atas tebing menuju ke bawah membuatnya terlihat seperti sebuah pisau. Seperti Namanya, dalam Bahasa Batak, piso berarti pisau.

Kawasan ini semakin nampak cantik dengan perpaduan hijau dari pepohonan yang tumbuh disekitar air terjun. Pemandangan seperti inilah yang mampu menyuci mata dan menenangkan jiwa yang selama ini sudah lelah dengan rutinitas yang ada.

Untuk menikmati keelokan air terjun Sipiso Piso, wisatawan yang datang memang harus turun ke bawah. Namun jangan khawatir, karena Kawasan wisata di Sumatera Utara ini sudah memiliki anak tangga untuk memudahkan wisatawan lebih dekat dengan air terjun.

Karena memiliki sekitar 500 anak tangga, sudah bisa dibayangkan kan gimana rasanya menuruni dan kembali naik dengan jumlah anak tangga yang sama. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh Kawasan ini mungkin sekitar 45 menit sampai 1 jam, tergantung seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mengambil nafas.

Destinasi wisata satu ini juga punya gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keanggunan air terjun dari sisi yang berbeda. Dari gardu pandang tersebut, kamu bukan saja disuguhi pemandangan air terjun Sipiso Piso, melainkan juga ada Danau Toba yang dapat juga kamu saksikan. Hhm pasti ciamik!

Karena itulah, banyak orang yang lebih memilih untuk menikmati kencantikan panoramanya dari atas gardu pandang dibanding harus turun langsung ke bawah air terjun. Waktu paling tepat untuk datang dan menikmati keindahannya adalah saat sore hari.

Walaupun harus mengeluarkan banyak keringat, namun sudah bisa dipastikan kalau semua lelah dan keringatmu akan terbayar lunas dengan pesona yang dimiliki oleh destinasi wisata alam Sumatera utara ini. Namun, ada satu hal yang sangat mengesankan, dimana adrenalinmu akan ditantang sejenak, karena di samping kana dan kiri Kawasan ini adalah jurang. Menerobos batas kekuatan diri dan mampu membuktikan untuk mengalahkannya adalah sebuah pencapaian yang menenangkan untuk diri sendiri. Jika tertarik, kamu bisa datang ketika musim kemarau karena airnya terlihat lebih jernih dibanding saat musim hujan.

Lokasi Air Terjun Sipiso Piso

Lokasi air terjun menawan ini berada di Kawasan Tonggiang, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kamu harus menempuh perjalanan 35 km dari Berastagi, atau 24 km jika dari Kebanjahe. Karena aksesnya yang mudah, kamu bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun menumpang angkutan umum. Kalau kamu menggunakan transportasi umum dari Medan, naiklah bus dan turun di Simpang Merek, selanjutnya perjalananmu harus dilanjutkan dengan ojek atau becak dengan waktu tempuh 3 jam.

Harga Tiket Air Terjun Sipiso Piso

Untuk menikmati Kawasan secantik ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, tentu ada tiket parkir yang harus di bayar, namun harganya tidak lebih dari Rp 10.000 kok.

Air terjun Sipiso Piso memang adalah sebuah pesona yang elok dan wajib untuk dikunjungi, setidaknya satu kali seumur hidup. Menikmati kecantikannya memang tidak seru kalau hanya sendirian, kamu bisa mengajak keluarga atau teman terdekatmu untuk sama-sama menyaksikan sendiri bagaimana memukaunya air terjun Sipiso Piso. Sekarang apalagi yang kamu tunggu? Jadwalkan keberangkatanmu yuk! Selamat Berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *