situ ciburuy

hei yo sobat cakrawala!

wisata alam di Bandung bisa dikatakan sangat beragam. Mulai dari gunung, tebing perbukitan, hutan, hingga danau. Salah satu danau wisata yang bisa menjadi pilihan rekreasi bisa ke Situ Ciburuy. Keindahan alam di situ ini dapat membius wisatawan hingga terasa tidak seperti di Indonesia.
Sebelumnya, kawasan wisata danau sering dijadikan tempat berkumpul dan menyelenggarakan acara oleh masyarakat. Namun, karena kurangnya perawatan, tempat ini mulai ditinggalkan dan terlihat tidak terurus. Namun, di tahun 2019 ini, pemerintah Kabupaten Bandung mulai menata kembali dan mempercantik area danau Ciburuy.

Harga Tiket Situ Ciburuy
Keindahan Situ Ciburuy dapat dinikmati dengan tiket masuk yang murah. Selain itu, tiket juga tidak dibedakan antara pengunjung dewasa maupun anak – anak.

Tiket masuk Rp7.500
Berperahu Rp15.000 – Rp75.000

Jam Buka
Tidak ada jam khusus untuk mengunjungi objek wisata ini. Namun, pengunjung disarankan untuk datang ketika pagi hingga sore hari saja. Sehingga masih dapat menikmati keindahan alam serta wahana yang tersedia.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Eksotisme Situ Ciburuy
1. menikmati keindahan

Situ artinya adalah danau, sementara Ciburuy merupakan nama desa. Awalnya, danau ini adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Pada 1918, lokasi bertemunya dua sungai ini dibendung dan airnya diatur untuk pengairan sawah.

Lambat laun, air di bendungan semakin tinggi dan menggenangi wilayah seluas 14 hektare ini. Karena berbentuk danau, masyarakat pun menamainya Situ Ciburuy. Sementara tanah tertinggi di tengah danau tidak tergenang dan membentuk pulau kecil.
Objek wisata ini begitu indah, air danau jernih dan dikelilingi dengan pepohonan. Membuatnya tampak asri dan menyejukkan dipandang, tentu udara di sekitar pun turut sejuk. Sesekali, bayangan pepohonan tampak di perairan yang seolah bercermin di jernihnya air danau.

2. Berperahu Mengelilingi Situ Ciburuy

Menghabiskan waktu di Situ Ciburuy dapat dilakukan dengan berkeliling di sekitarnya. Pengunjung dapat berjalan santai di tepi danau sambil menikmati indahnya pemandangan. Sesekali berfoto mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengelilingi danau dengan naik perahu. Duduk diatas perahu dengan santai, sambil menikmati semilir angin berpadu dengan hawa dingin air danau. Pemandangan yang ditampilkan pun akan jauh lebih indah.
Di tepi danau, banyak yang menyewakan perahu kayu untuk berkeliling. Harganya yang ditawarkan beragam namun rata-rata masih cukup terjangkau. Pengunjung juga dapat melakukan tawar menawar dengan pemilik perahu untuk harga sewanya.

Sejarah Dibalik Indahnya Situ Ciburuy
Selain Indah, objek wisata ini juga sarat akan nilai sejarah. Menurut sejarah, Situ Ciburuy dulunya merupakan peninggalan dari Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi yang terkenal akan kesaktian dan ajian macan putihnya.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai area pertarungan para jawara di Pulau Jawa. Yang mana terbentuk karena dua buah sungai yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Jadi, dapat dikatakan bahwa tempat ini memegang peran penting dalam acara yang bergengsi pada masanya.

Tradisi Lotre Sejak Tahun 1942
menangkap ikan
Masyarakat Menangkap Ikan di Danau. Foto: Gmap/cep budhi darma
Sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya di tahun 1942, Situ Ciburuy kerap dijadikan tempat menggelar acara. Acara yang diadakan di dekat danau ini ditujukan untuk upacara penolak bala. Biasanya, upacara ini digabungkan dengan tradisi menangkap ikan, yang dinamakan “Lotre”.

Selain itu, pertunjukan ini kerap kali ditambah dengan acara hiburan dan pertunjukan. Pertunjukan yang diadakan yaitu wayang golek, kendang pencak, dan ronggeng. Sayangnya, tradisi ini sudah jarang sekali digelar.

Keunikan lainnya adalah ikan yang ada di danau ini. Dimana ketika masyarakat setempat memancing atau menjala, akan mudah mendapatkan ikan. Sementara jika pendatang yang melakukannya, akan sangat sulit mendapatkan ikan.

Menikmati Kuliner Ikan Khas Situ
Di sekitar danau, terdapat warung makan yang menyediakan sajian khas danau. Tentunya sajian khas ikan hasil tangkapan danau. Ikannya segar dan pengunjung dapat memilih olahan masakan sesuai dengan keinginan.

Lokasi Situ Ciburuy
Danau ini berlokasi di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang. Kurang lebih 25 km dari pusat Kota Bandung. Atau sebagai penanda supaya mudah menemukan, lokasinya tidak jauh dari terminal Damri.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *