Dibanding dengan kuliner Indonesia lainnya, kuliner Jawa Timur adalah salah satu yang terkenal karena tingkat kepedasannya yang menggigit. Begitu banyak kuliner Jawa Timur yang populer antara lain rawon, sate madura, bakso malang, soto lamongan, pecel madiun, dan rujak cingur.
Namun, sebenarnya masih banyak jenis kuliner khas Jawa Timur yang tak kalah lezat. Sayangnya beberapa dari mereka hanya populer di daerahnya saja. Untuk itu, ketahui beberapa kuliner khas Jawa Timur wajib coba berikut ini.
Kare Rajungan


Jangan kira, kare hanya hidangan asal Jepang dan India. Indonesia juga punya hidangan kare. Uniknya lagi, kare ini tidak berbahan utama ayam atau daging kambing seperti kare pada umumnya, namun menggunakan rajungan atau kepiting berukuran kecil.
Hidangan ini berasal dari kota Tuban yang terletak di daerah pesisir Pantai Utara Jawa Timur. Selain kelezatannya, kare rajungan juga terkenal dengan rasa pedasnya. Bagaimana tidak, untuk membuat 1 liter kuah kare ini digunakan banyak cabai rawit merah.

Manyung

Satu lagi hidangan dari Tuban yakni manyung yang merupakan ikan manyung yang dimasak dengan kuah santan yang pedas. Karena terletak di pesisir pantai, maka daerah ini memang terkenal dengan hidangan seafoodnya yang beragam. Hidangan manyung sekilas mirip sup kepala ikan. Ikan manyung sendiri adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan dibuat menjadi ikan asin jambal roti.

Lontong Balap

Bisa dibilang, hidangan ilni merupakan ciri khas kota Surabaya. Lontong balap terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng dan lentho yang diberi bawang goreng, kecap dan sambal. Biasanya, lontong balap dihidangkan bersama dengan kuah dan beberapa tusuk sate kerang.

Sate Klopo

Tak banyak yang tahu menu kuliner ini. Ya, sate kelopo adalah sate daging sapi yang dikombinasikan dengan potongan daging buah kelapa. Bumbunya pun memakai bumbu kacang yang dicampur dengan kecap manis. Bisa dibayangkan rasa lezat daging sapi pasti berpadu nikmat dengan kelapa yang gurih. Sate ini awalnya berasal dari Pulau Madura dan biasa disantap seperti sate pada umumnya yakni bersama dengan lontong.

Bakso Bakar Malang


Kalau bakso Malang, Anda pasti sering menjumpainya. Namun, bagaimana dengan bakso bakar? Ya, kuliner ini memang terbilang belum lama muncul, tapi popularitasnya tidak kalah dengan dengan hidangan Jawa Timur lainnya.
Bakso bakar pertama kali diciptakan oleh pemiliki Warung Bakso Bakar Pak Man di Jalan Diponegoro, Malang dan karena kepopulerannya kemudian banyak bermunculan warung makan yang menjual hidangan ini. Bakso bakar sebenarnya hanya bakso Malang yang dibakar namun dikombinasikan dengan bumbu-bumbu. Cita rasa pedasnya pun membuat bakso bakar semakin spesial.

Ayam Lodho


Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, ayam lodho adalah hidangan yang mirip dengan opor ayam namun karena berasal dari Jawa Timur, ayam lodho bercita rasa super pedas. Bahkan saking pedasnya, beberapa tempat makan menyebutnya lodho setan. Tak hanya rasa pedasnya saja, keiistimewaan hidangan asal Tulungagung ini juga terletak pada bumbu rempah dan kuah santannya. Apalagi yang digunakan adalah ayam kampung.
Categories: Travel Tips

OLEMB · January 27, 2017 at 6:49 am

Suka kuliner, butuh destinasi. Bisa cari di wisata indonesia raya

grosir spon mandi murah · March 20, 2017 at 3:08 am

Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
http://grosirsponmandi.klikspo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *