Destinasi ini berupa kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Taman nasional ini dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, Pendidikan, ilmu pengetahuan, serta penunjang budaya, pariwisata, dan tentu saja sebagai tujuan rekreasi. Secara administratif, Taman Nasional Meru Betiri berada di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dan sebagian masuk ke dalam wilayah Kabupaten Jembet, Jawa Timur.

Fasilitas Dan Jam Buka Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri bisa kamu kunjungi mulai dari jam 08.00 sampai 17.00 dengan membayar  tiket masuk  Rp 2.000 bagi wisatawan lokal, sedangkan bagi wisatawan asing harus membayar Rp 150.000.

Untun menunjang kenyamanan wisatawan, pengelola taman nasional ini Sudha menyediakan fasilitas penunjang yang lumayan lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, toiler, kantin, mushola, hingga penginapan. Yang unik saat kamu memutuskan untuk menginap di sini adalah, bangunan penginapannya yang dibentuk seperti rumah panggung dari kayu. Tentu konstruksi tersebut menambah sensasi unik dan berbeda dari yang lain.

Aktivitas Menarik Di Taman Nasional Meru Betiri

Berkunjung ke suatu tempat, apalagi destinasi wisata alam seperti ini tentu menyajikan berbagai aktivitas menarik yang lebih menantang dan pastinya seru. Nah, apa saja ya yang bisa dilakukan di Taman Nasional Meru Betiri? Penasaran? Lihat daftarnya dulu yuk di bawah ini.

Menjelajah Hutan Tropis

Aktifitas seperti jugle trip atau jalan-jalan santai menyusuri hutan sambil menikmati kealamian panoramanya memang menjadi satu hal yang menyenangkan. Apalagi, kalau kamu berasal dari perkotaan, tentu merasakan langsung sensasi berada di tengah hutan seperti ini sangat jarang bisa kamu rasakan. Udaranya yang khas hutan hujan tropis tentu menghadirkan suasana berbeda yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Berjumpa Dengan Satwa Dan Tumbuhan Unik

Menikmati keindahan flora di Taman Nasional Meru Betiri yang beragam tentu dapat menjadi pengalaman yang unik. Aneka flora dan fauna hidup dan berkembang biak di taman nasional ini, beberapa jenis tumbuhan yang dapat kamu jumpai adalah pohon benda, pohon bakau, pohon rengas dan beberapa jenis tumbuhan lain yang pasti jarang kamu jumpai di tempat lain. Sedangkan satwa yang bisa kamu temui jika beruntung adalah kucing hutan, macan tutul, bajing terbang, banteng, rusa, dan merak yang tentu sangat dicari oleh wisatawan yang ingin menyaksikan langsung kecantikannya

Wisata Bahari Di Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri juga memiliki pantai perawan yang pasti sangat menyenangkan untuk dijelajahi. Beberapa pantainya yaitu Pantai Permisan Barat, Pantai Permisan Timur, Pantai Bandealit, dan Pantai Meru yang bisa dikunjungi wisatawan untuk bermain dan bersantai sambil menikmati guyuran ombak serta pasirnya yang lembut. Kalau soban cakrawala datang ke sini bersama keluarga, tentu pantai menjadi destinasi yang tidak boleh terlewatkan, karena anak-anak sudah pasti menyukai bermain air dan pasir di tepi pantai.

Surfing

Body surfing bisa menjadi sarana belajar berselancar di kawasan ini, kamu bisa belajar berselancar di kawasan Pantai Badealit. Ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan wisata belajar selancarmu terasa leih menyenangkan. Tapi, kalau kamuingin didampingi oleh mentor, jangan khawatir di sini ada juga kok. Pastinya mentor yang ada di sini sangat mahir dan professional.

Menyaksikan Penyu

Menyaksikan sendiri aktifitas penyu selama berada di kawasan pantai Taman Nasional Meru Beriti pasti menyanangkan. Hewan satu ini memang dibudidayakan oleh pengelola taman nasional dan ditangkarkan secara alami. Kamu bisa melihat penyu datang secara bergerombol dari darat menuju ke laut untuk berenang, maupun dari laut menuju ke darat untuk tujuan bertelur. Keberadaan penangkaran penyu ini dapat menjadi sarana yang bagus untuk menjaga penyu di Pulau Jawa khususnya di Taman Nasional Meru Beriti tetap lestari. Apalagi, di tengah banyaknya perburuan liar dan rusaknya habitat asli hewan-hewan liae seperti saat ini, melestarikannya tentu menjadi pilihan yang cukup bijak.

Itulah beberapa informasi menarik dari salah satu taman nasional di Pulau Jawa, yang lebih tepatnya berada di Jawa Timur. Penasaran dengan kealamiannya? Langsung aja jadwalkan keberangkatanmu untuk liburan seru di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur. Happy Holiday!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *