Hanami ialah budaya rekreasi warga Jepang sekalian menghargai mekarnya bunga sakura. Di Negeri Matahari Keluar itu, pohon sakura cuman memperlihatkan bunganya 1x dalam satu tahun. Di Indonesia juga rupanya ada bunga sakura yang menyengaja ditanamkan di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.

Beruntungnya, di sini bunga warna merah muda itu dapat dicicipi 2x dalam satu tahun! Tak perlu jauh ke Jepang, kan?

Ticket Masuk

Taman Sakura ada dalam teritori Kebun Raya Cibodas. Ticket masuk yang berjalan ialah ticket masuk Kebun Raya, sementara untuk berkunjung tamannya tidak dikenai ongkos tambahan. Ticket masuk ini berlaku untuk pelancong lokal atau asing dan pada hari biasa atau akhir minggu yakni harga tiketnya Rp16.500 Per-orang.

Jam Operasional

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas dibuka tiap hari kerja atau hari liburan. Waktu mekarnya bunga sakura ialah bulan Januari – Februari dan Agustus – September.

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Cibodas sebagai satu dari beberapa taman tematik yang berada di Kebun Raya Cibodas. Bunga sakura yang mempunyai nama latin Prunus cerasoides atau Cerasus cerasoides ini telah ditanamkan semenjak tahun 1963 di Kebun Raya Cibodas.

Tetapi, tamannya baru dibuat di tahun 2007 di lembah Cibogo dengan tempat selebar 7.000 mtr. persegi. Keserupaan cuaca, ketinggian, dan keadaan tanah membuat bunga warna merah jambu ini dapat mekar dengan prima di Indonesia.

Di Jepang, warga asli melangsungkan aktivitas hanami saat bunga sakura bermekaran. Aktivitas ini berbentuk berkumpul sama atau rekreasi yang umumnya dibarengi acara makan- dan minum. Sementara di Indonesia, mekarnya bunga sakura di KR Cibodas dapat dihargai dengan bermacam rutinitas.

Rekreasi

Seperti hanami di Jepang, pengunjung Kebun Raya Cibodas yang ingin nikmati keelokan bunga sakura yang mekar di Taman Sakura bisa juga melangsungkan rekreasi. Di seputar tumbuhnya bunga sakura, ada tempat rumput terbuka yang dapat digunakan untuk berekreasi.

Pengunjung dapat bawa makanan sendiri dan menikmatinya di bawah bunga sakura mekar, namun tetap menjaga lingkungan dengan buang sampah di tempatnya. Bunga ini mekar di Indonesia di bulan Januari – Februari dan Agustus – September. Waktu mekarnya cuman sepanjang empat hari dan cuman memerlukan waktu 1 minggu sampai luruh. Tulis waktu mekarnya, ya!

Bermain Air

Tanaman sakura di KR Cibodas tumbuh di sejauh saluran sungai kecil. Sungai sama air yang jernih ini dihias batu-batuan besar yang bersebaran disekelilingnya, membuat panorama Taman Sakura makin bagus dan menarik. Antiknya, air sungai yang dari curug kecil ini mengairi jalan sebagai lajur kendaraan. Jalan yang ‘dibanjiri’ air ini dikenali bernama “Jalan Air”.

Pengunjung dapat bebas bermain air di sungai atau di jalan air. Rutinitas ini benar-benar disukai khususnya oleh kelompok beberapa anak. Untuk yang ingin bermain air atau berpose di jalan air, harus tetap waspada supaya tidak merintangi kendaraan yang melalui. Sekalian nikmati segarnya air yang mengucur, pengunjung akan disajikan oleh panorama bunga sakura yang mekar di ranting-ranting pohonnya.

Memburu Photo dan Selfie

Bunga sakura terhitung bunga yang jarang-jarang di Indonesia. Selain memerlukan perawatan yang khusus, periode mekarnya bunga ini terhitung pendek, yakni seputar 4 – 7 hari saja. Ini juga bergantung cuaca, karena bila terjadi hujan, bunga-bunganya akan berguguran dengan gampang.

Karena itu, peristiwa mekarnya bunga sakura di Indonesia benar-benar mengundang minat banyak pelancong lokal atau asing. Beberapa pengunjung yang manfaatkan peristiwa ini dengan menyengaja berpose atau memburu selfie dengan latar bunga sakura yang mekar. Panorama ini mendatangkan sedikit ‘rasa Jepang’ dalam beberapa foto yang diambil.

Curug Cibogo

Tidak jauh dari posisi Taman Sakura, ada sebuah curug setinggi 8 mtr.. Curug namanya Curug Cibogo ini jadi daya magnet yang lain untuk pengunjung yang tiba ke Kebun Raya Cibodas. Sesudah senang menyaksikan sakura mekar di taman wisata ini, pengunjung dapat meluangkan untuk ke curug ini. Walau tidak berapa tinggi, tetapi airnya jernih dan fresh, membuat kerasan siapa saja yang bermain di sini.

Sarana Taman Sakura Cibodas

Kebun Raya Cibodas sebagai tempat posisi Taman Sakura diperlengkapi sarana tempat parkir, pusat info, tempat bermain beberapa anak, masjid, kantin, dan toilet. Ada pula pendopo dan teater alam terbuka yang dapat digunakan oleh warga. Pengunjung yang ingin menginap bisa juga rasakan pengalaman kemping di tempat perkemahan selebar 3 hektar di Kebun Raya Cibodas.

Posisi Taman Sakura Cibodas

Taman Sakura berada dalam teritori Kebun Raya Cibodas, Cianjur. Infromasi selanjutnya silahkan mengontak no telpon KR Cibodas di 0263-520448 / 511385 atau Account Media Sosial: KRCibodasLIPI (FB), krcibodas_lipi (Instagram), @KRCibodas (Twitter).

Jalur yang dapat dilewati adalah jalan raya Bogor – Pucuk – Cianjur untuk pelancong yang tiba dari arah Jakarta. Di persimpangan Cimacan, ada panduan jalan yang dapat dituruti untuk ke arah tempat ini. Juga bisa menggunaan transportasi umum jalur Cipanas – Rarahan – Cibodas dari persimpangan Cimacan atau Pasar Cipanas.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.