Saat menginjakkan kaki di Bakauheni, yang terlintas dibenak kita pasti sebuah pelabuhan penyebrangan yang super sibuk. Atau mungkin Menara Sigernya yang menumental, namun terlepas dari hal tersebut, ternyata wilayah yang terkenal dengan pelabuhan kapalnya ini menyimpan potensi alam yang luar biasa. Kondisi alamnya yang berupa pegunungan, bukit, dan garis pantainya nampak elok bak sebuah lukisan alam yang indah. Salah satunya Pantai Tanjung Tuha yang terletak di Lampung Selatan.

Destinasi wisata alam di Lampung ini memang belum seterkenal pantai lain seperti Pantai Laguna, Pulau Mengkudu, atau Grand Elty yang ada di Lampung Selatan. Namun, wisata pantai yang satu ini juga punya eksotisme keindahan yang tak kalah dengan destinasi populer lainnya.

Kalau kamu tertarik atau penasaran ingin segera mendatanginya, langsung saja menuju ke Kecamtan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Jika dilihat sepintas air laut di sini nampak sangat biru dan jernih.

Keunggulan lain dari pantai ini yaitu, banyaknya biota laut yang hidup di dalamnya. Sehingga tempat ini juga dikenal sebagai salah satu spot memancing yang menarik bagi masyarakat di sekitarnya. Karena pamornya yang makin meningkat, kini Pantai Tanjung Tuha pun dikelola menjadi sebuah objek wisata.

Akses Lokasi Pantai Tanjung Tuha

Sebenarnya pantai ini terletak tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, yaitu hanya sekitar 30 menit saja. Kamu bisa langsung memacu kendaraan menuju ke arah Bandar Lampung hingga sampai di POM bensin dan belok kea rah kiri. Lanjutkan perjalanan dengann mengikuti rambu atau papan petunjuk arah yang tersedia.

Kalau kamu datang dari Bandar Lampung, setidaknya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di Bakauheni kemudian menemui POM bensin. Dari papan petunjuk tersebut kamu masih harus meneruskan perjalanan kurang lebih 7 km. Kalau kamu datang menggunakan kendaraan beroda empat, sepertinya harus ekstra hati-hati ya, karena jalannya yang menyempit dan terjal. Agar bisa sampai di pantai, kamu harus berjalan sekitar 20 menit terlebih dahulu. Tapi tenang saja karena kondisi jalannya yang sudah bagus dan nyaman untuk diakses wisatawan.

Keunikan Pantai Tanjung Tuha

Layaknya destinasi wisata pantai lainnya, Pantai Tanjung Tuha juga punya keunikannya sendiri dibanding dengan objek wisata pantai lainnya. Saat berjalan menuju ke pantai, kamu akan menyaksikan perpaduan antara perkebunan jagung dan panorama laut yang nampak biru nan memukau.

Disajikan panorama seperti itu tentu rasa lelah akan sirna dan diganti dengan decak kagum karena terhibur oleh keindahan alam. Sesampainya di pantai pun kamu akan disuguhi karya sang Maha Pencipta yang tiada duanya. Perpaduan antara perkebunan, bukit, pantai, dan bebatuan menghasilkan sebuah harmoni alam pantai yang tidak akan ada habisnya untuk dikagumi. Kamu juga bisa menyaksikan gugusan pulau Krakatau dan pulau Sebesi yang berada di seberang lautan.

Di pantai ini juga banyak spot untuk berfoto yang pastinya super keren. Kamu bisa mencoba naik ke atas tower untuk mendapat latar belakang foto yang lebih luas. Pemandangan pantai yang terlihat jelas dari ketinggian menjadi suguhan menarik yang dimiliki oleh objek wisata satu ini. Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan saat hendak naik ke atas tower. Yaitu, kamu harus bersabar dan mau mengantri dengan pengunjung lain demi kenyamanan dan tentunya keselamatan.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati sajian menarik dari destinasi wisata Pantai Tanjung Tuha ini tiap pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk masuk ke pantai, dan 15 ribu rupiah untuk naik ke atas tower. Untuk harganya sendiri masih bisa berubah sewaktu-waktu ya, tergantung dari waktu liburan.

Nah, sekarang liburan ke Pulau Sumatera tidak bingung lagi kan mau kemana? Tidka jauh dari pelabuhannya pun sudah ada objek wisata menarik yang siap menyambut para pelancong yang datang. Kamu punya pengalaman seru liburan di Sumatera? Destinasi wisata mana saja yang pernah kamu kunjungi di Pulau Sumatera? Share dulu yuk di kolom komentar di bawah ini!

Pembaca Juga Mencari Info:


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *