Layaknya sebuah surga yang tersembunyi, siapapun yang datang pasti akan disambut dengan air laut yang memiliki gradasi biru kehijauan. Airnya yang jernih membuat ikan-ikan dan terumbu karang dapat terlihat jelas. Perairan Teluk Kiluan yan kaya ikan membuatnya menjadi lokasi ideal bagi para pemancing handal untuk berburu mangsa.

Perairannya yang subur membuat terumbu karang dapat tumbuh dengan baik, hal tersebut juga yang membuatnya memiliki spot diving dangkal dengan pemandangan yang tak mau kalah cantiknya. Selain teluk yang indah, di lepas pantainya juga ada pulau kecil yang menantang untuk didatangi. Pulau tersebut mengundang siapapun untuk menjelajahi permukaannya maupun menyelami kecantikan bawah airnya.

Lokasi, Harga Tiket, Dan Fasilitas Teluk Kiluan

Teluk Kuluan berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Tertarik liburan ke tempat ini? Siapkan saja uang sebesar Rp 5.000 untuk membeli tiket masuk, kalau ingin mencapai pulau di lepas pantai, ada biaya tambahan untuk naik taxi perahu, gak mahal kok Cuma Rp 15.000 per orang.

Untuk fasilitas di tempat ini sendiri ada penginapan sederhana seperti cottage yang bangunannya terbuat dari kayu. Beberapa penduduk sekitar juga banyak yang menyewakan kamar atau rumahnya kepada wisatawan yang ingin menginap dengan konsep homestay.

Aktivitas Wisata Di Teluk Kiluan

Menikmati suara deburan ombak sambil bersantai diterpa semilir angin tentu menjadi satu hal yang diimpikan oleh banyak traveler. Tapi, selain menikmati suasana pantainya, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika berada di Teluk Kiluan. Apa saja? Simak di bawah ini yuk!

Melihat Gerombolan Lumba-lumba

Atraksi sekumpulan lumba-lumba yang terkadang tidak bisa dihitung berapa jumlahnya inilah yang menjadi keistimewaan lain dari Teluk Kiluan. Kalau biasanya kamu hanya bisa melihat atraksi lumba-lumba di kebun binatang atau melihatnya di aquarium, beda halnya dengan di Teluk Kiluan. Karena di sini kamu bisa melihat hewan menggemaskan ini melesat, menari, dan saling bekerjaran di antara perahumu di laut lepas.

Tentu hal ini bisa menjadi pengalaman yang sulit untuk kamu lupakan, dimana lagi kan kita bisa berdekatan dengan hewan mamalia laut ini di habitat aslinya. Di teluk ini ada dua jenis lumpa-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol yang memiliki ciri khas badannya lebih besar, berwarna abu-abu, dan dia ini pemalu loh. Sedangkan spesies kedua adalah lumba-lumba paru panjang yang tubuhnya lebih kecil dan senang sekali melompat. Dari atas perahu kamu bisa melihat kawanan lumba-lumba yang menari dan menyelam bebas di bawah laut. Seru!

Kedua jenis lumba-lumba tersebut sudah cukup akrab kok dengan keberadaan manusia. Jadi mereka tidak sungkan-sungkan untuk mendekati perahu yang tengah melintas. Konon, populasi lumba-lumba di Teluk Kiluan ini adalah yang terbesar di Asia, bahkan juga dunia loh.

Berenang Di Laguna

Satu lagi yang membuat Teluk Kiluan istimewa, yaitu adanya sebuah laguna bernama Laguna Gayau. Laguna ini sering dianggap sebagai kolam alami yang letaknya berada di balik bukit. Bagi kebanyakan wisatawan, berkunjung ke Laguna Gayau adalah sebuah kewajiban.

Meskipun sering dinomor duakan, tapi destinasi yang satu ini tidak kalah menariknya loh, “kolam renang” raksasa dengan airnya yang nampak sangat biru terbentuk oleh kontur bebatuan yang membuatnya nampak menantang nan eksotik. Lubang pada batu karangnya sendiri berukuran lebih dari lima meter.

Snorkeling

Spot terbaik untuk snorkeling di sini berada di dekat Pulau Kelapa yang bisa dicapai dengan berperahu sekitar 15 menit dari Teluk Kiluan. Letaknya yang berada dekat dengan bibir pantai menjadikannya sangat dangkal. Sehingga seringkali orang yang tidak mahir berenang menginjak terumbu karang di sini.

Spot snorkeling di sini dihuni oleh aneka jenis ikan, dan ada banyak sekali bintang laut berwarna biru. Kalau kamu snorkeling di sini, pastikan untuk waspada ya, karena kalau ombak besar akan menghempas dan menabrakkanmu ke terumbu karang. Bukan saja badan yang akan tergores karang, tapi terumbu-terumbu karang tersebut juga akan rusak.

Seru sekali kan liburan di tempat yang masih sunyi namun memiliki pesona yang rupawan seperti Teluk Kiluan ini? Tunggu apalagi? Agendakan liburanmu sekarang yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *