Sudah bosan terlalu lama berdiam diri di omah? Mungkin beberapa tips liburan ada di masa pandemi yang akan kita bahas kali ini akan benar-benar membantu.

Dalam rangka berakhirnya bulan Oktober di tahun 2020 ini, masyarakat akan disambut dengan liburan panjang yang menyenangkan.

Walaupun ada di liburan kali ini engkau belum bisa bebas bepergian karena pandemi Corona Covid-19 yang belum menuju titik terang, anda tetap bisa menikmati liburan bersama orang tercinta kok, asalkan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Saat ini, rasa suntuk akan rutinitas mungkin telah dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat, melihat bahwa keterbatasan aktivitas dan mobilitas telah kita hadapi sejak awal tahun 2020.

Walau begitu, kamu tetap bisa berlibur dan refreshing kok, sekaligus mendatangkan balik energi positif dalam diri, yaitu merupakan dengan mengikuti tips liburan ada di masa pandemi yang akan kita bahas ini.

Mungkin gak sih kita tetap bisa menikmati liburan ada di tengah pandemi seperti saat ini? Biar gak penasaran, ikuti saja pembahasan kita kali ini!

Tips Liburan ada di Masa Pandemi

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tips liburan ada di masa pandemi yang bisa kamu lakukan ada di saat liburan panjang yang akan datang beberapa hari lagi, yaitu merupakan:

1. Cari Tempat Wisata yang Aman

Mencari tempat wisata yang aman merupakan tips liburan ada di masa pandemi yang pertama harus kamu ketahui.
Di saat seperti ini, engkau ga bisa menggunakan prinsip “mengikuti kemana langkah kaki pergi”.

Hal hal yang demikian disebabkan karena pandemi Covid-19 yang belum terlihat akan segera mereda, sehingga seluruh aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dibatasi oleh pemerintah.

Oleh karena itu, engkau harus memastikan destinasi yang mau dituju sejak jauh-jauh hari, agar kamu juga masih punya banyak waktu untuk melaksanakan persiapan.

Selain itu, pastikan pula bahwa destinasi hal yang demikian telah dibuka oleh umum, jauh dari hiruk pikuk, serta ngga ada dalam zona merah Corona.

2. Cari Tahu Protokol Kesehatan yang Diberlakukan di Destinasi Tujuan

Tips liburan ada di masa pandemi yang kita bahas selanjutnya yaitu, anda harus mencari tahu protokol kesehatan yang tengah diberlakukan ada di destinasi tujuan sebelum memutuskan.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa destinasi wisata yang memberlakukan protokol kesehatan yang berbeda.
Maka dari itu, agar rencana liburan tetap bisa berjalan dengan lancar, cari tahu terlebih dahulu protokol kesehatan yang terdapat ada di destinasi wisata yang kamu tuju, mulai dari jam operasional, pembatasan jumlah pengunjung, peralatan yang harus dibawa, dan lain-lain.

3. Berlibur di Dalam Kota

Walaupun penerbangan dan perjalanan luar kota sudah bisa dijalankan, bukan berarti engkau bisa segera memanfaatkannya begitu saja.

Untuk saat ini, penerbangan ataupun perjalanan luar kota masih dianggap riskan, karena penularan virus Corona ada di Indonesia yang dianggap masih belum adanya penurunan yang signifikan.

Nah, agar aman, anda tetap bisa kok mencari destinasi liburan di dalam kota. Selain lebih aman, liburan ada di dalam kota juga relatif bisa menjauhimu dari keramaian yang tak diinginkan.

Dengan liburan ada di dalam kota, kamu akan lebih familiar dengan destinasi-destinasi wisata, sehingga akan lebih mempermudah anda dalam memilih destinasi yang diinginkan.

Ga hanya itu, apabila satu destinasi terlihat penuh, anda masih mempunyai opsi lainnya yang bisa dijadikan pilihan.
Sementara itu, bepergian jarak jauh justru membutuhkan keyakinan dan kepentingan yang kuat, karena kamu belum terlalu familiar dengan lokasi-lokasinya.

Ditambah lagi, bahwa mungkin belum banyak destinasi wisata yang mulai beroperasi ada di tengah pandemi.

4. Berlibur dengan Anggota Keluarga Serumah

Seandainya kamu ngga berkeinginan menghabiskan liburan seorang diri, pergi berlibur dengan anggota keluarga satu rumah bisa dijadikan pilihan, karena dinilai lebih aman dan nyaman, dibandingkan pergi bersama teman.

Sebab, apabila kita pergi dengan orang lain yang ga serumah, kita ga tahu sejarah ia bepergian dan berinteraksi dengan siapa saja.

Oleh karena itu, disarankan liburan lah hanya dengan orang yang tinggal ada di dalam satu omah denganmu.

5. Menggunakan Mobil Pribadi

Tips liburan ada di masa pandemi selanjutnya adalah, gunakan mobil pribadi ketika bepergian. Karena, mobil pribadi dianggap lebih aman, dibandingkan moda transportasi awam lainnya.

Walaupun saat ini telah diberlakukannya pembatasan penumpang, tetap saja modal transportasi biasa akan dimasuki oleh banyak orang di dalam satu letak, dan bukan hanya keluargamu saja. Sehingga, hal ini dinilai berpotensi tinggi untuk menyebarkan virus dengan mudah dan cepat.

6. Teliti Sebelum Melaksanakan Reservasi Wisma

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, sebenarnya industri perhotelan telah menyadari bahwa mungkin akan banyak orang yang enggan berwisata karena takut tertular virus.

Walau begitu, saat ini sepertinya telah banyak hotel-hotel yang mulai kembali membuka bisnis mereka sembari mengikuti protokol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

Beberapa diantaranya malahan telah membuat sebuah laporan khusus pada situs resmi yang menginformasikan kepada calon pengunjung upaya untuk pencegahan penularan virus Corona.

7. Staycation di Hotel

Masih berlanjut dari poin sebelumnya, staycation ada di apartemen bisa dijadikan sebagai pilihan liburan yang tepat lho, ada di tengah pandemi seperti saat ini.

Engkau gak perlu repot mencari destinasi-destinasi wisata yang jauh dari keramaian, cukup menikmati fasilitas yang terdapat ada di apartemen letak engkau menginap.

Ditambah lagi, ngga perlu diragukan bahwa pihak apartemen akan selalu menjaga kehigienisan lokasi-lokasi mereka, dengan pengunjung yang amat dibatasi dengan amat ketat.

Staycation ini bisa engkau lakukan seorang diri sebagai bentuk ‘solo traveling’ maupun menikmatinya bersama anggota keluarga serumah.

8. Membuat Daftar Perlengkapan Traveling yang Harus Dibawa

Tips liburan ada di masa pandemi selanjutnya yaitu, dengan membuat daftar perlengkapan traveling yang harus dibawa.

Pastikan bahwa kamu telah membawa sejumlah perlengkapan penting yang dianjurkan di dalam protokol kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan tisu disinfektan dengan kadar alkohol 70 persen.

Selain itu, perhitungkan pula perlengkapan yang engkau bawa dengan jangka waktu liburan, agar perlengkapan tetap dalam jumlah yang cukup sehingga anda gak perlu lagi repot mencari minimarket bagi membeli stock yang habis.

9. Selalu Waspada

Nah, tips liburan ada di masa pandemi yang akan kita bahas terakhir dan gak kalah pentingnya adalah, untuk selalu waspada dimanapun anda ada.

Terutama seandainya kamu tengah bertempat ada di letak dan fasilitas biasa, engkau akan berhadapan dengan orang-orang yang mungkin berpotensi untuk menyebarkan virus, walaupun dari orang yang ngga punya gejala apapun.

Jadi, andaikata kamu termasuk seseorang yang telah berumur dan mempunyai penyakit penyerta, alangkah baiknya kalau pertimbangkan balik bagi bepergian ke luar omah.

Tetapi, seandainya kamu justru generasi muda yang masih tinggal satu omah dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya yang sudah berumur, juga alangkah lebih baik seandainya tetap berdiam ada di rumah.

Karena, kamu berpotensi menyebarkan virus kepada orang-orang tercinta tanpa mempunyai gejala. Jadi, yuk tahan dulu liburannya untuk melindungi anggota keluarga yang sangat engkau cintai.

Tetapi, kamu juga tetap bisa kok liburan ada di saat pandemi, semasa mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.