Mau Berwisata ke Pulau Tidung? Baca ini Dulu, Panduan Lengkap!

Wisata Pulau Tidung – Pulau Tidung adalah salah satu dari gugusan Pulau Wisata Bahari yang berada di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta. Karena keindahan alam bawah lautnya serta keramahan penduduk sekitar, menjadikan pulau ini banyak dikujungi baik oleh wisatawan lokal maupun asing.
Selain itu, letaknya juga sangat strategis (hanya 2 jam dari Muara Angke, Jakarta), jadi wisatawan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menikmati wisata pulau tidung dengan keindahannya yang sangat eksotis.
pulau tidung
Transportasi ke Pulau Tidung
Anda dapat berangkat berlibur ke Pulau Tidung dengan dua cara. Pertama menggunakan kapal KM Kerapu (atau yang biasanya disebut kapal nelayan) dan dapat menggunakan kapal cepat (speedboot). Kapal Nelayan, Pulau Tidung

Kapal KM Kerapu bisa dinaiki dari Muara Angke dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Harga sekali jalannya adalah Rp 33.000,-. Sedangkan kapal cepat dapat dinaiki dari Marina Ancol dan hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. Harga sekali jalan adalah Rp 100.000,-.



Disarankan bila ada mudah mabuk laut, sebaiknya sarapan terlebih dahulu dan minum obat anti mabuk. Dan apabila Anda tergolong mudah sekali mabuk, menggunakan kapal cepat adalah salah satu jalan terbaik, karena biarpun mahal, kualitas dalam kapal jauh lebih baik dibandingkan kapal KM Kerapu.

Penginapan di Pulau Tidung
Seluruh penginapan (homestay) di Pulau Tidung adalah rumah masyarakat asli Pulau Tidung. Mereka membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan saat ini seluruhnya telah memiliki fasilitas AC, kamar mandi dalam, televisi dan kulkas.

Penginapan di Pulau Tidung
Harga yang dipasang setiap penginapan tidaklah sama, tergantung dari jumlah orang yang akan menginap dan fasilitas apa yang akan digunakan. Rata-rata harganya sekitar Rp 300.000 ,- hingga Rp 400.000,- per malam. Disarankan untuk segera membooking tempat jauh-jauh hari sebelum berlibur dikarenakan sering sekali tempat tersebut penuh di akhir pekan. Anda tentu tidak mau kan berlibur tapi tidak memiliki penginapan?

Beberapa penginapan juga menyediakan makan untuk seluruh peserta berikut dengan acara barbeque di malam harinya. Tuan rumah juga terkadang menjadi tour guide wisatawan yang menginap di penginapan tersebut. Tidak jarang penginapan juga menyewakan sepeda untuk berkeliling di Pulau Tidung.

Sekilas Tentang Objek Wisata Pulau Tidung
Yang menjadi tempat wisata Pulau Tidung adalah Tidung Kecil. Disini Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkling. Tidak hanya Tidung Kecil, Anda juga akan dibawa ke Pulau Besar, dimana para wisatawan akan diajak memberi makan ikan-ikan laut.

Jembatan Cinta
Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Indonesia
Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat. Jembatan Cinta adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi para wisatawan.

Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak.

Di penghujung jembatan, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Tidung,_Kepulauan_Seribu_Selatan,_Kepulauan_Seribu)

Bersepeda Sore
Sunset di Pulau Tidung
Di sore hari Anda dapat mengelilingi Pulau Tidung dengan bersepeda. Tidak perlu khawatir, karena disana ada tempat penyewaan sepeda dengan harga yang relatif terjangkau. Pemandangan di Pulau Tidung masih cukup asri dan memukau, apalagi dinikmati saat sore hari menjelang sunset. WOW!

Barbeque
Acara yang paling ditunggu oleh wisatawan adalah barbeque time di malam hari. Disini Anda akan menikmati suasana pantai malam hari ditemani dengan api unggun dan berbagai jenis hidangan laut bakar (tergantung pesanan Anda) dan dijamin Anda tidak akan kekurangan makanan karena hidangan laut yang disediakan melimpah dan masih segar. Hal yang jarang ditemukan di Jakarta, hidangan segar, murah dan banyak sekaligus.

Snack dan souvenir
Oleh-oleh, ya, kalo liburan tanpa bawa oleh-oleh, rasanya kurang pas. Oleh-oleh khas dari Pulau Tidung pada umumnya adalah manisan rumput laut dan keripik sukun. Harganya masih relatif murah dan banyak varian.

Untuk souvenir, Anda dapat membeli kerajinan tangan dari kerang dan kaos dengan design orang Tidung asli. Kerajinan tangan yang dijual cukup beragam, mulai dari gelang, kalung hingga pajangan.

Fasilitas Lain di Pulau Tidung
Internet dan Sinyal telepon
Dikarenakan Pulau Tidung jauh dari Jakarta dan masih terbatasnya tower telepon disini, yang menjadi andalan untuk sinyal saat ini hanyalah sinyal Telkomsel dan sinyal Mentari saja. Diluar dua operator tersebut, sinyal belum dapat terditeksi. Oleh sebab itu, bawalah salah satu kartu operator tersebut, barang kali anda ingin mengabari kerabat atau teman anda tentang liburan anda.

ATM
Tidak perlu kuatir untuk berlibur di Pulau Tidung. Saat ini Pemerintahan Pulau Tidung telah menyediakan ATM untuk seluruh wisatawan. ATM ini dapat menggunakan ATM Bersama sehingga tidak perlu khawatir kehabisan dana saat berlibur di Pulau Tidung. Namun mengingat terbatasnya ATM yang ada di Pulau Tidung dan banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Tidung, disarankan agar anda membawa uang tunai lebih saat berlibur.

===>>>888<<<===

So, gag sabar pengen segera liburan ke Pulau Tidung yang cantik ini? Persiapkan dengan matang, kamera dan charger jangan sampai ketinggalan, hehe.

Bagi Anda yang tidak mau repot dan ingin menggunakan jasa agen wisata (travel agent), pada tulisan berikutnya kami akan informasikan bagaimana tips memilih paket wisata Pulau Tidung yang berkualitas, dengan budget terbatas.

Selamat berlibur. ūüėČ

mengunjungi Pulau Tidung yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk menuju Pulau Tidung ini dari Pelabuhan Muara Angke, dan 1,5 jam dari marina Ancol.Pulau Tidung memiliki  dua pulau yaitu pulau tidung kecil dan pulau tidung besar, yang mulai banyak di minati pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya.

Dengan vegetasi yang masih asli, Pulau Tidung ini menawarkan berbagai keindahan yang patut anda nikmati. Lautnya yang jernih berhiasakan batu karang yang berwarna-warni membuat pulau ini menjadi tujuan utama para pencinta snokeling. Selain dapat melihat indahnya pemandangan, Anda juga dapat melihat hutan mangrov. Dari Marina Ancol, pulau ini dapat ditempuh 1 jam dengan speedboat,dan bila anda brangkat dari muara angke bisa di tempu 2,5 jam. Nuansa alam begitu terasa di pulau tidung berkat banyaknya pepohonan layaknya hutan namun tetap tertata rapi. Hal inilah yang membuat pulau ini menjadi incaran para turis local dan mancanegara untuk berlibur.Jika Anda memutuskan untuk menginap maka, Anda akan menginap di homestay yang di kelola oleh masyarakat sendiri,ada juga penginapan yang menghadap ke laut. Sehingga diberi nama penginapan vie pantai. Dari peninapan ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. anda bisa menikmati angin laut dan birunya air laut serta bisa bermain di pantai sekitar penginapan tepi pantai tersebut.

Pulau Tidung ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil,sedangkan pulau tidung kecil yang tidak berpenghuni,hanya ada hutan mangrove yang di kelolala oleh pemerintah untuk menjaga kesimbangan alam sekitar pulau tidung besar dan pulau tidung kecil.Demi menjaga kenyaman dan kepuasan para pengunjung yang berliburke pulau tidung, maka anda akan menemukan adanya watersport seperti banana boat, jet ski, maupun kano. Ada juga penyewaan peralatan snorkeling dan diving. Jangkauan diving di Pulau Tidung ini cukup luas. Harganya pun berbeda-beda seperti DPL, area di sekitar tidung  kecil, dan beberapa area lagi untuk diving. Anda juga bisa ber snorkeling di area jembatan cinta .

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu memang sangat terjaga keasriannya sehingga siapapun yang berkunjung ke pulau ini, pasti ingin kembali lagi. Sekedar tips untuk berlibur ke pulau ini, sebaiknya pilihlah pakaian berbahan katun agar dapat menyerap keringat karena cuaca pulau yang panas tentu akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Selain itu, gunakan baju berwarna cerah agar tidak menyerap cahaya matahari secara berlebihan

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *