Hai Traveller.. Ingin bertravelling ke tempat wisata air yang mempunyai sensasi berbeda ? Ini dia tempatnya , yapp, di Umbul Ponggok . Umbul Ponggok merupakan tempat wisata air yang lagi ngehits bingits di Klaten. 
Buat para travellers, apalagi yang suka snorkeling, wajib datang ke tempat wisata di Klaten yang satu ini. Di kolam yang memiliki kedalaman sekitar 2,6 meter ini, kamu dapat ber-snorkeling tanpa harus takut terbawa arus gelombang. Itu sebabnya tempat ini kerap sekali dijadikan tempat latihan untuk diving.
 
Umbul Ponggok adalah tempat wisata air tawar yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut. Nah lho, kok bisa?Seperti namanya, Umbul yang berarti mata air dan Ponggok adalah nama sebuah desa. Itu sebabnya tempat wisata air ini diberi nama Umbul Ponggok karena berada di desa Ponggok.
 
Ini dia yang dapat kamu nikmati jika berwisata ke Umbul Ponggok Klaten. Apa saja itu? Yuk scroll ke bawah. Hihi

Kualitas Air Yang Jernih

Untuk urusan kualitas air di Umbul Ponggok, tak usah diragukan lagi. Mengapa? Karena desa Ponggok memang terkenal akan kejernihan sumber mata airnya. Dengan kualitas air yang jernih serta mata air yang mengalir, kamu tak usah khawatir akan gatal-gatal seusai berenang disini. Bahkan beningnya air serta cantiknya ikan, mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung kesini tak segan untuk menceburkan diri ke kolam.

Panorama Yang Indah

Panorama alam bawah laut yang cantik nan mempesona bisa kamu nikmati disini. Lho kok bisa? Katanya wisata air tawar? Ya bisa dong. Pengelola sengaja mendesign dasar kolam ini layaknya dasar laut pantai terindah di Indonesia. Pasir putih di dasar kolam serta ikan hias sehingga benar-benar nyata seperti di dasar laut. Tak hanya area kolamnya yang indah, lingkungan pedesaannya pun begitu indah nan asri menambah kesan nyaman serta fresh saat berada disini.

Snorkeling Di Air Tawar

Jika biasanya kamu snorkeling di pantai atau laut, kini kamu tak usah jauh-jauh pergi ke pantai, cukup pergi saja ke Umbul Ponggok Klaten. Disitu kamu bisa menikmati serta berinteraksi langsung dengan cantiknya ikan hias dengan kolam yang beralaskan pasir putih. Wuuuhh  pengalaman yang unik dan menarik pastinya.Selain snorkeling, kamu juga bisa diving atau sekedar berenang juga bisa kok. Pokoknya kamu bakal menikmati sensasi yang berbeda. Hoalah jadi kepengen menyelam, menyelami hati kamu *ehh
 

Underwater Photography

Ini dia yang menarik para pengunjung yakni underwater photography atau foto bawah air. Bukan foto sambil bawa air yak tapi foto di bawah air. Di Umbul Ponggok kamu bakal take foto di bawah air dengan konsep sesuai yang kamu inginkan. Mau foto bareng pasangan, bareng teman satu genk bisa. Yang jomblo dan gak punya teman bisa foto sama ikan dan batu batuan biar gak merana banget. wkwk
Untuk konsep fotonya berfariasi. Ada yang foto dengan mengendarai sepeda motor, sepeda, ada yang duduk manis sambil baca buku. Foto ala-ala camping. Banyak deh pokoknya.
Di Umbul Ponggok menyediakan foto prewed juga lhooooo…..

Daftar Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok 2016
  • Tiket masuk kawasan wisata Unggul Ponggok = Rp. 15.000
  • Sewa snorkeling set = Rp. 13.000
  • Sewa kaki katak (fins) = Rp. 7.000
  • Sewa pelampung = Rp. 7.000
  • Pelampung anak = Rp. 5.000
  • Sewa Kamera underwater = Rp. 100k/jam
  • Ganti baju = 1.000
  • Mandi = 2.000
Note: untuk penyewaan kamera, hanya menerima dua kali booking per-hari, dibagi menjadi 2 sesi. Pagi, dari jam 8 sampai jam 12. Siang, dari jam 12 sampai jam 4.
Jadi siapa cepat dia dapat aja nih, biasanya kalo booking diatas 2 jam dapet diskon loh.
Kamu gak bisa renang?
Kalo gak bisa renang coba pakai jasa private guide buat mainan air dan foto-foto disana, dengan Rp. 100k saja (maks. 5 orang) kamu bisa ditemenin mas-mas kece selama berwisata di Umbul Ponggok selama 2 jam.
Dengan menggunakan jasa ini, kamu akan diajarin gimana caranya snorkeling, safety underwater dan tentunya foto-foto juga.
Prewedding di Umbul Ponggok
Pengen konsep prewedding berbeda? bisa nih bikin prewedding underwater di umbul ponggok klaten.
Masalah harga kamu bisa langsung hubungi jasa fotografi yang memiliki peralatan underwater camera yang memadai.

Rute / Cara Menuju Umbul Ponggok

Dari daerah Jogja, Sleman, Prambanan Kebumen, dan sekitarnya
Untuk mencapai Umbul Ponggok, kamu bisa melalui Jalan Raya Yogyakarta-Solo. Jika sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, lurus saja lewat tengah kota sampai GOR Galarsena Klaten. Dari Gor, belok kiri ke arah Polanharjo atau Jatinom. Sampai di persimpangan dekat Markas Koramil yang berada di sebelah kiri, lurus saja. Setelah itu kamu akan sampai di Umbul Ponggok Klaten.
Sedangkan snorkel berguna sekali untuk membantu kita bernafas saat berada di dalam air. Serta fins atau biasa disebut kaki katak untuk mempermudah pergerakan kita saat berenang. Jadi, usahakan semua alat atau perlengkapan untuk berenang lengkap. Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki perlengkapan tersebut, karena di Umbul Ponggok sudah menyediakan sewa peralatan berenang dengan tarif seperti yang telah dijabarkan.

Tips Snorkeling/Renang di Umbul Ponggok

Periksa Peralatan Renang Sebelum Digunakan

Sebelum berenang, periksa kembali peralatan apakah sesuai atau pas dengan badan kita atau tidak. Cek peralatan apakah semuanya bagus atau tidak, jangan sampai menggunakan alat yang rusak ataupun cacat. Karena jika tidak teliti dalam penggunaan peralatan tersebut, selain mengganggu kenyamanan tentunya mengancam keselamatan. Untuk penggunaan masker, pastikan masker tersebut pas dan nyaman di muka. Biasanya yang nyaman digunakan itu yang terbuat dari silicon.
Coba gelengkan kepala saat mencoba masker, jika masker tersebut tetap pada posisi semula dan tertahan dimuka, berarti masker tersebut cocok dan pas. Untuk snorkel, pilih yang berukuran tidak terlalu panjang namun berdiameter besar. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam pengambilan ataupun pengembusan udara saat snorkeling. Untuk menambah kenyamanansaat snorkeling, pilihlah snorkel yang lentur dan elastis. Sedangkan untuk fins, pilih yang sesuai dengan ukuran kaki, tidak longgar ataupun kekecilan. Tidak cacat dan kokoh, agar nyaman saat digunakan.
Ikuti Pemandu dan Jangan Jauh Dari Teman
Pesona keindahan panorama Umbul Ponggok memang tidak jauh berbeda dengan keindahan pemandangan bawah laut, tapi jangan sampai khilaf ya. Saking keasyikan menikmati keindahan disana terkadang kita lupa diri, seenaknya berenang kesana kemari sampai-sampai lupa dan jauh dari pemandu dan teman. Usahakan ikuti pemandu dan tetaplah dekat dari jangkauan teman agar bisa saling mengawasi. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, entah itu keram atau segala sesuatu yang mengancam keselamatan, kamu  bisa langsung dengan cepat mendapatkan pertolongan.

Tips Foto di Umbul Ponggok

Salah satu kegiatan yang paling diincar para pengunjung saat berwisata di Umbul Ponggok selain snorkelingtidak lain adalah foto dalam air atau underwater photography. Agar tidak kecewa gara-gara hasil foto kamu kurang memuaskan, kamu wajib menyimak tips foto di Umbul Ponggok ini.
Jika ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, disarankan untuk datang ke Umbul Ponggok di pagi hari atau sore hari.
  • Senin-Jum’at pukul 07.00 s.d 09.00 WIB dan Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB
  • Sabtu dan Minggu Pukul 07.00 s.d 09.00 WIB.
Pengambilan foto atau pemotretan sebaiknya pada waktu yang telah dijelaskan di atas. Karena pada pagi dan sore hari air terlihat begitu jernih dan matahari masih berada disamping sehingga akan menghasilkan gambar yang bagus. Disarankan untuk tidak melakukan pemotretan di siang hari. Karena pada siang hari, matahari tepat berada di atas kolam. Sehingga foto yang dihasilkan akan tampak gelap atau hitam.
Jadi, usahakan untuk datang pagi hari yak, selain belum terlalu ramai, kamu juga akan leluasa memilih tempat foto yang menurut kamu kece.

Tips Menurunkan Motor ke Dalam Air di Umbul ponggok


Sosial media sedikit dihebohkan dengan beredarnya foto-foto motor didasar kolam Umbul Ponggok. Buat kamu yang kepengen foto sambil mengendarai motor atau cuma penasaran, gimana sih caranya itu motor bisa sampe mendarat di dasar kolam? Itu motor rusak apa gak nanti ? Yuk simak tips menurunkan motor, agar semua tanda tanya di atas kepalamu terjawab.
  1. Kosongkan tengki bensi. Kuras sampai bersih
  2. Pastikan oli mesin juga kosong. Jika belum, kuras sampai bersih
  3. Copot knalpot jika memang diperlukan
  4. Sumpal lubang yang menuju mesin dan karburator
  5. Turunkan motor secara perlahan dan pelan-pelan hingga mencapai dasar kolam
  6. Agar motor tidak oleng saat berada di dasar kolam, berikan beban atau pemberat pada motor.
  7. Beres deh. Sepeda motorpun siap menemani pose foto kamu.
Sekedar info, semua bahan kimiawi tidak akan mencemari jernihnya Umbul Ponggok. Jadi kamu tak usah khawatir merusak lingkungan.
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *