Pernahkah Anda mendengar atau berkunjung ke Rawa Pening? Jika belum, Anda wajib mencoba berwisata ke tempat tersebut. Keindahan rawa Pening dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata ketika Anda berkunjung ke Semarang.

kampung rawa

kampung rawa

Kampoeng Rawa (disebut juga Kampung Rawa) adalah objek wisata di Ambarawa, Jawa Tengah, yang terletak di sabuk hijau di sekitar Danau Rawa Pening. Dibuka pada Agustus 2012, tempat ini dimiliki dan dioperasikan oleh dua belas kelompok petani dan nelayan yang didanai oleh Artha Prima Credit Union. Kompleks tersebut dimaksudkan untuk mempengaruhi kesejahteraan petani dan melayani lokal disamping mempromosikan ekologi danau di wilayah tersebut. Fasilitasnya meliputi restoran mengapung, pendopo, pusat kerajinan, tempat memancing, dan dok. Pada hari libur, tempat ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung. Kompleks ini disengketakan perizinannya karena dibangun di sabuk hijau dan kemungkinan dampak ekologinya.

Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar. Sayangnya, hampir setengah dari luas Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondhok. Enceng gondhok bermanfaat bagi ikan dan biota air lainnya untuk berlindung dari paparan sinar matahari. Beragam upaya telah dilakukan, seperti dengan memanfaatkan daun enceng gondhok untuk membuat suatu kerajinan. Akan tetapi, cara tersebut kurang optimal, karena laju pertumbuhan enceng gondhok begitu cepat. Walaupun demikian, banyaknya tumbuhan tersebut tidak mengurangi keindahan Rawa Pening.

Letak dan fasilitas

Kampoeng Rawan tersebut mengarah ke Danau Rawa Pening.
Kampoeng Rawa terletak di Kilometer 3 Ring Road Selatan di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, sebuah jalan yang digunakan untuk perjalanan antara Yogyakarta dan Semarang yang dibuka pada 2012. Secara administratis, kompleks tersebut adalah bagian dari Desa Bejalen. Kompleks tersebut berada di tengah-tengah persawahan dan berbatasan dengan Danau Rawa Pening. Dari tempat tersebut, para pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo, kedua gunung tersebut berada di sebelah selatan.

Restoran mengapung yang berisi 300 kursi di Kampoeng Rawa terdapat di sebuah danau kecil dan menghidangkan hidangan khas Indonesia menggunakan bahan makanan produksi lokal, yang meliputi lele, gurame, dan tilapia. Hidangannya meliputi nasi goreng dan mie goreng. Semua diapungkan dengan drum plastik, dan untuk menuju bangunan utama pelanggan harus menggunakan rakit yang ditarik tali.

Pusat kompleks tersebut adalah panggung terbuka, pusat kerajinan, dan pendopo untuk acara-acara khusus. Acara-acaranya meliputi pernikahan, kontes mewarnai, sesi pelatihan, dan seminar. Berbagai aktivitas dan fasilitas terdapat di tempat tersebut, meliputi ATV, flying fox, jet ski, dan memancing. Kapal-kapal pergi dari dok dan berjalan melalui kanal menuju Danau Rawa Pening.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Rawa Pening mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Biaya tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp. 2.500,- per orang. Biaya yang sangat murah.

Tempat Wisata Sekitar Rawa Pening

Saat anda berkunjung ke Rawa Pening, jangan sampai lupa datang pula ke objek wisata yang berada di sekitarnya. Berikut ini beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Rawa Pening.

  • Wisata Bukit Cinta, objek wisata Bukit Cinta berada di sebelah barat daya Danau Rawa Pening.
  • Museum Kereta Api Ambarawa, yang terletak 3,8 km dari Rawa Pening
  • Gua Maria Kerep, yang terletak 4,5 km dari Rawa Pening
  • Umbul Sido Mukti. Terletak 11,1 km dari dari Rawa Pening
    Nah, sudah tahu bukan mengenai wisata Rawa Pening? Jangan lupa masukkan tempat ini sebagai salah satu tujuan liburanmu! Keindahan nan eksotis Rawa Pening akan memanjakan mata Anda dan menyegarkan fikiran Anda. .
2-parapemancing-blogspot-com

Kampoeng rawa

Selain dijadikan tempat wisata, masyarakat di sekitar danau memanfaatkan Rawa Pening untuk memancing dan mencari ikan dengan menggunakan jala oleh nelayan. Banyak warga sekitar yang berprofesi menjadi nelayan. Tak mengherankan apabila banyak perahu nelayan yang berada di tengah dan tepian danau. Hal itu semakin menambah keindahan rawa pening ini.

Jika Anda penasaran ingin merasakan nuansa berada di air rawa, kalian dapat mencoba mengitari Rawa Pening dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000,- saja. Dengan biaya segitu, Anda akan dibawa mengelilingi Rawa Pening selama 40 menit. Sensasi yang patut Anda coba, berkeliling di atas air yang dikelilingi enceng gondhok.

3-yokoyobent-blogspot-com

Bermain air di kampoeng rawa

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *