Kota Malang yang terletak di Provinsi Jawa Timur memang menjadi surganya para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Memang benar, Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke kota ini.

Kota Malang yang dijuluki sebagai kota Apel ini memiliki banyak sekali destinasi wisata baik wisata alam, wisata edukasi, kuliner dan masih banyak lagi.

Di kesempatan kali ini kita ingin mengajak kalian jalan-jalan ke salah satu tempat wisata di kota Malang yang bernama Wisata Mata Air Sumber Sirah. Tempat wisata ini sedang ramai-ramainya dikunjungi para wisatawan untuk menikmati pesona jernihnya sumber mata air di kolam tersebut.

 

Lokasi Mata Air Sumber Sirah Malang

Lokasi Mata Air Sumber Sirah Malang terletak di Jalan Sunan Gunung, tepatnya di Desa Sumberjaya, Gondang Legi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Perlu diketahui bahwa akses jalan menuju wisata ini belum tersedia angkutan umum sehingga kalian disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa sepeda motor dari kota Malang.

Jika kalian masih bingung dimana lokasinya jangan khawatir, karena kalian bisa menggunakan Google Maps dengan mengetik nama Wisata Mata Air Sumber Sirah Malang karena di Google Maps sudah tertandai lokasi tempat wisata ini.

 

Wisata Alam Yang Hits

Wisata Mata Air Sumber Sirah Malang ini sebenarnya menjadi sumber utama pengairah irigasi bagi warga sekitar. Saat kalian berada di tempat wisata ini, maka kalian seolah sedang berada di telaga tujuh bidadari. Bagaimana tidak? Permukaan mata air ini sangat sangat jernih bagaikan cermin sehingga kita bisa dengan mudah melihat dasar telaga tersebut.

Dasar telaga Mata Air ini terdiri dari tanaman rumbut air tawar sejenis hydrilla yang cantik. Sementara bagian sekitar telaganya ditumbuhi pepohonan yang rindang khas hutan hujan tropis yang lebat dan rapat sehingga kita bisa berenang dan seolah berada di pedalaman hutan Amazon.

Selain itu, banyak juga tanaman tebu milik warga yang tumbuh di sekitar lokasi sehingga menambah daya tarik suasana khas wisata ini. Tampak juga ikan-ikan kecil beserta bebatuan dan pasir lembut kehitaman di dasar telaga.

Banyak hal seru yang bisa kalian nikmati di wisata Mata Air Sumber Sirah ini seperti berenang, snorkeling dan berfoto-foto. Selain itu, berfoto di bawah air wisata ini menjadi pilihan paling istimewa karena pemandangan dibawah sangat indah meski tanpa terumbu karang.

Sedikit informasi, mata air telaga ini memiliki kedalaman 0,8 hingga 1,5 meter. Terlihat cukup dangkal, namun kalian tetap harus berhati-hati terlebih jika kalian tidak pandai berenang. Disini pengunjung tidak disarankan untuk melompat jika berniat memasuki telaga ini karena dikhawatirkan akan membuat air menjadi keruh.

Selain itu, alasan mengapa tidak boleh meloncat dan terlalu banyak gerakan ekstrem adalah tanaman air disini yang mudah rapuh dan rentan patah.

 

Fasilitas 

Di tempat wisata ini juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan bermotor, warung makan, kios-kios toilet ataupun kamar mandi. Selain itu, disini juga tersedia kios yang menyewakan alat berenang seperti ban dan pelampung karena telaga ini memiliki lintasan untuk kegiatan river tubing.

 

Tiket Masuk 

Untuk memasuki tempat Wisata Mata Air Sumber Sirah malang ini kalian akan dikenakan biaya sebesar RP. 1000 per orang, cukup murah bukan? Selain itu, kalian juga akan dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaraan dimana untuk motor dikenakan biaya parkir Rp. 2000 per motor dan untuk mobil Rp. 5000 per mobil. Selain itu, kalian juga dikenakan biaya tambahan apabila menggunakan kamar mandi atau toilet.

Tetap ingat jaga kebersihan dimanapun, atuhi aturan yang ada disana dan janganlah membuang sampah sembarangan karena kelestarian populasi ikan dan tanaman air disana sangat bergantung pada kita. Untuk itu, jagalah keasrian tempat wisata ini.

Itulah wisata hits mata air sumber sirah Malang, jika kalian sedang berada di kota malang atau berencana berlibur ke kota ini maka jadikan wisata satu ini sebagai daftar tempat wisata di malang yang wajib kalian kunjungi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *