Wisata Alam Sumber Jenon Malang – Malang memang merupakan daerah di Jawa Timur yang menjadi tujuan utama para wisatawan di daerah provinsi tersebut untuk berlibur, malang sendiri sangat terkenal dengan tempat wisata alamnya yang unik dan mampu menarik perhatian para wisatawan. Wisata alam tersebut diantaranya adalah Wisata Alam Sumber Jenon. Sumber Jenon sendiri merupakan sumber mata air yang saat ini menjadi tempat wisata unik dan menarik untuk dijadikan sebagai tempat berlibur.
Wisata-Alam-Sumber-Jenon

Sumber Jenon Malang ini menawarkan berbagai tempat berendam sekaligus terapi dari berbagai macam penyakit karena masyarakat setempat percaya bahwa tempat ini memiliki kejaiban sebagai media untuk penyembuhan penyakit yang mujarab. Selain itu, tempat wisata ini juga terkenal karena spot fotonya yang Instagramble, di sini juga tersedia berbagai spot foto unik seperti gardu pandang dan juga tempat duduk apung yang berada di tegah tengah kolam.

Tentu Sumber Jenon Malang menjadi destinasi wisata yang patut Anda coba untuk menghilangkan penat karena kesibukan sehari hari. Sumber mata air malang ini memiliki air yang berwarna biru muda, tertampung di dalam kolam berbentuk lingkaran dengan diameter kedalaman kurang lebih sekitar 5 meter. Di dalam kolam terdapat sebuah batang pohon jenu yang membujur dari posisi barat ke timur, tentu hal ini akan membuat tempat ini terlihat sangat alami dan indah untuk diabadikan.

Objek Wisata Sumber Jenon Malang
Wisata Alam Sumber Jenon Malang merupakan salah satu sumber mata air yang membentuk sebuah kolam. Kolam ini memiliki diameter kedalaman kurang lebiih sekitar 5 meter, dengan panjang sekitar 50 meter dan juga lebar mencapai sekitar 30 meter. Tempat wisata yang berada di Cemoro Kandang atau Kecamatan Tumpang ini dapat dituju dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Pusat Kota Malang.

Menariknya, Sumber Jenon merupakan susunan kolam yang penuh dengan aura mistis dan gaib. Kolam yang dikelilingi berbagai pohon beringin besar dan menjulang tinggi serta daunnya yang gugur menutupi air kolam menambah suasana mistis. Di sisi lain, mata air sumber jenon dikeramatkan oleh masyarakat setempat, sehingga pada waktu tertentu ada beberapa orang yang memasang sesaji di tempat wisata ini.

Memang kesakralan dari Sumber Jenon ini memang benar-benar dijaga untuk keutuhannya. Mitos mitos yang beredar sebenarnya justru sangat menguntungkan secara ekologis, yakni agar setiap wisatawan yang datang bisa menjaga rempat wisata ini agar tetap lestari. Dengan demikian, tentu konservasi yang berbasis kearifan lokal menjadi sangat efektif untuk menjaga tempat wisata ini.

Berenang di Sumber Jenon Malang
Bagi Anda yang ingin berenang di tempat wisata malang ini, Anda akan ditemani ikan sengkaring dengan postur hitam polos dan merah. Kurang lebih ikan ini berjumlah sekitar 37 ekor ikan dengan ukuran 50 cm untuk anak dan induknya bisa mencapai 170 cm. Konon katanya, jumlah ikan sengkaring ini tidak pernah kurang walapun sudah berkali kali dipancing.

Kuliner di Sumber Jenon Malang
Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat wisata Sumber Jenon tidak usah khawatir dan repot akan membawa bekal dari rumah, Karena di tempat wisata ii sudah tesedia banyak warung makan yang menjajakan berbagai menu makanan serta minuman, dari mulai jajanan cemilan ingan hingg makanan berat beragam tersedia disini.

Tersedia juga cafe yang menjadi favorit bagi para pengunjung, cafe ini masih berada di area Sumber Jenon dengan memiliki daya tarik tersendiri, sebab selain lokasinya yang masih sangat alami dan nyaman serta penyajian lesehan yang menghadap ke arah perbukitan, juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas karaoke yang akan memanjakan Anda.

Lokasi Sumber Jenon Malang
Tempat wisata Sumber Jenon ini berada di daerah Malang, Provinsi Jawa Timur yang tepatnya beralamat di Area Sawah, Gunungronggo, Kec. Tajinan, Malang, Jawa Timur 65172. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Sedangkan mengenai jam buka sumber jenon sendiri mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB pada setiap harinya.

Akse untuk menuju ke Wisata Alam Sumber Jenon Malang dapat ditempuh dengan dkendaraan pribadi baik itu dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota malang, Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju ke Kecamatan Tajian untuk menemui Pasar Tajian.

Dari pasar tersebut, untuk bisa menuju ke tempat wisatanya kurang lebih memakan waktu sekitar 20 menit ke arah timur. Memang terdapat beberapa petunjuk jalan di sepanjang jalan ini, alangkah baiknya Anda tetap menggunakan Google Maps sebagai pemandu jalan Anda, agar cepat sampai tujuan.

Harga Tiket Masuk Sumber Jenon Malang
Sebelum bisa menikmati keindahan serta berenang di sumber mata air ini, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu yang memang terbilang murah, karena memang tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata murah malang. Harga tiket masuk atau HTM Wisata Alam Sumber Jenon adalah Rp 2.000 saja per orang. Dengan membayar tarif tersebut, pengunjung bisa menikmati sumbe mata air ini sepuasnya.

Itulah ulasan mengenai Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Alam Sumber Jenon Malang Terbaru. Semoga artikel cakrawala ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui informasi wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *