boon-pring-andeman_20180104_154424Boon Pring merupakan sebuah ekowisata dengan banyaknya pohon bambu di kawasan ini. Di lahan seluas 36,8 hektar ini, pengunjung akan melihat hijaunya kawasan wisata dengan mayoritas pohon bambu.

Tak heran, objek wisata ini dinamakan dengan Boon Pring, yang diambil dari dua bahasa. Dalam Bahasa Inggris, “Boon” memiliki arti anugerah, sedangkan “Pring” berarti bambu dalam Bahasa Jawa. Bambu-bambu di kawasan ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Masyarakat hanya memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat rumah atau kayu bakar. Melihat ada potensi yang dapat digali, masyarakat mulai melakukan perbaikan dan perawatan. Hingga akhirnya menambahkan wahana wisata dan spot foto bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Harga Tiket Masuk Boon Pring Malang
Untuk menikmati keseruan berwisata di Boon Pring, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Karena, objek wisata ini menerapkan tarif murah untuk memasukinya. Meskipun harga tiket untuk pengunjung dewasa dan anak-anak dibedakan.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp10.000
Anak-anak Rp5.000

Jam Operasional
Pengunjung diberi kebebasan dan waktu yang panjang untuk menikmati tempat wisata ini. Yaitu dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00-17.00 WIB

Pesona Rimbunnya Bambu Di Boon Pring
Rimbunnya-Pohon-Bambu-di-Boon-Pring.-BOONPRING-640x480

Berada di lereng Gunung Semeru, membuat kawasan wisata ini begitu sejuk dan segar. Apalagi, lokasinya berada jauh dari perkotaan yang membuatnya begitu tenang. Suburnya tanah juga mendukung tumbuhnya 100 jenis tanaman bambu di sini. Tak heran jika selain sebagai tempat wisata, juga dikatakan sebagai laboratorium vegetasi bambu.

Dikelilingi Enam Mata Air Alami

Keistimewaan Boon Pring yang menambah keindahan tempat ini adalah adanya enam mata air alami. Mata air ini membentuk danau yang jernih dengan warna kehijauan nan indah. Diantaranya Sumber Adem, Sumber Towo, Sumber Gatel, Sumber Maron, Sumber Krecek, dan Sumber Seger. Sumber Adem dan Sumber Towo menjadi mata air terbesar dari mata air lainnya.

Penamaan Sumber Adem karena airnya yang dingin dan membuat hati adem ketika melihatnya. Sementara Sumber Gatel, yang dapat membuat siapapun gatal-gatal ketika berendam di dalamnya. Oleh karena itu, ada penawar di Sumber Towo yang dapat menghilangkan rasa gatal tersebut. Selain itu, Sumber Towo juga merupakan sumber paling tua dan dapat mengobati berbagai penyakit.

Sumber Seger yang berarti segar, dapat mengobati pegal dan linu ketika diminum. Sumber Maron dipercaya sebagai pergantian musim, yang mana ketika airnya surut menandakan musim kemarau. Sedangkan dinamakan Sumber Krecek karena selalu mengeluarkan bunyi ‘krecek-krecek’. Mata air ini juga menjadi tempat hidup ikan, seperti koi, nila, tombro, serta ikan mas.

Berkeliling di Tengah Danau
berkeliling-danau-boon-pring-640x480

Wisatawan dapat menikmati keindahan Boon Pring dari atas danau. Pengelola menyediakan wahana air yang sangat seru dan menyenangkan. Diantaranya perahu kayuh serta gethek yang siap memanjakan wisatawan.

Perahu kayuh ini berbentuk angsa yang dapat memuat dua orang. Biasanya, pengunjung berpasangan akan senang menyewa satu perahu untuk berdua. Sementara pengunjung dari kalangan keluarga, biasanya mengajak anaknya untuk menikmati perahu bersama. Merasakan sejuknya tiupan angin yang mengenai permukaan danau.

Sementara gethek, merupakan sampan persegi yang terbuat dari bambu. Banyak pengunjung yang tertarik menaiki gethek karena keunikannya dan begitu tradisional. Pengunjung akan dibawa berkeliling danau sambil mendayung dengan bambu yang lebih panjang. Namun, harus siap alas kaki basah karena permukaan gethek biasanya tergenang air.

Menikmati Wahana Permainan dan Berenang di Boon Pring
Bermain-Bola-Bola-Air-di-Danau-Boon-Pring-e1577520089407-640x480

Boon Pring semakin menambah wahana permainannya. Pengunjung dapat menikmati berbagai permainan seperti flying fox serta balon air raksasa di danau. Keseruan pengunjung terdengar dari teriakan dan tawa di setiap wahana permainan. Terutama, anak-anak yang sangat seru bermain bersama.

Selain wahana permainan, Boon Pring juga memiliki kolam renang. Kolam renang ini memiliki air yang sangat sejuk serta jernih. Ditambah lagi, kolam renang tidak terlalu dalam sehingga aman untuk anak-anak. Anak-anak pun dapat menyewa ban pelampung untuk melengkapi keseruan berenang.

Spot Foto Instagramable
Jalanan-dengan-Caping-Raksasa-yang-Menggantung.-640x480

Selain keindahan alam yang dimiliki Boon Pring, tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto Instagramable. Ada patung-patung yang dibuat dari semen seperti patung singa, gorila, serta ular. Selain patung, ada juga spot lain seperti jembatan bambu yang membentang di danau. Dimana pengunjung dapat berfoto di tengah jembatan.

Ada juga jalanan dengan caping raksasa yang menggantung di atasnya. Di sisi jalanan ini, terdapat warung-warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan. Warung-warung ini pun berbentuk saung yang terbuat dari bambu dengan atap jerami.

Lokasi Boon Pring
Boon Pring berlokasi di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Berjarak hanya 33 Kilometer dari Kota Malang. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 Jam berkendara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *