tampak-atasTernyata, Indonesia memiliki tempat yang sama megahnya dengan suasana hutan pada zaman purba. Namanya adalah Curug Cimarinjung, objek wisata alam berupa air terjun yang terletak di Sukabumi.
Meski akses jalannya tidak terlalu mudah untuk dilalui, namun air terjun ini selalu kedatangan wisatawan. Objek wisata ini adalah tujuan yang tepat untuk menikmati panorama air terjun spektakuler di balik tebing batuan dan hutan.

Tiket Masuk
Wisatawan yang mengunjungi objek wisata Curug Cimarinjung tidak memerlukan biaya yang menguras dompet. Keindahan air terjun ini bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Harga Tiket
Tiket Masuk Rp3.000
Parkir Motor Rp3.000
Parkir Mobil Rp5.000

Jam Operasional
Pengunjung bisa datang sejak pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk melihat pesonanya adalah saat musim hujan tiba, ketika air mengalir dengan deras.

Jam Buka
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

Pesona Curug Cimarinjung
curug-cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan salah satu koleksi air terjun yang berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Air terjun ini mengalir dari ketinggian kurang-lebih 50 meter di tebing Kampung Cimarinjung. Posisinya langsung menghadap ke arah Samudera Hindia.

Air terjun ini populer karena panoramanya yang menakjubkan. Curug ini mengalir di antara tebing batuan yang tinggi serta dikelilingi oleh hutan dan persawahan. Tak heran jika panorama alam yang disajikannya akan memukau siapa saja.

Hamparan Sawah
persawahan

Untuk menuju lokasi curug, wisatawan tidak akan menemukan akses yang mulus dan mudah. Objek wisata Curug Cimarinjung terletak di tebing yang dilindungi oleh hutan. Kawasan hutan ini juga dikelilingi oleh area persawahan. Oleh karena itu, pengunjung harus melewati rute yang cukup menantang.

Wisatawan harus memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Kemudian, perjalanan menuju curug harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Rute jalannya melewati pematang sawah, dengan suguhan terasering sawah yang hijau dengan latar langit biru sejauh mata memandang. Dari kawasan sawah pun wujud air terjun sudah tampak.

Dari sawah, pengunjung akan memasuki area hutan. Di sini, terdapat jalan setapak menyusuri hutan yang dilindungi pagar pembatas dari bambu. Meski menanjak, namun jalannya dalam kondisi baik. Rasa lelah dijamin akan lenyap karena sajian suasana hutan yang masih asri.

Panorama Alam
tampak-bawahJalan setapak akan membawa pengunjung menyusuri sungai. Semakin mendekati lokasi air terjun, akan semakin terdengar suara derasnya aliran air. Seiring dengan bertambah sejuknya hawa udara, tempias air Curug Cimarinjung akan semakin terasa.

Pengunjung akan bisa menyaksikan megahnya aliran Curug Cimarinjung yang berada di tengah bentangan tebing yang tinggi. Airnya mengalir ke telaga dengan pagar batu alami di sekelilingnya. Derasnya air, terutama pada musim hujan, membuat curug ini terlalu berbahaya untuk dieksplorasi dari jarak dekat.

Meski tidak bisa dinikmati dari dekat, pengunjung memiliki beberapa alternatif pilihan untuk mengagumi keindahan area air terjun. Pertama adalah dari dermaga yang terdapat di ujung jalan setapak.

Dermaga ini menyajikan pemandangan air terjun dari jarak yang cukup dekat. Debit air pada musim hujan akan lebih tinggi, sementara musim kemarau menyajikan pemandangan kontur tebing yang mempesona.

Kedua adalah dari sungai yang mengalir di bawahnya. Bentuk air terjun akan tampak secara jelas dari sudut ini. Sungai dengan sebaran bebatuan alami ini juga bisa menjadi tempat bermain air. Dari sudut manapun, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan Curug Cimarinjung dengan daya tariknya masing-masing.

Formasi Batuan
tebingSatu lagi daya tarik dari Curug Cimarinjung adalah posisinya. Air terjun ini mengalir di bentangan dinding tebing batu yang megah. Pemandangannya akan tampak lebih memukau ketika musim kemarau.

Pengunjung bisa menyaksikan kekokohan tebing yang terbentuk secara alami sejak zaman dahulu. Panorama inilah yang akan memunculkan sedikit suasana mencekam sekaligus eksotis, seperti latar di film Jurassic Park.

Fasilitas Curug Cimarinjung
Sebagai objek wisata alam, Curug Cimarinjung dilengkapi oleh fasilitas yang cukup memadai. Toilet, mushola, area parkir, serta sejumlah warung makanan sudah tersedia di sini. Sayangnya, belum terdapat fasilitas penginapan di sekitar air terjun.

Lokasi Curug Cimarinjung
Air terjun Cimarinjung terletak di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini masih termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh.

Untuk menuju kemari, wisatawan cukup mengikuti rute menuju Pantai Pelabuhanratu atau Pantai Ujung Genteng. Lokasinya lebih mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Waktu tempuh dari pusat Kota Sukabumi kira-kira 3 hingga 4 jam.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *