images

Sekarang zamannya rekreasi sekaligus belajar, dengan konsep edutainment dan kesegaran udara taman yang hijau. Ecopark Ancol menjadi destinasi yang tepat untuk pengunjung. Ecopark Ancol atau Allianz Ecopark tempat rekreasi dengan luas 34 hektar dengan berbagai kegiatan yang memukau.

Taman dari Padang Golf ini mengedepankan green lifestyle yang memungkinkan pengunjung untuk mengeksplorasi tanaman dan bermain. Allianz Ecopark memiliki 4 zona berbeda, yaitu Eco Care, Eco Art, Eco Nature, dan Eco Energy. Zona Eco-Care akan mengajak pengunjung melepas stres dengan berbagai permainan edukasi seru bersifat kekeluargaan.

Eco-Art akan memanjakan pengunjung dengan berbagai pertunjukan seni dan pameran yang patut dikunjungi. Sedangkan Eco-Nature akan memberi edutainment tentang berbagai jenis flora fauna unik dan hijau alam menenangkan.

Suasana-alianz-ecopark-ancol-640x480Juga Eco-Energy memungkinkan pengunjung mempelajari bagaimana pemanfaatan energi yang tepat dan pengenalan sumber energi terbaru. Karena menekankan konsep Go Green, kawasan ini memberikan lingkungan hijau dengan berbagai tanaman pesisir dan langka.

Mengajak keluarga menikmati liburan menenangkan dan menyenangkan menjadi alasan yang tepat untuk mengunjungi Ecopark Ancol. Pengunjung akan mendapat pengalaman seru dengan berbagai permainan adventure seru khususnya anak – anak. Taman yang berdiri sejak 2010 ini dapat menjadi kawasan hijau alternatif yang wajib dikunjungi selain Puncak.

Harga Tiket Masuk Ecopark Ancol

  • Mobil Golf Durasi 60 Menit :  Rp130.000 Rp170.000
  • Ecotrike Durasi 30 Menit : Rp70.000 Rp80.000
  • Mini ATV Durasi 15 Menit & Eco Bike (sepeda single) Durasi 60 Menit  : Rp35.000  Rp35.000
  • Mini ATV Durasi 30 Menit : Rp70.000 Rp70.000
  • Ecotrike Durasi 15 Menit : Rp35.000 Rp40.000
  • Green Mission Paint Ball Rp130.000 Rp130.000
  • Kamar Bilas Rp15.000 Rp15.000
  • Sewa Matras Rp30.000 Rp30.000
  • Sepeda Tandem Durasi 60 Menit : Rp65.000 Rp65.000
  • Mobil Golf Durasi 30 Menit : Rp90.000 Rp140.000
  • Charge Sepeda Rp35.000 Rp35.000
  • Pakan Ikan Rp5.000 Rp5.000
  • Paket Foto Durasi 1 Hari : Rp500.000

Harga tiket masuk ke kawasan Ecopark Ancol gratis kecuali saat melewati pintu gerbang utama. Pengunjung yang masuk dapat membayar hanya Rp25.000. Harga tiket Ecopark ancol ditentukan dengan masing-masing wahana yang ingin dimainkan.

Beberapa wahana yang dikenakan biaya antara lain: Flying Fox, Paint Ball, Ecobike, Sekuter Mobil, Charge Sepeda, Learning Farm Individu, Memancing, Kano, Ecotrike, Mobility ATV, Water Pedal Boat, Golf Car.

Jam Buka Ecopark Ancol

  • Ecopark Ancol 06.00 – 18.00 WIB
  • Paint Ball 08.00 – 16.00 WIB
  • Learning Farm 08.00 – 16.00 WIB

Pengunjung yang ingin menikmati segala keseruan wahana Ecopark Ancol, bisa mulai datang pagi hari. Ecopark Ancol dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Sedangkan jam operasional berbagai wahana bervariasi tergantung wahana yang akan dimainkan.

Seperti permainan Paintball, jam buka mulai pukul 08.00 dan ditutup pukul 16.00 WIB. Jika ingin mengikuti aktivitas Learning Farm, pengunjung dapat memulainya dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Aktivitas & Wahana Permainan Ecopark Ancol
Beberapa aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di Ecopark Ancol, diantaranya :

Outbondholic
Outbondholic merupakan rekreasi adventure baru yang pas dinikmati untuk anak – anak dan dewasa. Dengan lahan hijau seluas 1,5 hektar, pengunjung dapat menikmati serunya bermain outbond ditengah kota. Outbondholic Ecopark Ancol terbagi menjadi sirkuit untuk anak – anak usia 6-12 tahun dan sirkuit bagi dewasa. Masing – masing sirkuit hanya mampu menampung jumlah tertentu pengunjung setiap jamnya, 35 anak atau 60 dewasa.

Pengunjung akan mengikuti dari sirkuit termudah, yaitu dari zona hijau, biru, merah, hingga hitam. Salah satu wahana populer yang banyak digemari pengunjung yaitu Flying Fox sejauh 480 meter. Wahana ini sangat pas untuk anak – anak dalam melatih perkembangan motorik, mentality, leadership, sosial, dll. Kunjungi wahana outbondholic bersama keluarga untuk pengalaman menyenangkan yang tak akan terlupakan.

Archery Battle
Aktivitas lain yang tak kalah seru yaitu Archery Battle, kegiatan olahraga memanah yang sangat dinikmati pengunjung Ecopark Ancol. Sesuai namanya, aktivitas ini mengajak pengunjung melakukan battle dalam 2 kelompok selama 30 menit.

Pengunjung akan mampu mengasah kecermatan, kerja sama, dan motorik, untuk memenangkan permainan. Pengunjung akan dilengkapi dengan alat pengaman di seluruh tubuh, sehingga tidak perlu khawatir terluka. Pengunjung yang ikut dibatasi dengan tinggi >145 cm.

Faunaland
berbagai-jenis-fauna-di-ecopark-ancol-640x480Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan flora fauna khas Asia dan Australia, wajib mengunjungi wahana Faunaland. Dengan menyuguhkan konsep taman Papua, Faunaland akan mengajak pengunjung untuk menikmati keindahan alam.

Dari berbagai jenis flora dan fauna khas, pengunjung dapat berkeliling taman atau memberi makan fauna. Pengunjung akan puas dengan kegiatan Feeding Time agar pengunjung ikut berinteraksi dan memberi makan fauna. Pengunjung akan bertemu dengan berbagai macam burung dari Kasuari, Pelikan, burung Dara, Kakatua, monyet, hingga rusa.

Rumah Energy
Rumah Energy merupakan wahana edukasi yang memberi pembelajaran tentang pemanfaatan energi ramah lingkungan. Di rumah energi Ecopark Ancol, pengunjung dapat belajar tentang berbagai energi alternatif seperti biogas, pupuk, pembuatan lampu organic, dll. Pengunjung akan dibimbing oleh tenaga tutor profesional yang mengajak untuk ikut mempraktikkan pembuatan energi alternatif.

Pengunjung akan mendapat banyak pengalaman untuk dipraktekkan dirumah dan tentu saja ramah lingkungan. Sangat pas dikunjungi oleh para pelajar yang ingin meneliti atau study tour.

Rumah Lebah
rumah-lebah-alianz-eco-park-640x480Disini, pengunjung akan diberi edukasi tentang pola hidup, jenis, manfaat, serta pengalaman berinteraksi dengan lebah. Saat memasuki Rumah Lebah, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai informasi tentang lebah dan koloninya. Juga diberikan penjelasan cara penanganan sengatan lebah dan atribut yang perlu digunakan saat memanen madu.

Tutor profesional akan mengajak pengunjung menyaksikan pola makan lebah, dan cara memanen madu yang benar. Pengunjung juga dapat mempraktekkannya secara langsung dengan instruksi, yang tentunya menjadi pengalaman tak terlupakan.

Mengayuh Kano
Salah satu wahana favorit yang digemari oleh para pasangan dan keluarga yaitu sensasi mengayuh Kano di danau. Satu kano atau perahu dapat dinaiki oleh 4 pengunjung yang akan mengarungi danau hijau yang menyenangkan. Mengayuh kano perlahan – lahan mengitari danau akan menjadi pengalaman asyik dan menenangkan. Pengunjung yang menggunakannya juga akan diberikan pelampung dan instruksi untuk keselamatan.

Paintball
Wahana ini merupakan wahana yang populer dikalangan anak muda. Dengan alokasi seluas 1,5 hektar area Ecopark Ancol. Zona permainan Paintball dibuat luas agar pemain dapat merasakan sensasi pertempuran seperti sungguhan. Terbagi menjadi 3 zona dengan durasi masing – masing 60 menit.

Di zona pertama yaitu Battle Savanna, dalam 20 menit pertama pengunjung akan diberi masa orientasi permainan. Kemudian dilanjutkan dengan memasuki zona pertempuran yaitu berupa hamparan rumput seperti havana.

Pengunjung yang bermain dapat memanfaatkan fasilitas seperti rumput, semak, atau kayu sebagai kamuflase untuk melancarkan serangan. Zona kedua yaitu Battle Village dengan lokasi pertempuran di reruntuhan bangunan.

Disini pemain harus lebih berstrategi dan kerja sama. Dibekali fasilitas seperti perkampungan sungguhan. Yang ketiga adalah zona Battle Field, dengan sensasi pertempuran yang lebih menegangkan. Berbagai atribut dengan konsep barikade seperti gerbong, pohon,dan danau menjadi lokasi tepat untuk keseruan pertempuran.

Eco Market
Eco Market merupakan wahana pas dikunjungi saat weekends atau hari libur nasional. Disini pengunjung dapat merasakan suasana pasar dengan berbagai buah dan sayur yang bersih bebas pestisida.

Pengunjung juga dapat membeli beberapa tanaman hias untuk dibawa pulang dan juga cinderamata kerajinan tangan. Pengunjung juga akan terhibur dengan berbagai kegiatan dan atraksi seperti senam pagi, pertunjukan musik, dll.

Learning Farm
Salah satu wahana edukasi lain yang digemari di Ecopark Ancol yaitu Learning Farm. Kegiatan ini mengajak pengunjung untuk belajar cara menanam tanaman dan berkebun yang baik dan benar. Bagi anak – anak, kegiatan ini penting untuk mengajarkan mereka cara merawat tanaman dan menjaga lingkungan.

Dilengkapi dengan lahan luas dan peralatan berkebun, pengunjung dapat memulai dari menanam, memberi pupuk, hingga memanen. Juga ada aktivitas Tour Garden, Tour Animal seperti feeding time, dan aktivitas Outdoor lainnya.

Fasilitas Ecopark Ancol
Fasilitas – fasilitas penunjang yang terdapat di Ecopark Ancol tergolong lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Seperti toilet di seluruh sudut Ecopark Ancol, mushola, dan area parkir yang luas. Juga disediakan tempat istirahat, ruang makan, ruang untuk edukasi, penginapan, dll.

Pengunjung juga disediakan tempat penyewaan sepeda, Ecobike, atau skuter mobil jika ingin berkeliling Ecopark Ancol. Saat sedang ingin santai, ada tempat penyewaan perahu atau kano jika ingin bermain air dan mengeliling danau.

Untuk meningkatkan kepuasan pengunjung, Ecopark Ancol juga menyuguhkan beberapa fasilitas seperti Ecolab, Botanical Garden, dan Treetop Walk. Juga Butterfly Pavilion, Ecopark Discover Centre, Birdies Adventurous, serta bangunan lainnya seperti Exhibition Hall, Club House.

Disini juga disediakan tempat sampah di beberapa lokasi dan sudut di seluruh Ecopark Ancol. Pengunjung yang selesai makan baik yang dibeli di Ecopark atau dibawa dari rumah. Namun wajib membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan taman.

Transportasi Dan Rute Angkutan Umum
Lokasi Ecopark Ancol sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum terutama bagi warga Jakarta. Menggunakan bus TransJakarta atau bus umum bisa menjadi pilihan angkutan yang murah. Naik bus TransJakarta Koridor 5 (rute Blok-M) kemudian turun di Halte Ancol.

Jika menggunakan bus kota, naik yang menuju Blok-M, atau PPD P38 menuju Terminal Tanjung Priok. Bagi yang bukan warga Bodetabek, dapat menggunakan KRL Commuter Line untuk lebih hemat.

Misalnya dari Bekasi, naik KRL menuju Stasiun Jakarta Kota, kemudian ganti dengan Mikrolet M15/M15A. Jika dari arah Bogor, naik KRL menuju Kampung Bandan, dilanjutkan dengan Mikrolet M15/ M15A. Pengunjung akan tiba di pintu utama Ancol, dilanjutkan dengan menaiki shuttle bus untuk ke Ecopark Ancol.

Kontak & Alamat Ecopark Ancol Jakarta
Ecopark Ancol Jakarta berlokasi di dalam kawasan Ancol Jakarta Baycity, tepatnya berdekatan dengan Dufan Ancol. Beralamat di Jln. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Info lebih lanjut dapat menghubungi ke (021) 29 222 222 dan hotline sms ke 0812 8799 2222.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.