Hai sobat Cakrawala Tour kami disini akan menjelaskan tentang wisata yang letaknya di kota Salatiga, yuk simak uraian dibawah ini.

kopeng-ngetripyuk

kopeng-ngetripyuk

Jam Operasional

08.00 – 16.30 WIB

Taman Wisata Kopeng terletak di kaki gunung Merbabu dan termasuk daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.450 meter dari atas permukaan laut. Hawa sejuk khas pegunungan bisa Anda nikmati saat berada di sini.

Secara administratif, kawasan Wisata Kopeng berlokasi di Getasan, Kab Semarang, Prov Jawa Tengah. Namun, letaknya memang lebih dekat ke kota Salatiga dibandingkan ke kota Semarang sehingga banyak orang mengira Wisata Kopeng beralamat di kota Salatiga.

Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata Kopeng, Anda juga akan disuguhi dengan panorama alam pegunungan yang indah dihiasi rimbunnya pepohonan hutan pinus.

Di Taman Wisata Kopeng terdapat sejumlah wahana yang dapat wisatawan nikmati mulai dari waterpark, playground, arena camping, hingga arena outbond untuk dewasa maupun anak-anak.

Selain itu juga terdapat fasilitas menarik lainnya seperti tempat bilyar, ATV, resort, family karaoke, dan beberapa restoran dengan menu kuliner yang akan menggoyang lidah Anda.

Bagi Anda yang ingin refreshing dari berbagai kesibukkan dan hiruk-pikuk keramaian kota, Taman Wisata Kopeng adalah tempat yang cocok untuk menjadi destinasi wisata Anda bersama keluarga.

Rute Menuju Wisata Kopeng
Rute menuju wisata Kopeng bila Anda dari arah Semarang ialah dengan melalui Jalan Lingkar Selatan Salatiga, atau bisa juga melalui Jalan Muncul Raya. Bila Anda melewati rute Jalan Lingkar Selatan Salatiga, lurus saja ke Selatan sampai tiba di Jl Kyai Mbilung.

Ikuti Jl Kyai Mbilung kemudian Jl Wonosari Pakis menuju ke Pasar Getasan. Terus ke selatan sampai melewati Pasar Kopeng. Tidak jauh dari Pasar Kopeng Anda akan menjumpai baliho besar, dan Anda telah sampai di Taman Wisata Kopeng.

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah kota Yogyakarta, cara menuju ke kawasan wisata Kopeng adalah dengan melewati Muntilan lalu Sawangan.

Jarak lokasi wisata Kopeng dari kota Yogyakarta sekitar 88 kilometer dengan perkiraan waktu perjalanan 2,5 jam menggunakan kendaraan. Perjalanan akan lebih efektif bila Anda menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang tersedia masih sangat terbatas.

Dari arah pusat kota Yogyakarta, Anda akan melewati rute Muntilan, lalu menuju Sawangan. Sesampainya di perempatan lampu merah, belokkan kendaraan ke kanan atau ikuti rambu petunjuk arah menuju ke Ketep.

Sesampainya di pertigaan besar, belok ke kiri terus dan Anda akan segera tiba di kawasan Wisata Kopeng.

Tiket Masuk Wisata Kopeng
Harga tiket masuk ke Wisata Kopeng sebesar Rp 10 ribu. Biaya ini relatif terjangkau, namun bagi Anda yang ingin masuk ke wahana lainnya yang ada di kawasan Wisata Kopeng akan dikenakan biaya tambahan.

Saat akhir pekan atau musim liburan, kawasan wisata Kopeng akan sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Ada baiknya Anda berwisata ke kawasan Kopeng saat musim terang, sebab di musim hujan kawasan ini sering tertutup kabut sehingga Anda tidak dapat menikmati keindahan pemandangan dengan lebih puas. Belum lagi, sejumlah wahana biasanya juga akan ditutup apabila kondisi sedang berkabut.

Spot Favorit Sekitar Taman Wisata Kopeng

kopeng-ngetripyuk

kopeng-ngetripyuk

Di sekitar lokasi Taman Wisata Kopeng terdapat sejumlah spot favorit yang juga tak boleh Anda lewatkan, antara lain:

Berfoto atau menikmati indahnya pemandangan dari Gardu Pandang Cuntel.
Menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi di Ketep Pass.
Agrowisata ke Kebun Buah Strawberry Banyuroto.
Bermain air di kolam Air Terjun Umbul Songo.
Mendaki Gunung Merbabu.

Meski tidak berada dalam satu kawasan, namun semua spot wisata di atas lokasinya sangat dekat dari Taman Wisata Kopeng. Anda bisa sekaligus berwisata beberapa spot favorit sekitar Taman Wisata Kopeng untuk memuaskan gairah travelling Anda.

Selamat liburan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *