Mulai dibuka sejak 2009 lalu, nama Pantai Indrayanti yang ada di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul terus meroket. Pesona laut dan langit yang biru, pasir putih yang bersih, ditambah dengan fasilitas penunjang yang lengkap membuat pantai ini menjadi destinasi yang sayang bila terlewat.

Perlu diketahui, nama Indrayanti sebenarnya bukan nama asli pantai ini. Pantai ini sejatinya punya nama Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya adalah gabungan nama pasangan suami istri pemilik salah satu restoran dan kafe yang ada di pantai hal yang demikian.

Seiring berjalannya waktu maka nama itu justru lebih melekat di pantai ini. Walhasil, pantai yang dinilai paling “sempurna” ketimbang deretan pantai lain ada di Gunungkidul ini lebih akrab terkenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Selain lantaran pemandangannya yang menakjubkan, objek wisata pantai di DIY juga terkenal dengan tarif masuknya yang relatif murah, termasuk pantai Indrayanti yaitu dengan Rp.10.000 anda sudah bisa menimati keindhan pantai Indrayanti.

Jam Buka Pantai

Seperti objek wisata pantai pada umumnya, pantai ini juga ngga memiliki jam buka. Artinya, wisatawan bisa kapan saja datang ke pantai ini.

Eksotisme Karang Dan Pasir Pantai Indrayanti Yang Bersih

Pantai Indrayanti salah satu tempat wisata pantai ada di Jogja yang kini telah benar-benar populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, pantai ini seolah jadi rute wajib dari nyaris semua agen wisata saat membawa tamunya berkunjung ke DIY.

Sama seperti jenis pantai selatan di wilayah Gunungkidul, pemandangan ada di sini ngga kalah indahnya. Namun yang menjadi kelebihan pantai ini yaitu selain garis pantainya yang landai juga pasir pantai ada di sini relatif lebih bersih ketimbang pantai lainnya.

Selain itu, lantaran dikelola oleh swasta, fasilitas penunjang di objek wisata ini pun jauh lebih lengkap. Mulai dari toilet, musala, kafe, restoran, hingga penginapan telah tersedia bagi wisatawan.

Jangan Buang Sembarangan di Pantai Ini

Pantai ini mempunyai kelebihan pada pengawasan yang ketat terhadap aktivitas membuang sampah secara sembarangan. Jadi siapapun itu, entah wisatawan atau pedagang, bakal terkena sanksi seandainya ketahuan membuang sampah sembarangan.

Setiap pelanggaran akan terkena denda Rp10.000. Sejauh ini cukup efektif untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan area wisata.

Pemandangan Lautan Lepas dari Atas Tebing

Bagi yang pengen menikmati area pantai dan laut dari ketinggian bisa mendaki bukit di dekat pantai. Lokasinya di sebelah barat dan timur pantai. Selanjutnya dari atas tebing ini wisatawan bisa memperhatikan landscape sekitar pantai secara lebih jelas.

Bermain ada di Batuan Karang

Karena kontur tanahnya yang landai membuat wisatawan bisa lebih leluasa bermain-main ada di area pantai. Selain itu keberadaan batu-batu karang membuat banyak ikan berenang di batuan tersebut.

Pada saat bermain air, tak jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bermain-main pula di area batuan karang. Biasanya mereka tergoda untuk menangkap ikan-ikan di batuan hanya dengan tangan kosong.

Bersantai ada di Tepi Pantai

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di pasirnya yang putih dan bersih. Semakin nyaman ditambah dengan ombak yang relatif rendah. Agar bisa sambil bersantai wisatawan bisa menyewa payung pantai dan gazebo yang banyak tersedia. Tinggal menyewa dari masyarakat sekitar pantai.

Sedangkan harganya pun cukup murah. Untuk payung pantai, wisatawan bisa menyewa dengan harga Rp20.000 per unitnya, sedangkan bagi gazebo, wisatawan bisa membayar uang sewa seharga Rp30.000 per unit.

Penginapan di Indrayanti

Losmen menjadi salah satu fasilitas andalan ada di pantai ini. Karena wisatawan yang datang ke pantai ini memang kebanyakan wisatawan dari luar DIY.

Harga losmen ada di pantai ini pun terbilang variatif, mulai dari Rp100.000 hingga Rp2 juta per malam. Dengan begitu wisatawan yang pengen menikmati eksotisnya malam ada di tepi lautan lepas, bisa memilih losmen sesuai dengan bujet yang mereka punya.

Serunya Main Jetski di Pantai

Jangan dikira berwisata ada di pantai DIY monoton. Ada di pantai ini wisatawan bisa merasakan fasilitas wisata bak pantai-pantai ada di Bali dan Lombok, seperti seumpama mengendarai jetski di atas air.

Di pantai ini, wisatawan bisa menyewa jetski dengan harga yang relatif terjangkau. Bagi pemakaian semasa 15 menit, wisatawan bisa menyewa dengan harga Rp250.000.

Rute Dan Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Bagi menuju ke pantai ini, dari Wonosari, wisatawan bisa menuju ke Kecamatan Tepus kemudian mengikuti papan penunjuk arah yang menuju ke pantai ini.

Rute melalui Wonosari memang lebih direkomendasikan, lantaran lebih mudah dilalu ketimbang jalur lainnya. Untuk lebih jelasnya, wisatawan bisa menghubungi nomor telepon pengelola 0817 279 545


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *