Instagram/ @kvntli

Pantai Pandawa merupakan salah satu destinasi unggulan Bali yang bertempat di Kabupaten Badung. Pantai ini terkenal akan tebing-tebingnya yang menakjubkan, pasir putih, dan airnya yang kehijauan.

Objek wisata pantai ini diresmikan sebagai kawasan wisata sejak 27 Desember 2012. Dulunya pantai ini dianggap sebagai secret beach karena berada ada di balik perbukitan. Kondisi jalanan menuju lokasi pantai ini begitu unik dan megah karena diapit tebing-tebing kapur yang telah dibelah.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Wisatawan yang berharap bermain ada di kawasan wisata pantai ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk relatif terjangkau. Tiket berlaku baik bagi anak-anak maupun dewasa.

  • Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa
  • Tiket Masuk Dewasa DomestikRp8.000
  • Tiket Masuk Anak DomestikRp4.000
  • Tiket Masuk Dewasa MancanegaraRp15.000
  • Tiket Masuk Anak MancanegaraRp10.000
  • Tiket Kendaraan
  • Tiket MotorRp2.000
  • Tiket MobilRp5.000
  • Tiket BusRp10.000

Jam Buka Pantai Pandawa

Pantai ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari. Waktu terbaik berkunjung ke sini pada saat pagi atau menjelang sore dimana cuaca sudah ga terlalu panas.

Jam operasional

  • Senin – MingguPk. 06.00 – 18.30 WITA

Daya Tarik Pantai Pandawa

Pantai Pandawa populer sejak 2011, setelah Desa Kutuh menjadi pemenang kedua Lomba Desa Nasional. Pantai ini dikunjungi sekitar lima ribu wisatawan lokal dan 500-600 wisatawan mancanegara per hari. Pada musim liburan, jumlah wisatawan pantai sepanjang tiga kilometer ini mencapai 20.000 orang.

Daya tarik Pantai ini ada pada tebing karst dengan Goa Pandawa dan pantai berpasir putih. Memasuki area pantai, wisatawan akan mencakupi deretan patung Pandawa. Bagi surfing, wisatawan dapat melanjutkan lurus terus ke ujung jalan.

Menuju ke lokasi inti wisata, wisatawan dapat berbelok setengah lingkaran ke kanan. Ada di sanalah lokasi pantai, bermain kano, paragliding, pertanian rumput laut, dan wisata spiritual ke Pura.

Pesona Pantai di Balik Tebing Karst

Hal yang menjadi keunikan dari Pantai Pandawa merupakan akses jalan yang melewati bukit kapur. Tebing kapur mengapit kiri dan kanan jalan beraspal menuju lokasi khususnya pantai yang berada ada di bawah tebing. Semak belukar mempersembahkan kehidupan pada tebing yang menjulang tinggi.

Setelah mencakupi tebing kapur, tiba-tiba pemandangan luas tersingkap menyibak surga tersembunyinya. Wisatawan akan seketika disuguhi hamparan lautan dengan air yang hijau jernih. Berpadu dengan pasir putih di sepanjang garis pantai, membuat keindahannya betul-betul mempesona.

Sebelum ke pantai, wisatawan bisa menikmati indahnya panorama pantai dari ketinggian. Terdapat juga tulisan berukuran besar di atas tebing : ‘Foto dulu lah!’. Tersedia kawasan yang cukup luas bagi parkir motor sebelum bagi wisatawan yang berkeinginan berfoto-foto.

Patung Pandawa

Salah satu daya tarik Pantai Pandawa merupakan adanya patung Pandawa. Ada di dalam tebing yang dipapas membentuk gua, terpampang kegagahan patung-patung hasil pahatan pematung original Bali. Patung-patung tersebut akan seketika menyambut wisatawan setelah melewati dua tebing besar ikonik khas Pantai Pandawa.

Nama pantai diambil dari cerita pewayangan Mahabarata dari lima bersaudara Putra Pandu. Patung raksasa dari para Pandawa dan Ibu Kunti dipahat di Bukit Kapur. Patung para kesatria hal yang demikian berjejer di tebing berjarak setiap lima meter.

Dari lokasi yang teratas, ada patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima Pandawa. Setelah itu secara berurutan, berdiri patung Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan terakhir Sahadewa. Masing-masing patung pun menghadap ke arah pantai.

Pesona Pantai Berpasir Putih

Pesona pasir putih Pantai Pandawa terhampar dari ujung barat ke timur. Airnya jernih dan bersih, serta deburan ombaknya mengalun di kejauhan. Warna lautnya yang kehijauan nyaris sempurna berpadu pasir pantainya yang halus.

Pantai ini disebut warga lokal Pantai Kutuh atau Pantai Melasti. Pantai ini juga disebut `Secret Beach’ karena diibaratkan surga tersembunyi di kembali tebing-tebing. Harmonisasi beberapa keindahan berpadu ada di pantai yang ngga terlalu padat wisatawan tersebut.

Matahari Terbit dan Terbenam

Pantai Pandawa punya pesona di sepanjang harinya dengan kondisi lingkungan yang alami dan terawat. Wisatawan dapat datang untuk menikmati keindahan pantainya baik pagi, siang ataupun sore hari.

Letaknya yang sungguh-sungguh strategis di sisi timur membuat Pantai ini amat cocok untuk memandang sunrise. Ada di sini disebut-sebut merupakan tempat terbaik bagi memandang matahari terbit ada di Bali.

Bagi wisatawan yang mau menikmati kesejukan udaranya, disarankan untuk datang saat sore hari. Apalagi saat matahari mulai terbenam, suasana pantai akan menyuguhkan pemandangannya sunset-nya yang memukau.

Ragam Aktvitas ada di Pantai Pandawa

Selain keindahan lanskap pantainya, berjenis-jenis aktivitas juga bisa dijalankan. Berenang, bermain kano, surfing atau sekadar berjemur merupakan beberapa aktivitas yang sering dikerjakan. Berikut beberapa hal yang bisa dikerjakan.

Bersantai dan Berjemur

Pantai Pandawa memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Wisatawan akan merasa nyaman bersantai, berenang dan bermain air ada di sini. Bagi mendukung aktivitas hal yang demikian, pantai ini juga dilengkapi dengan kamar bilas.

Wisatawan juga dapat berjemur ada di tepi pantai sambil merasakan lembutnya pasir. Atau bagi yang ga mau berbasah-basahan, dapat duduk bersantai ada di tenda-tenda pantai. Sambil menikmati keindahan panorama pantai, wisatawan juga dapat berwisata kuliner atau pijat refleksi.

Berenang

Berenang merupakan aktivitas khususnya di Pantai Pandawa. Kejernihan air lautnya membuat wisatawan merasakan relaksasi dengan berenang ada di kawasan pantai ini. Suasana pantai yang masih alami dan ga terlalu padat memberi nilai tambah tersendiri.

Surfing

Pantai Pandawa merupakan surganya para peselancar. ombaknya yang cukup memacu adrenalin, membuatnya cocook bagi surfing. Kegiatan surfing ini lebih banyak disukai terutama oleh wisatawan mancanegara.

Bermain Kano

Deburan ombak Pantai yang cukup tenang membuat wisatwan dapat mencoba mendayung kano ada di pantai ini. Foto : Instagram/iffa.yaoke

Deburan ombak Pantai Pandawa yang cukup tenang membuat wisatwan dapat mencoba mendayung kano ada di area ini. Kano yang disewakan tersedia dengan harga yang bersahabat. Harga sewa kano biasanya bagi durasi per jam. Tersedia juga kano yang disewakan bagi dua orang.

Paragliding

Paragliding merupakan salah satu wahana pemacu adrenalin. Olah raga ekstrem yang satu ini juga bisa dimaninkan ada di pantai ini. Di sini, wisatawan dapat bermain paragliding di area Bukit Timbis. Terdapat beberapa penyedia jasa paragliding bersertifikat.

Wisata Religius

Pantai Pandawa makin populer karena dipilih sebagai tempat menjalankan Upacara Melasti. Banyak wisatawan tertarik bagi melihat ritual tersebut ada di pantai ini. Malahan upacara ini juga terkenal hingga level internasional.

Karena digunakan sebagai Upacara Melasti, pantai ini dianggap suci oleh masyarakat setempat. Wisatawan harus menaati peraturan yang ada dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kawasan Suci

Pantai Pandawa betul-betul kental dengan adat istiadatnya. Setidaknya terdapat enam titik kawasan yang disucikan yang bila dilanggar akan dapat sanksi adat. Di beberapa titik, wisatawan akan menjumpai papan peringatan dan larangan yang berlaku ada di kawasan ini.

  • Kawasan suci pertama, batu cupid yang dianggap masyarakat sebagai gerbang masuk ke alam niskala. Niskala yaitu alam gaib dalam kepercayaan masyarakat Hindu Bali. Lokasinya ada di gerbang masuk menuju pantai, berdekatan dengan Pura Gunung Payung.
  • Kedua, tempat Upacara Melasti, simbol pemurnian jiwa dan raga dalam kepercayaan Hindu. Upacara Melasti diadakan setiap bulan purnama pada bilangan tahun ganjil. Ketika proses ini diselenggarakan, banyak wisatawan yang tertarik bagi menyaksikan.
  • Kawasan suci ketiga, Pura Dalem Segara, tempat masyarakat Hindu sembahyang.
  • Keempat, sumur (sukan) yang merupakan sumber air minum terlebih masyarakat Desa Kutuh.
  • Kelima, Sawan Mela ada di ujung timur.
  • Keenam, Sawan Sambing ada di ujung barat.

Budi Daya Rumput Laut

Pantai Pandawa memiliki keunikan lain yaitu penggunaan wilayah ini sebagai area budi daya rumput laut. Budi daya rumput laut ada di kawasan pantai ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Hingga kini terdapat puluhan petani rumput laut ada di area ini. Jikalau beruntung, wisatawan juga dapat memandang petani rumput laut yang sedang memanen atau menanam.

Akses

Pantai Pandawa bertempat di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak 18 km dengan jarak tempuh sekitar satu jam.

Dapat juga melalui tol Bali-Mandara menuju Nusa Dua arah Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran. Jalan menuju pantai yang diapit dua tebing tinggi telah bagus, lebar dan beraspal.

Fasilitas

Fasilitas kawasan wisata pantai ini cukup lengkap. Ada di tepi pantai terdapat puluhan kios makanan ada di mana wisatawan dapat menyantap kuliner khas Bali.

Di beberapa tempat sekitar pantai juga tersedia letak penjualan hasil kerajinan tangan masyarakat sekitar. Letak hal yang demikian biasanya terletak ada di pondok-pondok dekat pantai sisi kanan.

Lokasi Pantai Pandawa

Objek wisata pantai ini berlokasi di Bali Selatan, tepatnya ada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak sekitar 40 kilometer dari kawasan desa wisata Kuta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.