image by Piknik Asik

Jepara adalah daerah di Jawa tengah yang bersebelahan langsung dengan laut. Salah satunya pulau yang cantik dan masih masuk di teritori Jepara ialah Karimunjawa. Tetapi, tak perlu jauh ke Karimunjawa, sebagai tukarnya ada Pulau Panjang yang tidak kalah cantiknya. Yang bisa dilakukan dalam kurun waktu lebih kurang 20 menit saja dari daratan Jepara.

Pulau Panjang bukan pulau memiliki penghuni, cuman beberapa penjual makanan dan aksesori yang menempatinya. Tetapi, seringkali pengunjung jadikan tempat ini sebagai tempat kemping. Alamnya yang cantik dengan pohon-pohon hijau yang asri dan lautan biru yang jernih. Jadi daya magnet khusus pelancong berkunjung pulau ini.

Nikmati Alam Cantik Pulau Panjang

Deburan ombak yang tenang ikut mengantarkan pengunjung ke arah Pulau Panjang. Makin dekati pulau kecil ini, air laut terlihat makin biru dan jernih. Bahkan juga, pengunjung bisa melihat bebatuan karang dan ikan warna – warni yang ada dalam perairan. Demikian jernih sampai bisa dilihat cuman di atas pelabuhan saja.

Situasi pelancong demikian berasa di pulau ini, walau tidak ada perumahan warga. Warung – warung kecil yang sediakan makanan dan minuman, dan warung yang jual aksesori. Penuhi kanan dan kiri jalanan sesudah gapura masuk di tempat wisata ini. Beberapa penjual demikian semangat tawarkan dagangannya ke beberapa pelancong.

Pulau ini demikian asri, dengan pohon-pohon yang paling rimbun. Di sini sudah dibuat jalan setapak dari paving, hingga pengunjung bisa berjalan dengan nyaman. Terlihat bangunan toilet dan masjid yang terlihat rapi dan terurus. Seakan pulau kecil ini mempunyai semua yang diperlukan pelancong.

Snorkeling Nikmati Alam bawah Laut

Keelokan bawah laut tempat wisata ini pantas dapat acungan jempol. Dan saat telah tiba di sini, tidak boleh terlewat untuk menelusuri alam bawah lautnya. Perairannya yang dangkal memungkinkannya pengunjung bisa nikmati keelokannya dengan gampang. Bahkan juga, untuk pengunjung yang tidak pintar berenang sekalinya.

Ombak yang tidak besar jadikan tempat ini aman untuk snorkeling. Dari perairan yang dangkal di pinggir pantai, pengunjung bisa melihat keelokan bawah lautnya. Ikan kecil warna – warni terlihat berenang ke sana – kesini dengan rianya. Sembunyi dan menyembul datang dari balik bebatuan karang yang cantik.

Untuk yang tidak bawa perkelengkapan snorkeling, tidak boleh cemas. Karena banyak tempat persewaan snorkeling di sini. Pada harga yang paling dapat dijangkau.

Bermain di Pinggir Pantai

Pulau Panjang mempunyai pasir pantai yang putih dan tempatnya lumayan luas. Pengunjung bisa senang berlarian di tempat pasir ini. Halusnya pasir pantai seakan membelai telapak kaki saat memijakinya.

Lebih asyik kembali saat tiba ke tempat wisata ini bersama-sama dengan rekan atau keluarga. Bisa bermain berkejaran di atas pasir pantai, atau berkejaran dengan ombak yang kadang-kadang sapu pasir. Demikian membahagiakan dan menyenangkan. Namun tetap berhati – hati, karena kadang ada karang ada di pasir, dan sakit saat terinjak.

Kemping di Pinggir Pantai

Tempat pasir yang luas memungkinkannya pengunjung membangun tenda di sini. Cukup banyak pelancong yang meluangkan diri untuk nikmati malam di Pulau Panjang. Karena di waktu malam datang, bintang akan makin terang kelihatan. Membuat terlihat demikian cantik dan ramai bertaburan di langit yang gelap.

Pada pagi hari, pengunjung bisa menunggu hadirnya matahari keluar yang demikian memikat. Kemilau sinarnya berkenaan perairan pantai, yang membuat terlihat berkilau.

Agar bisa nikmati kemping di sini, pengunjung tak perlu bawa tenda sendiri. Karena di sini tersedia banyak tempat persewaan tenda pada harga cukup dapat dijangkau.

Berkeliling-keliling Telusuri Pulau

Pulau Panjang bukan pulau yang besar, hingga bisa dikitari dalam kurun waktu lebih kurang satu jam. Pengurus sudah lengkapi tempat ini pada jalan setapak dari paving. Lebarnya lebih kurang satu mtr., hingga lumayan luas untuk berjalan dua sampai 3 orang bersama-sama. Pengunjung juga bisa sewa sepeda untuk melingkari pulau.

Di kiri kanan jalan setapak ini ada pohon-pohon yang tumbuh dengan rimbun. Berjalan telusuri pulau tidak berasa panas walau matahari berkilau dengan teriknya. Karena tidak banyak cahaya yang bisa tembus rimbunnya dedaunan di pohon ini.

Sarana Di Pulau Panjang

Tempat wisata ini mempunyai sarana yang lumayan komplet, dimulai dari toilet sampai masjid. Barisan warung kulineran ada, ditanggung tidak kelaparan ada di sini. Toko souvenir ikut lengkapi rekreasi di pulau ini. Ditambahkan lagi, di sini ada pusara ulama Jepara jaman dahulu, yakni Syeikh Abu Bakar.

Posisi Pulau Panjang

Tempat wisata ini berada di Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Bisa dilakukan dengan seberang dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.