Wisata  Unik di Yogyakarta
Hello friends, I’ll see you again with Raul Fattahillah on my favorite blog.Eeeh kok jadi sok inggris yakk….emmm oke kembali ke materi kita selanjutnya yaitu tentang “Wisata Terbaik di Jogja” .
Membahas tempat wisata di Yogyakarta tidak akan pernah ada habisnya sebab wisata di Yogyakartasangat beragam mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner bahkan wisata budaya dan sejarah pun ada di Yogyakarta. Bisa dikatakan Yogyakarta mencakup semua kategori tempat wisata dan tentunya cocok untuk mengisi waktu luang saat berlibur.Cocok untuk wisatawan lokal maupun asingdikarenakan banyak tempat wisata murah bahkan gratis meski begitu tempat wisata yang didatangi tidak murahan. Keindahan, keunikan dan kesenangan yang didapatkan membuat banyak wisatawan ingin kembali lagi ke tempat ini.  Oleh sebab itu kota Yogya menjadi kota yang sering dirindukan oleh banyak orang.
Berikut ini adalah tempat wisata di Yogya yang unik dan sering dikunjungi wisatawan : 
baca juga artikel mengenai : wisata malam jogja
1)     Malioboro

a.     Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro. Malioboro sudah terkenal di dunia juga di Indonesia. Saat berada disini anda akan melihat banyak turis asing yang ada disini. Berkunjung ke Malioboro tidak akan dikenakan biaya. Jika anda mengendarai kendaraan anda hanya dikenakan tarif parkir.
b.    Anda bisa menyusuri sepanjang Jalan Malioboro. Anda akan menemukan banyak sekali Mall atau pusat perbelanjaan, pedagang di pinggir jalan Malioboro yang menawarkan barang-barang khas Jogja dengan harga murah, kuliner khas Joga serta hotel atau penginapan mulai dari kelas melati sampai dengan kelas berbintang. Malioboro merupakan tempat yang tidak akan pernah tidur, semakin malam malah semakin ramai dan kota Yogya merupakan kota yang tidak pernah tidur.
c.     Suasana akan semakin semarak ketika ada musisi jalanan yang memainkan lagu dengan angklung mereka. Mereka akan menyanyikan lagu dengan bahasa jawa..
2)     Alun-alun Selatan Yogya
3)     
a.     Bagi para backpacker tidak akan afdol rasanya jika tidak berkunjung ke alun-alun selatan kota Yogya. Lokasi wisata ini masih satu rute dengan Jalan Maliboro. Dari Jalan Malioboro anda bisa berjalan lurus ke arah selatan. Alun-alun selatan ini akan sangat ramai saat malam hari. Saat malam hari alun-alun selatan kota Yogyakarta tidak akan pernah sepi dari pengunjung lokal maupun pengunjung yang berasal dari luar Yogya.
b.    Bisa dikatakan bahwa alun-alun selatan ini adalah tongkrongannya bagi anak muda. Warga jogja sering menyebut alun-alun ini dengan sebutan Alkid atau kepanjangan dari alun-alun kidul. Kidul merupakan bahasa jawa dari Selatan.
c.     Keunikan dari tempat wisata ini adalah pengunjung bisa mencoba melewati diantara dua buah pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun. Melewati kedua buah pohon beringin itu harus dengan kondisi mata tertutup. Saat berjalan anda bisa mengatakan keinginan anda di dalam hati. Konon katanya jika anda bisa berhasil melewati kedua buah pohon beringin tersebut tanpa menyimpang keinginan anda bisa terkabul.
d.    Untuk masuk ke tempat ini tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Anda akan dikenakan biaya jika anda menyewa sepeda maupun becak yang menyala saat malam hari. Biaya sewa tersebut antara 20 ribu rupiah sampai dengan 30 ribu rupiah. Anda bisa seru-seruan menaiki sepeda maupun becak itu bersama dengan teman maupun saudara anda.
4)     Bukit Bintang
 
a.     Anda ingin melihat bintang secara langsung ditempat wisata ini. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata terkenal dan unik. Saat sore hari menjelang malam tempat ini akan banyak dikunjungi oleh banyak orang.
b.    Tempat ini juga menjadi tongkrongannya bagi anak muda. Para backpacker yang menginginkan wisata murah di Yogya bisa datang ke tempat ini. Pesona dari Bukit Bintang ini tidak akan pernah anda lupakan. Jangan takut, Yogya menyediakan berbagai macam tempat wisata yang murah dan gratis. Bahkan tempat ini merupakan tempat wisata yang tanpa tiket atau gratis.
c.     Lokasi wisata ini ada di Gunungkidul Yogyakarta. Tempat wisata ini ada di pegunungan yang tinggi. Bintang yang dimaksud disini bukanlah bintang dalam arti nyata namun berupa lampu dari kota Yogya yang terlihat seperti bintang diatas pegunungan. Anda bisa menikmati suasana disana sambil memesan jagung bakar atau berbagai macam makanan dan minuman yang disediakan disana.
d.    Berada ditempat tersebut anda akan merasa dikelilingi oleh ribuan bintang, tidak hanya itu saja yang menjadi daya tarik wisatawan. Anda bisa melihat balon udara yang diterbangkan dari ketinggian. Balon udara itu ada sumbu api kecil didalamnya, ketika nyala api menyusut kemudian padam balon itu akan jatuh.
 
5)     Rumah Teletubbies

 
a.     Pernahkah anda melihat kartun teletubbies?. Kini hunian teletubbies ada di Yogya tepatnya berada di Piyungan Bantul Kota Yogyakarta. Penduduk setempat menyebut Rumah Teletubbies itu adalah Rumah Dome. Rumah Teletubbies berbentuk seperti kubah yang membulat.
b.    Sebenarnya rumah itu merupakan rumah yang dibangun sehabis gempa Yogya yang dahsyat. Rumah ini merupakan rumah pengganti bagi korban bencana gempa Yogya tahun 2006 silam. Pembangunan Rumah Dome ini dipelopori oleh Domes for the World dari Amerika.
c.     Rumah ini bisa anda temukan di beberapa negara lainnya misalnya Kenya, Thailand dan juga Undia. Rumah ini merupakan tempat wisata unik sebab menjadi Rumah Dome pertama di Indonesia.
d.    Kelebihan dari rumah ini adalah konstruksi besi dinding yang berhubungan dengan pondasi. Meski mungil rumah ini dirancang tahan angin dan juga tahan goncangan dari gempa bumi. Rumah ini dijadikan sebagai rumah anti gempa. Maskot berupa teletubbies pun ada disana sehingga anak-anak pun banyak yang bermain dan berfoto bersama dengan teletubbies.
6)     Air Terjun Sri Gethuk
a.     Air terjun yang terkenal di Yogya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk juga menjadi tempat wisata berupa air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi.Memang untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk, tidak hanya tiket masuk saja yang harus dibayarkan namun pengunjung harus membayar tiket perahu untuk menuju ke lokasi air terjun.
b.    Memang lokasi air terjun sulit dijangkau dengan berjalan kaki sebab berada  di ujung sungai sehingga untuk mengangkut wisatawan harus menggunakan perahu. Perahu yang akan mengangkut wisatawan pun sangat unik tidak seperti perahu pada umumnya.
c.     Perahu terbuat dari besi dan terbuka pada bagian atasnya sedangkan agar bisa mengapung di sekeling perahu tersebut ada drum yang membuatnya mengambang. Satu perahu hanya bisa menampung 6 sampai dengan 8 orang wisatawan saja. Bisa dikatakan bahwa bentuknya lebih mirip dengan rakit.
d.    Air terjun ini mmeiliki ketinggian 80 meter dan letaknya ada di tepi Sungai Oyo. Anda tidak hanya menemukan satu air terjun saja namun anda akan menemukan tiga buah air terjun sekaligus. Hal itu dikarenakan sumber dari air terjun itu ada tiga yaitu Kedungpoh, Nganding dan juga Ngumbul. Air terjun itu muncul di sela tebing karst yang gersang.
e.     Dinamakan Sri Gethuk dikarenakan tempat tersebut dipercayai sebagai pusatnya para jin dengan pimpinan bernama Jin Anggo Menduro. Anda bisa menikmati jernihnya air di bawah air terjun tersebut. Waktu akan berputar begitu cepat ketika anda berada disini. Bermain air menjadi aktivitas yang disukai disini. Tidak hanya itu saja, pengunjung yang ingin berenang bisa berenang di Sungai Oyo yang airnya jernih. Untuk berenang pengunjung harus membayar sewa pelampung kepada pengelola tempat wisata air terjun.
f.     Itulah beberapa tempat wisata yang unik dan populer di Indonesia. Tidak hanya populer di Indonesia saja namun juga populer di mata dunia. Bagi anda yang ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata tersebut sebaiknya memilih kota terdekat terlebih dahulu dengan kota tempat tinggal Anda. Hal itu dikeranakan tidak mungkin anda bisa menjangkau semua tempat wisata di Indonesia dalam satu waktu sekaligus.

video by hai-indonesia.com

Pembaca Juga Mencari Info:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *