taman ir. Djuanda

hai sobat cakrawala!

, bingung mencari tempat wisata di daerah Bandung?

Taman Hutan Raya Juanda bisa jadi salah satu tujuan wisata anda kalau berlibur ke Bandung, terutama kalau anda memang penyuka wisata alam si Bandung. Taman Hutan Raya Juanda dikenal juga dengan nama Tahura Juanda, atau cukup dengan singkatan THR Juanda.
Berada di ketinggian antara 770 mdpl hingga 1330 mdpl. Tidak kurang dari 2500 jenis tanaman tumbuh di berkembang di Taman Hutan Raya Djuanda. Tahura Djuanda merupakan kawasan konservasi yang memadukan alam sekunder dengan hutan tanaman. Suasana hutan yang sangat alami ditambah beberapa objek wisata menarik menjadi daya pikat tersendiri.

Harga Tiket Taman Hutan Raya Djuanda
· Tiket Reguler : Rp.15.000
· Parkir Mobil : Rp.12.000
· Parkir Motor : Rp. 6000
· Parkir Bus : Rp.15.000
Jam Buka Taman Hutan Raya djuanda
· Senin – jumad : 07.30 – 16.00 WIB
· Sabtu – Minggu : 06.00 – 17.00 WIB

Aktivitas dan Kegiatan Yang Dilakukan Di Taman Hutan Raya Djuanda

taman tahura Djuanda

1. Gua Belanda di Tahura Djuanda

Nama objek wisata yang bisa jadi sangat identik dengan tempat wisata Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung ini, yaitu Gua Belanda. Inilah bukti sisa peninggalan zaman kolonialisme Belanda di bumi nusantara yang masih bisa anda saksikan langsung dari dekat, dengan fasilitas yang masih cukup terjaga dan lengkap
Dibangun pada sekitar tahun 1918, Goa Belanda di THR juanda Bandung ini diyakini pada masanya digunakan sebagai markas militer, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi,PLTA hingga berfungsi sebagai penjara.
2. Gua Jepang di Tahura Djuanda

identitas Taman Hutan Raya Juanda Bandung juga sangat identik dengan salah satu objek wisata lainnya di sini, yaitu Goa Jepang. Gua yang merupakan hasil jerih payah cucuran keringat, darah dan nyawa para pejuang kita yang dipaksa bekerja secara paksa alias Romusha.
Gua peninggalan masa penjajahan jepang yang dibangun pada tahun 1942 ini memiliki 4 pintu dengan 2 saluran udara.
Lokasi Gua Jepang di Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda dari lokasi gerbang masuk, berjarak sekitar 600 meter.
3. Curug omas

Curug Omas sebenarnya lebih dikenal warga bandung dan juga wisatawan dengan sebutan Curug Maribaya, karena lokasinya memang berada di kawasan Wisata Maribaya Lembang Bandung.
Daya tarik wisata dari Curug Omas Bandung ini adalah eksotisme pemandangan alam akan keindahan air terjunnya yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta suasana dan udaranya yang sangat sejuk.
Curug Omas ini merupakan titik pertemuan dua aliran sungai di Bandung, yaitu Sungai Cikawari dengan sungai cigulung, yang kemudian membentuk jalur daerah aliran sungai Teras Cikapundung.
4. Curuk Lalay

air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan lokasinya tersembunyi di dalam kawasan lembah.
Di sekitar sisi curug lalay ini terdapat sebuah cerukan mirip Gua, dan di sanalah terdapat banyak ditemukan binatang kelelawar, sehingga menjadi nama curug ini.
5. Curug Dago

Curug Dago adalah wisata air terjun di Bandung yang memiliki nilai sejarah tinggi. Curug dalam bahasa Sunda memiliki arti air terjun. Di Bandung sendiri memang terdapat banyak air terjun mengingat Bandung yang secara geografis dikelilingi oleh kawasan perbukitan.Air terjun atau Curug Dago ini mempunyai ketinggian tidak kurang 12 meter dengan lokasi ketinggiannya di atas 800 meter di atas permukaan air laut.
6. Tebing Keraton

Daya tarik wisata Tebing Keraton adalah, inilah tempat dimana anda bisa menyaksikan eksotisme terbit dan terbenamnya matahari dari satu lokasi. Untuk masuk ke lokasi Tebing Keraton yang ada di dalam are Taman Hutan Raya Juanda ini, anda wajib membayar tiket masuk terusan, dan untuk menuju lokasi tebing keraton anda bisa masuk lewat gerbang Tahura Dago.

7. Penangkaran Rusa

Berkunjung ke Tahura Bandung juga, anda bisa menyaksikan dari dekat, tempat penangkaran rusa jenis Rusa Tutul. Anda juga bias mengajak buah hati anda untuk berkunjung ke Tahura Djuanda untuk Edukasi.
8. Monumen IR.H DJUANDA

Di sini juga pengunuung bisa mendokumentasikan waktu liburan anda ke Taman Hutan Raya Juanda ini dengan berfoto di depan monumen ini.
9. Museum IR.H DJUANDA

Terdapat ruangan museum seluas 8 x 10 meter persegi, yang di dalamnya berisikan benda-benda kenangan sejarah seorang tokoh heroik di masanya.
10. Prasasti Batu Raja Thailand

Berdasarkan catatan dan bukti sejarah, tercatat pada sekitar tahun 1818 Masehi, ke Bandung datang 2 orang Raja dari kerajaan Thailand.
Konon dalam perjalanan itu, sampailah kedua raja tersebut di lokasi Curug Dago yang ada di tahura juanda ini, dan mereka sangat terpesona dengan keindahannya.
Nah untuk mengabadikan kunjungan mereka di tempat ini, maka dibuatlah 2 prasasti batu tulis oleh kedua raja tersebut yang bernama Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti kerajaan Chakri.
11. Hiking

inilah salah satu kegiatan favorit wisatawan asal perkotaan seperti jakarta yang sedang berkunjung ke kawasan wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Ya, bagi anda penyuka olah raga jalan menyusuri kawasan alam yang masih asri dan berudara sejuk, pasti tempat wisata Tahura Bandung ini adalah lokasi favoritnya.
Jajal trek atau jalur hiking di sini, dan nikmatilah sejumlah tempat wisata sambil anda berolah raga di dalam kawasan hutan kota yang sangat tertata rapi ini.

Fasilitas di Tahura Djuanda
Tempat wisata ini didukung dengan fasilitas yang lengkap. Para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir dengan lokasi parkir. Tersedia lahan parkir cukup luas yang bisa ditemukan di gerbang Dago serta Maribaya. Selama berada di dalam area hutan raya, para wisatawan juga tidak perlu repot mencari makanan.
Terdapat beberapa tempat makan yang bisa dipilih. Bahkan, bukan tempat makan biasa, tapi Cafe dengan desain yang unik.
Ditambah lagi, pihak pengelola hutan raya juga menyediakan lokasi istirahat berupa gazebo yang terdapat di beberapa titik.

Lokasi dan Alamat Tahura Djuanda
Taman Hutan Raya Djuanda berlokasi di alamat Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

untuk info lengkap wisata bisa cek di website http//cakrawalatour.com

Selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *