Pasir-putih-jogjasceneryHello Sobat cakrawala….
Satu lagi pantai dengan ombak yang relatif tenang di pesisir DIY bisa menjadi tujuan wisatawan yang bosan dengan hiruk pikuknya perkotaan. Pantai itu bernama Pantai Sadranan yang berada di Kabupaten Gunungkidul.

Karakteristik pantai yang memiliki ombak relatif tenang disebabkan adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai. Penghalang berupa gili (pulau kecil) dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini sebagai lokasi snorkeling.

Di luar keberadaannya sebagai tempat wisata, sesuai dengan namanya, pantai ini juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk berkegiatan spiritual. Asal usul nama pantai Sadranan berasal dari kata nyadran yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah.

Tiket Masuk Dan Tarif Parkir

  • Tarif tiket masuk Rp10.000 per orang
  • Sepeda motor Rp2.000 per kendaraan
  • Mobil Rp5.000 per kendaraan

Jam Buka Pantai Sadranan

  • Senin – Minggu 24 Jam

Eksotisme Koral Dan Birunya Laut Pantai Sadranan
Pesona-Pantai-Sadranan-Mas-No-Alvin-Game-640x360

Seperti halnya pantai-pantai lain di kawasan Selatan DIY, Pantai Sadranan juga memiliki ciri khas pasir putih dengan karang koral di area sangat dekat dengan bibir pantai. Pasir putih ini mengingatkan pada pantai terkenal semacam Kuta di Bali dan Mandalika di Lombok.

Namun pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini punya kelebihan dari dua pantai yang sudah masyur itu, yaitu adanya koral karang di pantai. Selain itu, pantai ini juga masih terbilang sepi.

Karakteristik pantai ini adalah memiliki ombak relatif tenang lantaran adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai, berupa pulau kecil (gili) dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini sebagai lokasi snorkeling.

Surga Tersembunyi di Sela Deretan Pantai
Pantai dengan pemandangan indah ini diapit oleh tiga pantai lainnya yaitu pantai Slili, Pantai Krakal, dan Pantai Ngandong. Lokasi pantai ini memang cukup tersembunyi.

Untuk bisa sampai ke sana, wisatawan bisa mengambil jalan yang melewati pantai Krakal. Setelah itu ambil arah timur dan terus jalan sampai menemukan petunjuk untuk menuju pantai Sadranan.

Pesona Gradasi Warna Alam
Pesona-gradasi-warna-di-Pantai-Sadranan-Angela-Agusta-640x367

Walau letaknya cukup tersembunyi, akan tetapi masalah keindahan alam tidak kalah dari tempat lainnya. Pantai Sadranan termasuk pantai yang kaya akan pemandangan alam yang indah.

Air lautnya jernih dan dipenuhi dengan karang-karang di dalamnya, pantai pasirnya putih, ombaknya cukup besar, suasana senja saat matahari terbenam yang sangat menawan. Gradasi warna laut dan langit yang biru, hijaunya koral, dan kokohnya tebing batu menjadikan pemandangan di pantai ini kian sempurna.

Ritual Sedekah Laut
Tak hanya pemandangan alam yang memesona, di pantai ini wisatawan juga bisa menyaksikan pesta rakyat sebagai bagian dari ritual adat sedekah laut yang biasa digelar masyarakat setiap November-Desember.

Sedekah laut digelar masyarakat setempat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur mereka terhadap segala rezeki yang dianugerahkan Tuhan. Kegiatan itu mereka lakukan dengan melarungkan sesaji ke laut.

Snorkeling dengan Tarif Lebih Murah
Aktivitas-snorkeling-di-Pantai-Sadranan-Try-Agus-640x365

Pantai Sadranan merupakan salah satu spot snorkeling yang banyak diincar pegiat pemandangan bawah laut, selain Pantai Nglambor yang juga berada tak jauh dari pantai ini. Bahkan jika dibandingkan dengan Pantai Nglambor, harga sewa peranti snorkeling di pantai ini relatif murah.

Hanya dengan membayar Rp35.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas snorkeling komplet dengan instrukturnya. Di pantai ini setidaknya ada dua spot snorkeling yang disarankan, yakni di area Watu Pecah dan Kali Senggoro.

Hanya saja, saat snorkeling, wisatawan tetap harus berhati-hati karena memang ombak di pantai Sadranan ini cukup besar. Waktu yang paling baik untuk melakukan aktivitas ini adalah pada saat air laut surut yaitu sore atau pagi hari.

Serunya Outbound di Dekat Pantai
Bagi yang datang berkunjung untuk kegiatan outbond, pengelola pantai ini juga menyediakan fasilitas outbound. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alam pantai Sadranan yang eksotis serta snorkeling untuk melihat indahnya alam bawah laut, wisatawan juga bisa merasakan serunya outbound di dekat pantai.

Eksotika Tebing Karang
Gugusan-karang-di-Pantai-Sadranan-Aen-Zulk-640x480

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah tebing karang atau terlihat juga seperti pulau karang yang terletak agak ke tengah dari pantai. Bagian bawahnya terlihat hitam karena memang merupakan sebuah karang sedangkan bagian atasnya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan hijau.

Rute Dan Lokasi Pantai Sadranan
Secara administratif pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berada satu kompleks dengan lokasi wisata pantai lain di sekitaran gunung kidul.

Apabila lalu lintas normal, dari pusat kota Jogja, wisatawan cukup perlu waktu dua jam untuk menuju ke pantai ini kendaraan bermotor. Dari pusat kota Jogja, silakan menuju arah Wonosari.

Setelah itu, silakan menuju arah selatan menuju pantai Baron. Setelah tiba di pos retribusi, wisatawan akan menemukan pertigaan lalu lurus saja ke arah pantai Krakal karena pantai Sadranan terletak persis di sebelah timurnya.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur !


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *