SELECTA MALANG

hai sahabat cakrawala, tahukah kalian tempat berlibur Selecta Malang?
Dalam tempat wisata Selecta Malang Konsep yang dikembangkan merupakan taman atau kebun bunga dengan berbagai macam jenis bunga. Aneka warna dan harum bunga menjadi ciri khas yang bisa ditemukan di area wisata ini.

  • Suasana Taman Selecta Malang

Nama Taman Selecta Malang ini diambil dari bahasa Belanda. Kata bahasa Belanda “Selectie” yang artinya pilihan. Objek wisata ini dibangun selama kurang lebih 8 tahun. Kurun waktu pembangunan antara tahun 1920 hingga tahun 1928. Objek wisata Malang ini benar-benar menyuguhkan konsep taman yang berbeda. Taman Selecta Malang memiliki luas keseluruhan sekitar 18 hektar. Namun yang digunakan sebagai taman bunga atau kebun bunga hanya sekitar 10 hektar.

  • Taman Bunga Selecta Malang

Untuk menyusuri area ini wisatawan dapat melewati jalanan yang dibangun di antara taman bunga yang indah. Kurang lebih akan ditemui setidaknya puluhan spesies bunga dengan berbagai jenis dan warna. Jenis yang dominan di sini adalah bunga kana, krisan, ajisai, dan berbagai jenis bunga dari daerah-daerah di Indonesia. Meski dimanjakan dengan berbagai bunga yang indah, namun di sini wisatawan dilarang keras untuk memetik atau membawa pulang bunga.

  • Harga Tiket Selecta Malang

Tiket Reguler Setiap Hari Rp40.000

  • Jam Buka

Jam Buka 06.00 – 17.00 WIB

  • Wahana Taman Selecta Malang

Selain hal-hal berkaitan dengan lingkungan dan lokasinya, wisata yang dibangun tahun 1950 ini pun memiliki banyak fasilitas yang dikembangkan. Area ini memiliki banyak pilihan wahana yang bisa digunakan wisatawan jika lelah untuk berkeliling atau mencari pengalaman lain dalam liburan, misalnya outbond, olahraga, atau bahkan hanya sekedar hangout dan ngobrol bersama.

wahana selecta malang
1. Sky Bike – Sepeda Langit di Taman Selecta Malang

Wahana ini seperti sebuah sepeda yang berjalan pada rute tertentu. Rute tersebut akan membawa berkeliling mengitari area taman bunga yang indah. Wisatawan yang menaikinya dapat berfoto dari atas taman dengan latar belakang bunga yang warna-warni.

2. Nikmati Berbagai Taman Bunga

Wahana kedua adalah Taman Bunga. Taman Bunga menjadi area khas yang dimiliki oleh wisata ini. Dulunya, objek wisata ini tidak dibuka untuk umum. Melainkan hanya milik pemerintah kolonial Belanda. Orang-orang Belanda pada masa lalu dapat beristirahat di sini dan melihat berbagai bunga yang ada.

3. Bermain Air di Waterpark

bermain air waterpark

Waterboom ini menarik karena airnya berasal dari sumber mata air pegunungan sehingga sangat jernih. Namun, jangan terlalu lama berendam di sini karena airnya dingin dan juga letaknya di dataran tinggi membuat hawa dingin tidak begitu baik jika daya tahan tubuh tidak kuat.

4. Menunggang Kuda

Wisatawan akan melalui rute menarik untuk menikmati sisi lain Taman Selecta Malang dengan berkuda. Ditemani pawang, kuda-kuda yang ada dijamin jinak dan sangat bersahabat.

5. Perahu Ayun

Selain melatih keberanian untuk anak-anak, wahana ini juga membuat deg-degan. Wisatawan akan diayun kurang lebih 90° di atas perahu. Jika tidak ingin basah-basahan atau kedinginan, wahana ini cocok karena hanya membuat jantung deg-degan.

6. Nonton Bioskop 4D
Lewat konsep empat dimensi ini, film disuguhkan tidak hanya melalui indera penglihatan dan juga pendengaran. Tetapi, wisatawan atau penonton kadang merasakan efek yang muncul dan juga gerakan film secara langsung. Menonton film ini bersama dengan sahabat atau keluarga, akan menambah keseruan.

7. Pasar Bunga
Jika hendak membawa pulang bunga, di sini terdapat tempat khusus. Wisatawan dapat berbelanja benih bunga-bunga atau bibit untuk ditanam sendiri. Selain dapat digunakan untuk belajar berkebun, Pasar Bunga ini sebagai salah satu solusi menghindari pengrusakan pada bunga-bunga di Taman Selecta Malang.

  • Fakta Menarik Taman Selecta Malang

1. Berlokasi di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Fakta menarik pertama adalah letaknya yang berada di dataran tinggi. Hawa dingin yang ada di area ini tentu mendukung keberadaan wisata alam di daerah ini. Selain kenampakan alam yang begitu memanjakan mata, juga udara yang menyegarkan tentu menjadi suatu hal menarik.

2. Boleh Melihat, Dilarang Menyentuh & Memetik
Fakta menarik kedua adalah bunga-bunga di area ini tidak boleh dipetik atau bahkan disentuh. Aturan ini cukup ketat dan memberlakukan denda pada wisatawan yang melanggar aturan.

3. Flower Princess Selecta Malang
Fakta menarik ketiga adalah Flower Princess Selecta Malang. Flower Princess Selecta Malang merupakan salah satu keindahan yang dimiliki objek wisata ini. Selain bisa berfoto dengan latar bunga, ada juga perempuan-perempuan yang mengenakan pakaian dengan pernak-pernik yang menyerupai bunga.

4. Tidak Hanya Taman, Ada Kolam Renang Juga
Fakta menarik keempat adalah adanya wahana kolam renang di objek wisata ini. Lokasi wisata yang berada di area dataran tinggi membuat air yang ada di kolam tersebut cukup dingin. Jika tidak kuat, disarankan untuk tidak terlalu lama berada di kolam dan menghangatkan badan dengan minuman hangat.

5. Dulunya untuk Belanda sekarang untuk Umum
Fakta menarik kelima adalah sejarah yang ada di objek wisata ini. Dulunya orang-orang Belanda memanfaatkan tempat ini untuk menyegarkan pikiran karena memang taman bunga ini sangat indah dan memesona.

6. Selain Taman, Bisa Melihat & Menunggang Kuda
Fakta menarik keenam adalah banyak kuda yang disediakan untuk wahana berkuda. Wisatawan yang ingin menikmati suasana Taman Selecta Malang dengan cara lain bisa dengan berkuda. Kuda yang disediakan di wahana ini cukup beraneka ragam ukurannya.

  • Alamat & Lokasi Taman Selecta Malang

Taman ini tepatnya terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Jarak yang ditempuh dari Kota Malang sekitar 25 km, sementara dari pusat Kota Batu sekitar 4 km.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *