Yuk Wisata ke Danau Situ Patenggang

sunset-situ-patenggang-e1558790689273-630x380

Situ Patenggang yang terletak di wilayah Bandung selatan merupakan salah satu objek wisata alam yang layak untuk di kunjungi. Situ Patenggang terletak berdekatan dengan tempat wisata favorit lainnya di daerah Bandung selatan; Kawah putih, Ranca Upas dan juga Glamping Lakeside Rancabali.

Jadi kalau rekan-rekan sedang berlibur ke daerah Bandung selatan, kawasan situ (danau) patenggang ini bisa dimasukan dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.

Letak tempat wisata situ patenggang sendiri memang amat menarik. Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah, rekan-rekan akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan yang masih asri mulai dari perjalanan sampai ke lokasi .

Legenda Situ Patenggang Bandung
Tempat wisata situ patenggang bandung memiliki legenda tersendiri. Nama situ patenggang disebutkan berasal dari kata pateang-teang ( saling mencari) . Seperti biasa, legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta . Disebutkan dua orang titisan dewa bernama raden Santang dan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama.

Mereka pun kemudian saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama batu cinta . Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ patenggang.

Lokasi Situ Patenggang
Situ Patenggang teletak di daerah Bandung selatan, berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi situ patenggang sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal.

Lokasi situ patenggang dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau sehingga amat memanjakan dan menyegarkan ke mata.

kebun-teh-di-Situ-Patenggang-630x380

Hal Yang Bisa Dilakukan
Kalau dari segi wahana, tempat ini masih kurang sepertinya. Lebih menyodorkan keindahan alami dari danau. Di sini kita juga bisa berkeliling situ dengan menyewa perahu. Selain itu juga terdapat beberapa spot yang asyik banget buat menikmati suasana sekitar.

Satu hal yang perlu diperhatikan, Situ Patenggang juga menjadi lokasi dari salah satu tempat wisata terkenal di Bandung Selatan: Glamping Lakeside Rancabali. Lokasi Glamping Lakeside Rancabali dengan Pinisi resto nya yang iconik banget berada di sisi lain Situ Patenggang.

situ patenggang dan pinisi resto
pinisi resto di kejauhan
Jika anda berkunjung ke Glamping CIwidey, bisa sekalian juga berkeliling situ Patenggang.

Catatan: gerbang masuk resmi ke Situ ini berbeda dengan gerbang Glamping Lakeside. Tapi ada jalan dari glamping untuk menuju ke area resmi patenggang.

Transportasi
Untuk menuju ke lokasi, anda bisa menggunakan angkutan umum dari terminal leuwi panjang bandung – ciwidey , disambung dengan angkutan desa ke situ patenggang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menuju lokasi melalui jalur kopo-soreang-ciwidey-situ patenggang.
Jalan dari Bandung sampai ke lokasi lumayan bagus. Hanya saja kalau membawa mobil pribadi harus hati-hati di rute antara Ciwidey-kawah putih. jalannya kecil dan berbelok-belok menanjak. Di saat weekend atau long weekend harus lebih hati-hati karena banyak bus wisata besar yang juga lewat ke jalur ini.

Akomodasi
Tiket masuk ke situ patenggang adalah Rp 18.000 per orang . Sarana tempat parkir tersedia luas, dilengkapi dengan toilet umum.

Selain itu juga terdapat villa tempat menginap yang berada tepat di pinggir situ patenggang dan berada dibawah pengelolaan perhutani.

Nah, buat rekan-rekan yang ingin berlibur ke wilayah Bandung selatan jangan lupa untuk mampir kesini ya..

Selamat berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *