The Lodge Maribaya, siapa sih yang ngga tahu nama tempat ini? Bagi wisatawan yang liburan ke Bandung terutama ke area Lembang, tempat ini seolah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Apa aja sih yang membuat tempat ini menarik banyak pengunjung? apa plus dan minusnya? Simak info lengkap mengenai tempat ini disini ya.

Seputar The Lodge Maribaya Lembang
The Lodge Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang menawarkan berbagai hal pada pengunjung. Disini kita bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner.

Terdapat juga berbagai wahana yang pastinya instagrammable banget. Di kelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara dan suasana disini memang segar banget.

Ingin mengadakan private gathering, atau bahkan acara pernikahan disini? bisa banget. Dengan backdrop pegunungan hijau yang indah, tentunya bakal membuat acara anda lebih berkesan.

Jika dilihat dari berbagai review di internet, tempat ini lebih cocok disebut wisata foto karena memang memanjakan pengunjung yang ingin berfoto dengan sudut dan background yang indah.

Wahana Dan Fasilitas
Di The lodge Maribaya terdapat banyak wahana yang bisa kita gunakan. Untuk fasilitas secara umum sudah tersedia lengkap dan cukup banyak.

Satu hal yang perlu di ingat, wahana di the lodge lebih banyak ditujukan untuk objek berfoto, jadi tidak semuanya untuk dinikmati seperti wahana bermain biasa.

Beberapa wahana/objek menarik di The Lodge Maribaya antara lain:

1. Hot Air Baloon / Balon Udara
balon udara the lodge maribaya lembang

balon-udara-the-lodge-maribaya-lembang-1

Balon udara ini merupakan salah satu wahana terbaru di The Lodge Maribaya. Disini kita bisa seolah naik balon udara, melihat seputar area dari ketinggian, dan berfoto.

Balon udara ini tidak terbang kemana-mana sebetulnya, hanya saja jika di foto dari spot tertentu jadi seolah-olah sedang terbang menaiki balon udaha. Memang sepertinya lebih ditujukan untuk wahana berfoto saja. Meskipun demikian, sensasinya tetap terasa tentunya ya? Unik juga karena masih cukup jarang terdapat wahana seperti ini di Bandung.

2. Zip Bike
zip-bike-1Wahana berfoto ini berupa sepeda dalam track tali yang tergantung, dengan background hutan pinus. Cocok banget untuk berfoto dan diunggah ke sosmed.

Wahana ini sudah dilengkapi dengan pengamanan optimal, sehingga aman untuk dinikmati oleh setiap orang.

3. Gantole
gantole-maribaya-1Ingin berfoto sambil terbang dengan gantole? tapi takut ketinggian? ngga masalah. Di The Lodge Bandung terdapat wahana foto gantole.

Disini kita bisa berpose seolah-olah sedang melayang dengan gantole. Hasil foto pastinya keren banget. Gantole-nya sendiri ngga terbang, hanya sebatas wahana untuk berfoto saja.

4. Ayunan Sky Swing
Ayunan di udara dengan latar hutan pinus ini rasanya sudah cukup banyak beredar luas fotonya. Seolah menjadi satu keharusan bagi pengunjung The Lodge Lembang untuk berfoto disini.

Ayunan-Sky-Swing-1
Sebetulnya ayunan ini tidak benar-benar berada di ketinggian, hanya saja berada di tepi tebing sehingga saat di foto pada sudut tertentu terkesan tinggi banget.

4. Bamboo Sky
bamboo-sky-the-lodge-lembang-1
Wahana ini berupa menara pandang yang terbuat dari bambu. Dengan latar belakang perbukitan hijau dibelakangnya, berfoto disini tentunya bakal unik dan indah banget.

5. Sky Tree
sky-tree-1Sky tree konsepnya sama seperti bamboo sky. Hanya saja berbeda tempat dan sarana yang digunakan.

Di Sky Tree, kita bisa berfoto di platform yang terpasang pada pohon besar. Jangan khawatir, platform ini kokoh dan aman, selain itu dilengkapi dengan tali pengaman tambahan. Selain wahana-wahana tersbeut, ada juga beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung seperti:

6. Camping
kemping-1
Di The Lodge Maribaya terdapat area camping dengan fasilitas lengkap. Camping disini lebih ke tipe glamorous camping. Anda tetap akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap saat camping.

Istilahnya, mau menginap camping disini tinggal bawa badan aja, ngga perlu ribet. Cocok banget untuk berlibur bersama keluarga sambil menikmati suasana menginap yang berbeda. Tentu harganya sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan ya…

7. Kuliner

dapur-hawu-resto-the-lodge-maribaya-1
Ada dua tempat yang menyediakan sajian kuliner di The Lodge Maribaya.

Tempat pertama adalah restoran Dapur Hawu. Di sini kita bisa menikmati berbagai sajian makanan berat yang cukup beragam. Cocok untuk mengisi perut yang keroncongan.

Tempat lainnya adalah The Pines Cafe. Cafe ini cocok untuk nongkrong sambil menikmati makanan kecil. Tersedia berbagai kopi, teh, dan jus segar disini.

the-pines-cafe-maribaya-1

Selain dua tempat makan di atas, ada juga beberapa stand yang menjual makanan kecil.

Harga makanan dan minuman disini berkisar antara Rp 10.000 – Rp 50.000.

Fasilitas Lainnya
Untuk fasilitas umum lainnya; tempat parkir cukup luas, toilet, dan mushala juga sudah tersedia.

Parkir di area dalam dikhususkan untuk tamu yang menginap/camping di the Lodge. Sedangkan untuk pengunjung biasa, parkir berada di bagian depan. Terdapat kendaraan khusus yang mengangkut pengunjung sampai ke pintu masuk.

Selain sebagai tempat wisata, di The Lodge Maribaya Lembang anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain yang memang difasilitasi.

Anda bisa melakukan gathering kelompok ataupun perusahaan, pertemuan keluarga, arisan, outbond dan lain sebagainya.

Wedding Di The Lodge Maribaya
wedding-di-the-lodge-maribaya-1
The Lodge Maribaya juga bisa menjadi tempat pernikahan/wedding venue yang romantis. Sesuai dengan tempatnya, konsep pernikahan outdoor akan cocok disini.

Hanya saja perlu diperhatikan kapasitas tempat yang tersedia. Prosesi pernikahan di The Lodge sepertinya akan lebih cocok untuk pesta pernikahan private dengan tamu terbatas.

Jika anda penasaran tentang acara pernikahan di the lodge lembang, silahkan langsung hubungi saja kontak yang ada dibagian bawah artikel.

Lokasi The Lodge Maribaya
Lokasi The Lodge Maribaya tepatnya berada di Jalan Maribaya No.149/252, Kp Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang.

Jalan menuju ke the lodge satu arah dengan tempat wisata lain seperti The Ranch, kebun bunga begonia, maribaya resort, dan taman hutan raya juanda.

Lokasi the lodge berada paling akhir dari rangkaian tempat wisata di sepanjang jalan Lembang – Maribaya – Cibodas. Jangan khawatir tersesat, karena rute petunjuknya sudah cukup lengkap kok.

Jam Buka
Setiap hari buka mulai dari pukul 09.00 – 17.00

Jalan Ke The Lodge Lembang
Ada beberapa alternatif jalan yang bisa anda gunakan untuk menuju ke lokasi. Tergantung dari posisi anda sekarang, rute tercepat yang dapat ditempuh bisa berbeda-beda.

Rute jalan utama Bandung – jalan Setiabudhi – Lembang – Maribaya – Lokasi

Rute ini yang mudah di ikuti dan menggunakan jalan utama. Anda tinggal arahkan kendaraan ke arah Lembang via jalan Setiabudhi/ledeng, lalu menuju ke Lembang. Dari Lembang lanjut ke arah Maribaya.

Anda bakal melewati Farm house, Floating market, De Ranch Bandung, dan taman bunga begonia kalau melewati rute ini.

Rute alternatif Bandung – jl Setiabudhi – Ledeng – jl Sersan Bajuri – Parongpong – Lembang – Maribaya – Lokasi

Rute ini cocok dipakai jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lain dulu. Tempat wisata yang berada satu rute antara lain kampung gajah, dusun bambu, curug cimahi, dan lain-lain.

Rute alternatif Bandung – Dago atas- Dago Giri – Lembang – Maribaya

Rute alternatif Bandung – Dago atas – kompleks citra green – punclut – Lembang – maribaya

Dua rute di atas bisa anda gunakan jika sedang berada di area dago atas dan sekitarnya. Dari pada muter dulu ke jalan setiabudhi, bisa langsung menggunakan rute memotong disini.

Peringatan: Terdapat banyak tanjakan curam dan panjang di sepanjang rute ini. Pastikan kendaraan anda sehat.

Angkutan Umum
Lokasi The Lodge Maribaya rada sulit dijangkau jika menggunakan angkutan umum, terutama angkutan dari Lembang ke lokasi.

Jika dari Bandung, anda bisa naik angkot Stasiun Hall – Lembang, dan berhenti di pasar panorama lembang. Setelah itu disambung dengan angkot jurusan maribaya sampai ke lokasi.

Alternatifnya yang paling mudah untuk berwisata kesini ataupun ke area lembang adalah dengan sewa mobil+sopir. Perlu di ingat juga sejauh ini angkutan online seperti gojek, gocar, grab, uber susah untuk di dapat di sekitar lokasi.

Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya

Hari Senin – Jum’at : Rp 20.000/orang
Hari Sabtu – Minggu : Rp 25.000/orang
Hari Libur Nasional : Rp 35.000/orang

Harga Tiket Wahana :

Hot air baloon Rp 20.000
Sky tree Rp 15.000
Zip bike Rp 20.000
Sky wing Rp 20.000
Gantole Rp 20.000
Selain dari harga tiket masuk tersebut, jika ingin mendapatkan foto yang bagus kita harus bayar lagi Rp 10 ribu/foto. Foto yang diberikan juga hanya dalam bentuk soft copy/digital saja. Cukup mahal juga ya.

Kelebihan, Kekurangan, Dan Tips Berkunjung
Berikut ini beberapa kelebihan, kekurangan dan tips yang bisa anda ikuti saat berkunjung ke The Lodge.

Kelebihan tempat ini

Indah dan tertata rapi
Banyak tersedia spot berfoto yang maksimal banget
Area cukup luas
fasilitas cukup lengkap

Kekurangan tempat ini

Harga cukup mahal. Harga tiket masuk belum termasuk tiket wahana. Setiap wahana foto bayar lagi.
Biaya transfer foto cukup mahal, Rp 10 ribu/foto. Jika ada banyak foto di banyak wahana, totalnya cukup menguras budget.
Transportasi umum rada jarang
Kurang cocok untuk yang lanjut usia atau yang membawa stroller bayi karena landscape nya yang turun naik dan bertangga.

Tips berkunjung

Tempatnya banyak outdoor, jika datang di musim hujan pastikan bawa payung.
Rekomendasi datang di pagi hari atau sore hari (kalau ngga hujan)
Sediakan aplikasi Shareit di smartphone, untuk mempermudah mengambil foto yang akan kita tebus.
Untuk parkir, sebelum ke lokasi banyak warga yang menawarkan tempat parkir. Sebaiknya terus lanjut aja dulu sampai ke lokasi. Kalau memang penuh baru mencari parkir di luar/di tempat warga sekitar.
Kalau ada waktunya, lebih baik datang saat hari biasa. Tempat wisata di Bandung ini cukup populer sehingga saat weekend selalu penuh dan bisa antri lama untuk menikmati wahana foto yang tersedia.
Sepatu/sandal yang nyaman. Terdapat banyak tangga karena landscape nya yang berbukit, jangan sampai salah kostum ya.

Nomor Telepon The Lodge Maribaya
Jika ingin menghubungi, silahkan langsung ke nomor dibawah ini ya. Nomor telepon di ambil dari instagram resmi the lodge.

Telepon : (022) 20454830 – 08112348522
Whatsapp : 08112253299 – 08112264808 (office hours)

Semoga informasi seputar the lodge maribaya ini bisa berguna untuk anda. Punya pengalaman menarik saat berkunjung kesini? silahkan tulis di kolom komentar ya.

Selamat berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *